Pantai Ora – Wisata Alam Sekelas Maladewa di Maluku Tengah

Pantai Ora, Maluku Tengah – Indonesia bagian timur dapat dikatakan sebagai kawasan yang masih belum sepenuhnya terjamah. Alamnya yang indah masih menyimpan berbagai potensi untuk dikembangkan menjadi obyek wisata. Mulau dari pantai, gunung, hutan, air terjun dan sebagainya.

Kali ini kita akan membahas salah satu pantai di kawasan timur Indonesia, yakni Pantai Ora di Maluku Tengah. Simak bahasan selengkapnya ya!

Pantai Ora berada di Pulau Seram dan masuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah. Obyek wisata ini berada di tepi hutan Taman Nasional Manusela.

pantai ora piknikdong.com

Selain pantai yang eksotik, panorama alam bawah lautnya juga sangat cantik. Perairan pantai ini juga sangat bersih dengan warna biru kehijauan. Kita bisa melihat dasar lautan hanya dengan mata telanjang.

Perairannya dipenuhi aneka terumbu karang serta biota laut lainnya. Bahkan keindahannya sering disandingkan dengan deretan pantai-pantai kelas dunia, seperti di Maladewa.

Untuk memasuk obyek wisata alam ini, kita tak akan dikenakan biaya. Ya! kita bisa masuk secara gratis untuk menikmati keindahan alam Pantai Ora. Jam masuknya pun bebas, yakni 24 jam penuh bisa kita kunjungi. Banyak dari para wisatawan memilih menginap dengan mendirikan tenda atau menginap di resort sekitar pantai, mengingat perjalanan menuju pantai ini tidaklah mudah.

Salah satu resort ternama di Pantai Ora Maluku adalah Ora Beach Resort. Tempat ini menyedikan semua kebutuhan liburan, mulai dari urusan perut hingga bersenang-senang.

pantai ora maluku pemburuombak.com

Kegiatan snorkeling dan diving adalah salah satu hal paling menyenangkan disini. Perairan pantai yang dangkal atau hanya sedalam dua sampai 3 meter menyuguhkan pemandangan yang begitu menarik. Biasanya tempat yang menjadi spot utama penyelaman berada di dekat tebing.

Selain wahana air, kita bisa mengeksplorasi kawasan pesisir pantai ini, salah satunya keberadaan padang pasir atau gumuk berwarna putih serta penginapan tradisional atau bungalow yang berada diatas lautan.

Wilayah pesisir Pantai Ora juga dihiasi dengan pengunungan hijau yang begitu indah. Pastikan mengabadikannya melalui foto atau video sebagai kenang-kenangan ya!

Bagi pecinta aktivitas outdoor, ada pula spot untuk memacu adrenalin dengan melakukan penjelajahan goa. Namun agar liburan dan perjalanan tetap aman, sebaiknya menyewa pemandu wisata dari warga lokal sebagai penunjuk arah dan tidak tersesat.

Bagaimana, tempat wisata yang lengkap bukan? Jadi kalau ke Maluku, sempatkan mengunjungi Pantai Ora ya!

Oya! Bagi pasangan yang mendambakan tempat bulan madu romantis, pantai ini juga bisa menjadi pilihan tepat!