Pantai Parai Tenggiri – Rock Island di Bangka Belitung

Bangka Belitung merupakan provinsi berbentuk kepulauan yang kaya dengan obyek wisata alam berupa pantai. Misalnya Pantai Parai Tenggiri, Matras, Tanjung Pesona, Pasir Padi, Tanjung Kelayang, Tanjung Tinggi dan sebagainya.

Pada kesempatan kali ini RimbaKita.com akan mengulas Pantai Parai Tenggiri, sebuah pantai yang dulunya menjadi pusat nelayan BaBel mengumpulkan ikan tenggiri. Simak penjelasannya ya!

Pantai ini berada di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungai Liat, Bangka. Jaraknya dari Kota Pangkal Pinang sekitar 43 km atau 45 menit perjalanan dengan kendaraan. Parai Tenggiri mempunyai keunikan alam yang begitu indah, yakni adanya bebatuan yang seolah membentuk pulau-pulau kecil.

parai-tenggiri-beach travlr.com

Pantai Parai Tenggiri adalah destinasi wisata unggulan di Kepulauan Bangka Belitung. Pantai ini memiliki kontur tanah landai dengan ombak kecil sehingga perairannya tenang. Tentunya dengan kondisi ini maka wisatawan sangat aman untuk melakukan kegiatan berenang.

Awal mula nama Parai Tenggiri berkaitan dengan aktivitas nelayan zaman dahulu yang banyak mencari ikan tenggiri di pesisir pantai ini. Namun saat ini kawasan ini bermetaformosis menjadi lokasi wisata dan tidak ada lagi nelayang yang bisa dijumpai. Selayaknya obyek wisata, disekitar kawasan pantai telah dibangun berbagai penginapan untuk menampung kunjungan wisatawan.

Parai Tenggiri adalah pantai berpasir putih dengan air laut berwarna hijau tosca. Kawasan pantai ini masuk ke dalam kawasan wisata hijau atau disebut Parai Green Resort sebagai wujud kegiatan menyelamatkan lingkungan.

Selain keindahan air laut dan pasirnya yang berwarna putih, terdapat pula Rock Island yang terhubung dengan jembatan sepanjang 200 meter. Saat malam hari, jembatan ini akan dihiasi dengan lampu-lampu yang bersinar cantik. Pancaran lampu ini tentu menambah suasa eksotis Rock Island.

pantai-parai-tenggiri explorebabel.com

Rocks Island adalah hamparan bebatuan sepanjang garis Pantai Parai Tenggiri. Ukuran batuan ini bervariasi dan terlihat sangan mempesona. Jenis batuan di Parai Tenggiri adalah bebatuan granit yang bisa didaki. Kita bisa melihat tepi pantai dari atas batu, sungguh sangat luar biasa! Jadi jangan lupa abadikan momen ini untuk kenang-kenangan ya!

Belum puas menikmati panorama alam dengan kesejukan angin pantainya, kita bisa juga melakukan kegiatan memancing, snorkeling dan diving. Tak perlu repot-repot membawa peralatan, sebab telah ada fasilitas persewaan lengkap, bahkan hingga jetski, parasailing, dan banana boat yang memacu adrenalin.

Untuk memasuki kawasan wisata ini, kita akan dikenakan biaya masuk Rp 25.000. Sedangkan untuk kegiatan lainnya, maka kita cukup mengeluarkan biaya tambahan sesuai tarif masing-masing.