Pantai Sandal Jodoh – Bukti Cinta Lewat Sandal di Bengkulu

Mirip kebiasaan pasangan di Italia yang mengaitkan gembok di jembatan Ponte Milvio, Sungai Tiber. Ternyata di Bengkulu juga ada kebiasaan unik dan sedikit berbeda. Apakah itu?

Di Bengkulu ada salah satu tempat wisata unik, yaitu Pantai Sandal Jodoh. Disini ada ratusan sandal yang digantung oleh pasangan yang kasmaran dan menjadi simbol cinta mereka.

Sandal yang digantung pasti berpasang-pasangan yang mengartikan bahwa manusia diciptakan untuk memiliki pendamping hidup.

Sebelum dikenal sebagau Pantai Sandal Jodoh, obyek wisata ini bernama Pantai Tapak Paderi. Kemudian kepopuleran nama itu tergeser karena kegiatan menggantungkan sandal yang semakin ramai.

pantai sandal jodoh goodnewsfromindonesia.id

Susunan sandal yang tergantung di dinding bambu seringkali menjadi latar belakang foto. Tentunya ini menjadi background yang unik bukan? Bagi pengunjung yang datang berpasangan, kita bisa juga mencoba menggantungkan sandal.

Percaya atau tidak, hitung-hitung ini menjadi bukti rasa cinta kasih terhadap pasangan bukan?

Masuk ke kawasan wisata Pantai Sandal Jodoh tidak membutuhkan biaya sama sekali, yaitu gratis. Bahkan parkir pun kita tak akan dikenakan tarif, hanya biaya sukarela seikhlasnya.

Wisata di pantai ini erat hubungannya dengan percintaan, hal itu dibuktikan dengan beredarnya berbagai mitos. Salah satunya ada suami yang berkunjung ke Pantai Jakat dan mencari sandal istrinya yang hilang. Sang suami mencari sandal dari Pantai Jakat hingga ke Pantai Tapak, padahal sandal istrinya hanyut dan berada di tumpukan sampah yang dikumpulkan oleh nelayan.

Gantungan sandal di pantai ini juga bisa diartikan sebagai sindiran terhadap apra wisatawan yang banyak meninggalkan sampah, salah satunya sandal yang terhanyut.

Sampah-sampah itu terbawa ombak ke bibir pantai dan menjadi tempat wisata tercemar dan tak lagi elok. Selanjutnya para nelayan dan pengelola mengumpulkan sandal-sandal itu dan menyusunnya pada sebuah dinding.

gantungan sandal netmedia.co.id

Tak terbatas berkunjung ke Pantai Sandal Jodoh, bagi yang belum puas menikmati wisata pesisir bisa berkunjung ke pantai lainnya juga. Misalnya mengunjungi Pantai Panjang dengan keunikan garis pantai sepanjang 7 km, serta Pantai Pasir Putih dekat dengan Pelabuhan Samudera Pulau Baai, Pulau Dendam Tak Sudah dan Pulau Tikus.

Kita juga bisa menikmati wisata sejarah karena di dekat Pantai Sandal Jodoh terdapat Benteng Marlborough yang dibangun pada tahun 1713 oleh Inggris.

Bagaimana, kapan datang ke pantai ini bersama jodohmu?