Pantai Santolo – Lokasi Wisata & Fenomena Cilauteureun

Pantai Santolo – Jika berbicara tentang Garut, kebanyakan orang mungkin langsung berpikir tentang salah satu fauna khasnya, yakni domba garut. Sebenarnya Garut tak hanya memiliki hewan khas itu, potensi wisata alam yang ada di dalamnya begitu besar dan membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Barat yang wajib dipertimbangkan.

Ada banyak wisata alam yang masih asri dan alami tersimpan di daerah Garut. Salah satunya yaitu Wisata Pantai Santolo yang cukup ramai dipadati pengunjung terutama saat musim liburan tiba.

Pantai Santolo memiliki hamparan pantai yang cukup luas dan berwarna putih bersih. Ditambah lagi dengan air lautnya yang sangat jernih berwarna kebiruan yang semakin memanjakan mata siapapun yang mengunjunginya.

Pasirnya sangat lembut ditambah deburan ombak yang sedang, seakan memberikan kesan damai dari alam. Tak heran jika Pantai Santolo merupakan salah satu obyek wisata yang direkomendasikan di Garut.

Lokasi & Rute Menuju Pantai Santolo

Pantai Santolo berada di Cikelet, Garut, Jawa Barat, kurang lebih sekitar 90 km dari kota Garut dan memakan sekitar 3.5 jam perjalanan. Akses untuk menuju pantai pasir putih Santolo terbilang cukup sulit, karena banyaknya jalan yang berlubang. Apalagi saat memasuki kecamatan Cikelet, jalan yang dilalui bukanlah jalan yang besar. Akan tetapi rasa lelah yang dirasakan semua akan sirna begitu sampai di lokasi pantai yang begitu mempesona.

Ada beberapa rute yang bisa digunakan untuk menuju Pantai Santolo, yang pertama adalah melawati rute Ciwidey. Setelah itu, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menuju Cisewu dan kemudian ikuti arah menuju Bungbulang hingga Pameungpeuk.

Untuk rute yang kedua, kita bisa menggunakan Jalur Ranca Bali. Rute ini akan sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang memulai perjalanan dari kota Bandung. Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju Naringgul, kemudian kita bisa menuju ke Cidaun-Rancabuaya-Santolo. Jalan untuk rute kedua ini terbilang lebih baik dibandingkan sebelumnya, karena jalannya yang lebih halus.

Selain itu, ada jalur alternatif lainnya yang dapat ditempuh agar sampai di Pantai Santolo, yaitu melalui pusat kota Garut menuju Cikajang. Setelah sampai di Cikajang, ikuti papan penunjuk jalan yang menuju Cikelet.

Setelah itu, lanjutkan ke Paengpeuk dan tibalah di lokasi wisata. Jalur alternatif ini sangat direkomenasikan bagi wisatawan yang menggunakan transportasi umum. Meskipun waktu tempuh akan lebih panjang, namun jalur ini merupakan jalur yang paling ramai dibandingkan dengan rute lainnya.

Harga Tiket Masuk di Pantai Santolo

Pantai Santolo merupakan salah satu wisata terbaik yang direkomendasikan untuk dikunjungi bersama keluarga. Bagaimana tidak? Harga tiket masuk yang ditawarkan disini juga cukup murah, hanya sekitar Rp 3.000 hingga Rp 5.000 untuk setiap orangnya. Dengan harga tiket masuk tersebut, kita bisa puas menikmati panorama Pantai Santolo yang begitu mempesona.

Penjualan tiketnya sudah dimulai pada pukul 5 pagi dan tutup saat malam tiba. Namun untuk berjaga-jaga, akan lebih baik jika menyiapkan uang ekstra untuk melakukan berbagai aktivitas seru di pantai pasir putih ini.

pantai pasir putih Pixabay

Tidak ada jam buka khusus di Pantai Santolo. Pengunjung bisa bebas datang ke pantai pada jam berapapun. Jadi kita juga bisa menikmati keindahan pantai Santolo tanpa takut terganggu dengan jam buka/tutup. Dengan harga tiket yang murah dan jam operasional yang bebas, semakin membuat tempat ini layak untuk dikunjungi.

Fasilitas Pantai Santolo

Sebagai salah satu wisata terbaik yang ada di Garut, Pantai Santolo sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap dan mendukung kenyamanan bagi pengunjung yang datang ke wisata ini.

Deretan tempat makan yang menyajikan berbagai kuliner lezat bisa kita kunjungi setelah lelah beraktivitas dan bermain di pantai. Kebanyakan tempat makan menawarkan menu laut seperti cumi-cumi dan ikan laut yang bisa kita nikmati.

Tak hanya itu, kawasan Pantai Santolo juga telah menyediakan kamar kecil, kamar mandi, serta area parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan wisatawan yang datang. Selain itu, ada banyak permainan menarik yang bisa dicoba disini, seperti banana boat dengan tarif yang telah ditentukan.

Aktivitas Menarik di Pantai Santolo

Tak hanya menyajikan panorama yang indah saja, namun pantai pasir putih di Garut ini juga menawarkan berbagai kegiatan menarik yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini daftar aktivitas-aktivitas seru yang bisa dicoba di Pantai Santolo.

1. Bermain Air di Sekitaran Pantai

Salah satu yang tidak bisa terlewatkan saat mengunjungi Pantai Santolo adalah bermain air maupun berenang di pantai ini. Ombak pantai ini tak terlalu besar, jadi aman jika ingin bermain di sekitar bibir pantai. Namun untuk berjaga-jaga, sebaiknya hindari bermain hingga ke bagian tengah laut.

2. Wisata Kuliner

Pada awalnya, kawasan ini memang bukan pantai wisata. Namun melainkan sebuah perkampungan nelayan. Jadi tak heran rasanya jika hingga saat ini masih banyak penjual ikan yang menawarkan ikan mentah bahkan yang sudah diolah sekalipun.

Mulai dari ikan tongkol, layur, cumi-cumi, dan masih banyak lainnya bisa ditemukan dengan mudah dan harganya juga murah. Jika kita tak ingin membawa pulang, kita bisa langsung menikmati ikan segar ini sambil menikmati pemandangan laut Santolo yang cantik. Namun jika ingin membawa pulang ke rumah, kita bisa membelinya di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) sekitar.

Jika ingin membeli oleh-oleh makanan khas kota Garut di Pantai Santolo, kita pun juga tak perlu khawatir. Di jalanan sekitar pantai banyak toko oleh-oleh khas kota Garut yang menawarkan camilan-camilan khas kota ini.

3. Jelajahi Pulau Kecil Santolo

Berada di seberang kiri pantai, ada sebuah pulau kecil yang wajib untuk kita jelajahi saat mengunjungi pantai di Santolo. Awalnya pulau ini bukanlah sebuah pulau, namun sebuah gundukan karang yang cukup besar.

Karena perairan yang ada di sekitaran pulau kecil ini sangat dangkal membuat banyak ikan-ikan kecil, terumbu karang, serta biota laut lainnya dapat terlihat dengan jelas. Dari atas pulau kecil ini, kita juga bisa menikmati pemandangan yang mempesona sembari ditemani pepohonan hijau yang menyejukkan mata.

4. Menyewa Perahu Nelayan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pantai Santolo merupakan bagian dalam kawasan perkampungan nelayan. Sehingga kita dengan mudahnya menemukan perahu-perahu nelayan yang disewakan.

Cukup dengan membayar tarif Rp 4.000 hingga Rp 20.000, kita bisa menyewa perahu nelayan tersebut dan berkeliling di kawasan pantai Santolo. Dari atas perahu, kita bisa mengamati keragaman biota lautnya yang cantik serta menikmati birunya air laut yang menawan. Aktivitas ini akan sangat cocok jika kita tak ingin bermain-main air.

5. Menikmati Momen Sunrise dan Sunset

Sama seperti pantai-pantai lainnya, pantai Santolo juga memiliki momen matahari terbenam dan terbitnya yang begitu indah. Bahkan, tak jarang banyak wisatawan yang berkunjung sambil membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen spesial tersebut.

Bagi pemburu sunrise dan sunset, maka jangan sampai lewatkan untuk berburu momen seperti ini di Pantai Santolo.

6. Menaiki Banana Boat

Ingin mencoba sesuatu yang lebih ekstrim dan seru? Coba saja untuk menaiki banana boat yang disediakan di pantai ini. Kita bisa melakukannya bersama keluarga maupun teman.

Cukup dengan membayar sebesar Rp 25.000 per orang untuk satu kali jalan, kita sudah bisa puas menikmati banana boat ini. Tentunya tarif ini terbilang jauh lebih murah dibandingkan dengan wahana banana boat di pantai-pantai lainnya

7. Bermalam di Sekitaran Pantai Santolo

Tak puas rasanya jika bermain dan mengeksplor keindahan pantai hanya dalam sehari saja. Karena itu, menginap di sekitar kawasan Pantai Santolo rasanya akan jadi liburan yang menyenangkan.

kemah di pantai Pixabay

Tak perlu khawatir dengan masalah penginapan, karena telah banyak tersedia dengan varian harga yang bisa kita pilih mulai dari Rp 300.000 per malam.

Namun jika kita ingin mencoba sesuatu hal yang berbeda, cobalah untuk membangun tenda dan berkemah di pinggiran pantai. Biasanya di malam hari, banyak pengunjung yang camping di kawasan pantai Santolo. Tak hanya merasakan pengalaman yang berbeda, tentu ini akan jauh lebih menghemat biaya liburan.

Objek Wisata Lain Dekat Pantai Santolo

Setelah puas menikmati keindahan pantai, kita juga bisa mengunjungi tempat-tempat wisata lainnya yang lokasinya cukup berdekatan dengan pantai Santolo. Seperti pantai Sayang Heulang, pantai berkarang ini bisa kita temukan di bagian sisi pulau Santolo.

Keunikan yang dimiliki pantai Sayang Heulang ini berupa bentang karangnya yang cukup menjorok jauh hingga ke lautan di sepanjang garis pantai. Saat surut tiba, kita bisa berjalan di bentang karang ini bahkan hingga mencapai ke sisi laut langsung. Tak hanya itu saja, saat menengok ke bawah kita bisa melihat banyak ikan-ikan kecil dengan warna yang cantik terjebak diantara bebatuan karang.

Selain itu, ada pula Pantai Cicalobak yang lokasinya di bagian barat dari Pantai Santolo. Jarak antara Pantai Santolo dan Pantai Cicalobak ini hanya sekitar 30 menit saja. Ada pula pantai Karang Paranje yang menjadi alternatif untuk dikunjungi dengan jarak hanya sekitar 30 menit saja menggunakan motor. Serta masih banyak objek-objek wisata lainnya yang berdekatan dengan Pantai Santolo yang bisa kita kunjungi.

Fenomena Cilauteureun

Terdapat fenomena langka di kawasan antara Pantai Sayang Heulang dan Santolo, bahkan fenomena ini hanya ada di Perancis dan pantai di Garut ini. Masyarakat lokal menyebutnya dengan Cilauteureun yang berarti air laut yang berhenti.

Google Images

Ketika melintasi jembatan penghubung kedua pantai tersebut, coba kita amati kemana arah air mengalir. Disini, kita akan melihat air laut justru mengalir menjutu ke arah sebuah muara.

Untuk menuju muara Cilauteureun, satu-satunya alat transportasi yang bisa mengantarkannya adalah perahu yang dapat kita sewa Rp 2.500 per orang.

Pantai santolo bisa kita jadikan sebagai salah satu rekomendasi wisata terbaik yang ada di Garut. Bagi yang membutuhkan tempat tenang dan damai serta jauh dari hiruk pikuk perkotaan, maka tempat ini cocok untuk dikunjungi.

Apalagi masih belum banyak wisawatan yang tahu tentang keberadaan pantai yang indah ini, jadi kita bisa merasakan seperti berada di pantai milik pribadi. Suasananya juga begitu damai dengan ditemani semilir angin pantai yang membuat liburan akan semakin berkesan.

Bagaimana? Tertarik mengunjungi Pantai Santolo? Ajak serta keluarga atau teman-teman untuk berlibur dan mengeksplor keindahan yang ada di pantai pasir putih ini.

Referensi: berbagai sumber