Pantai Sedahan – Wisata Menarik Gunung Kidul, Jogja

Pantai sedahan adalah satu diantara sekian banyak obyek wisata pantai berpasir putih di Jogja, seperti pantai pok tunggal, wediombo, nguyahan, siung, indrayanti, sadranan, ngrenehan, dan sepanjang.

Dibandingkan dengan pantai-pantai lain tersebut, pantai sedahan memiliki garis pantai yang cukup panjang serta hamparan pasir putih halus yang cukup luas untuk arena rekreasi. Berpadu dengan deburan ombak yang tidak terlalu ganas menjadikan pantai ini menjadi salah obyek wisata favorit di Yogyakarta.

Tidak hanya menjadi tempat berkumpulnya orang-orang untuk berwisata, pantai ini juga menjadi tempat penyu langka bertelur. Hal ini menunjukkan jika kawasan pantai sedahan masih cukup sepi, asri dan alami sehingga memberi sensasi mempunyai pantai pribadi ketika mengunjunginya.

Lokasi Pantai Sedahan

Hampir 100% jalan menuju lokasi wisata pantai sedahan dalam kondisi baik. Namun terdapat sedikit jalan dengan kondisi buruk berbatu sekitar 1,5 km sebelum sampai ke obyek wisata. Disekitar pantai ini juga terdapat pantai indah lainnya yang berdekatan, seperti pantai jungwok, wediombo, dan pantai greweng.

Alamat destinasi pantai pasir putih sedahan berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju area pantai, pengunjung harus berjalan sekitar 30 menit dari lapangan parkir yang telah disediakan.

Rute Transportasi

Lokasi wisata pantai di Jogja umumnya cukup berkembang dan mendapat dukungan, baik dari masyarakat sekitar serta pemerintah setempat. Dukungan tersebut dapat kita lihat dari tersedianya akses transportasi dan fasilitas yang cukup memadai bagi wisatawan.

Jika ingin berkunjung ke pantai sedahan, kita dapat melalui rute dari pusat Kota Jogja yang mudah dijangkau. Dari pusat kota, kita menuju ke arah timur melewatin jalan K.H Ahmad Dahlan dan menuju jalan Panembahan Senopati 9. Setelah bertemu dengan perempatan, kemudian beralih ke jalan Brigjen Katamso sampai perempatan ke arah timur melalui jalan Kolonel Sugiono.

Kita akan bertemu dengan pertigaan dan ambil arah ke selatan melewati jalan Sisingamangaraja, ambil arah lurus menuju jalan Imogiri Barat sampai pertigaan ke arah barat melewati jalan Imogiri Siluk dan jalan Siluk Panggang.

Lurus dan ikuti jalan tersebut hingga sampai di pertigaan ke arah pantai selatan jawa. Selanjutnya, ambil arah jalan menuju pantai wediombo dan pantai jungwok. Ikuti jalan tersebut maka kita akan sampai di pantai sedahan yang berada di sebelah pantai tersebut.

Dengan melalui jalur menuju pantai sedahan tersebut, kita memerlukan waktu setidaknya 2 jam 30 menit dalam waktu normal dan menempuh jarak sekitar 85 km dari Kota Jogja. Disarankan menggunakan kendaran bermotor karena di akhir perjalanan kemungkinan kita akan bertemu dengan jalan yang sulit dilalui bila menggunakan mobil.

Harga Tiket

Memasuki kawasan wisata, kita akan dikenakan tiket retribusi yang cukup terjangkau dan relatif sama dengan pantai-pantai selatan Jogja. Pengunjung akan diminta membayar Rp 5.000 per orang dengan biaya parkir Rp 3.000 untuk sepeda motro dan Rp 5.000 untuk mobil.

Bagi pengunjunga yang ingin menginap di kawasan pantai sedahan dengan mendirikan tenda, maka harus membayar retribusi tambahan sekitar Rp 10.000.

Jam Buka

Tidak ada jam buka atau tutup untuk lokasi wisata yang satu ini. Pantai sedahan terbuka untuk umum selama 24 jam penuh, sehingga banyak kegiatan outdoor yang dapat dilakan disini siang maupun malam, seperti camping hingga sekedar berkunjung dan bermain di tepi pantai.

Fasilitas Wisata

Meski memiliki panorama alam yang luar biasa memukau, pantai sedahan merupakan obyek wisata pantai di Jogja yang masih baru dan sepi sehingga fasilitas yang dimilikinya tidak terlalu lengkap.

Contohnya adalah tidak adanya warung atau resto yang menjajakan makanan ataupun minuman. Oleh sebab itu, pastikan ketika hendak mengunjung pantai ini, kita telah membawa bekal sendiri dari rumah.

pantai sedahan jogja wisataoke.com

Akan tetapi fasilitas umum seperti kamar mandi, toilet dan mushola telah tersedia. Ada pula fasilitas persewaan tenda bagi yang ingin bermalam di pantai ini.

Daya Tarik Istimewa

Pantai sedahan memiliki keindahan alam yang sangat memukau. Letaknya yang menghadap langsung ke Samudera Hindia menjadikannya sebagai salah satu pantai yang wajib di kunjungi di Yogyakarta. Berikut ini adalah daya tarik pantai sedahan yang membuat pengunjung betah berwisata di tempat ini, yaitu:

  • Bukit Karang

Adanya dua bukit karang yang mengapit teluk pantai sedahan dapat diibaratkan menjadi penjaga yang kokoh di kanan dan kiri pantai. Bukit ini juga menjadi tempat pendakian pengjung. Dari atas puncak bukit, kita dapat melihat keindahan alam pantai secara lebih luas.

Untuk mencapai puncak tidaklah mudah, karena belum adanya jalan setapak yang mulus. Pendakian cukup menantang karena harus melewati batuan karang yang terjal.

  • Tempat Pendaratan Penyu

Kondisi perairan dan pantai sedahan yang bersih dan jernih membuat pengunjung leluasi menikmati ikan-ikan dari atas permukaan. Lokasi ini juga menjadi tempat pendaratan penyu untuk bertelur. Beberapa jenis penyu langka ditemukan bertelur di tempat ini dan semakin menambah keunikan pantai sedahan.

  • Sunset dan Sunrise

Wisata pantai tidak dapat dilepaskan dari keindahan sunset dan sunrise. Kita dapat menikmati keduanya dari pinggir pantai ataupun dari atas tebing yang menjorok ke tengah lautan. Keduanya memberikan sensai eksotis yang berbeda berkat paduan panorama alam yang begitu cantik.

Kegiatan Menarik

  • Berkemah

Camping di kawasan pantai menjadi aktivitas menarik yang dapat kita lakukan. Tak hanya menikmati keindahan pantai ketika siang hari, kita juga dapat menikmati suasana pantai ketika malam.

Pengunjung dapat mendirikan tenda di atas hamparan pasir putih nan bersih. Lokasi berkemahnya pun cukup aman dari terjangan ombak karena lokasi pantai sedahan yang berada di teluk dan diapit oleh dua tebing.

  • Memancing

Selain menikmati pemandangan pantai, kita juga melakukan kegiatan memancing ikan yang menyenangkan. Aktivitas memancing biasanya dilakukan di bukit karang sisi timur pantai, namun diperlukan kewaspadaan dan kehati-hatian karena deburan ombaknya cukup besar. Selain itu, batuan karang yang basah juga menjadi licin sehingga dapat membuat kita terpeleset.

Tips Berkunjung ke Pantai Sedahan

Karena lokasinya cukup jauh dari pusat kota dan kita harus menempuh perjalanan selama 30 menit dari area parkir, maka dibutuhkan persiawan ketika hendak berwisata ke pantai sedahan, antara lain:

  • Pastikan tangki bahan bakar kendaraan dalam kondisi penuh agar tidak berisiko kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan
  • Bawalah bekal seperti makanan dan minuman karena belum adanya pedagang di kawasan pantai sedahan
  • Jika ingin bermalam, maka kita dapat membawa peralatan memasak serta bumbu-bumbu yang diperlukan
  • Gunakanlah sepatu dengan alas datar serta sandal untuk kegiatan luar ruangan
  • Persiapkan smartphone, kamera serta powerbank agar kita tidak kehabisan daya baterai ketika liburan
  • Jagalah kesehatan sebelum berangkat dan ketika berada di lokasi wisata
  • Selalu menjaga kebersihan dengan membuang sampang pada kantong plastik dan membawanya pulang untuk dibuang ke tempat yang semestinya agar alam tetap lestari

Misteri Pantai Sedahan

Pantai yang berjarak 4 km dari pantai wediombo ini juga menyimpan cerita misteri. Sama seperti pantai-pantai laut selatan lainnya, pantai sedahan yang diapit oleh dua tebing karst ini memiliki mitos berkaitan dengan Ratu Nyi Roro Kidul.

wisata pantai sedahan koranyogya.com

Ada pula cerita yang berkembang di masyarakat bahwa presiden pertama RI, Soekarno pernah bertapa selama tujuh hari tujuh malam di sebuah goa di kawasan pantai. Sang Proklamator tersebut dipercaya bertapa bersama dengan Nyai Roro Kidul sebagai penguasa pantai selatan.

Selain itu, pantai sedahan yang terhubung dengan pantai greweng dan wediombo ini juga mempunyai daerah yang disebut pasar gaib, yakni di area jalan setapak yang ditumbuhi rimbunnya pohon bakau dan lainnya.

Pasar gaib tersebut dipercaya sebagai tempat jual beli para jin yang tidak dapat dilihat oleh manusia. Namun dipercaya ketika kita melewati daerah tersebut maka akan merasakan aura aneh dan mistis.

Oleh masyarakat sekitar, lokasi ini dianggap menjadi tempat berkumpulnya makhluk astral penunggu pantai. Disekitarnya diberikan tali pembatas agar para pengunjung tidak memasukinya. Entah benar atau tidaknya mitos pantai sedahan ini, namun kita wajib menghormati kepercayaan adat istiadat setempat dengan tidak melakukan kegiatan yang dianggap mengganggu.

Obyek Wisata Sekitar

Saat kita berkunjung ke pantai sedahan, kita juga dapat sekaligus berwisata ke pantai-pantai pasir sekitarnya, seperti pantai wediombo dan pantai greweng.

Pantai wediombo hanya berjarak 1,5 km dan dapat dikunjungi hanya dengan berjalan kaki selama 20 menit. Wediombo adalah pantai di Gunung Kidul yang terkenal akan hamparan pasirnya yang luas. Sedangkan pantai greweng letaknya lebih dekat, hanya 300 meter yang terpisah oleh bukit karang. Kedua pantai tersebut merupakan pantai berombak tenang karena berbentuk teluk.