Pantai Sembilan – Pulau Unik Berbentuk Angka Dekat Labuan Bajo

Pulau Sembilan – Labuan Bajo adalah salah satu desa dari 19 desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Meski kawasan wisata ini belum sepopuler Bali dan Lombok, namun potensi yang disimpannya sangatlah kaya, misalnya Pulau Komodo yang dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

Tidak hanya Pulau Komodo, potensi wisata alam lain disekitarnya yang bisa dikembangkan adalah Pulau Sembilan. Destinasi liburan ini mulai dikembangkan dengan menghadirkan fasilitas-fasilitas yang menarik minat wisatawan.

Bagi yang bertanya-tanya kenapa pulau ini diberi nama sembilan, ternyata ini ada sebabnya loh! Tidak lain tidak bukan adalah karena bentuk pulau ini yang mirip angka sembilan. Bentuk ini tidak dibuat-buat, melainkan terjadi begitu saja dan secara alami.

pulau sembilan travellink-indonesia.com

Jika mengamati pulau ini dari ketinggian menggunakan pesawat atau drone, maka kita akan melihat angka sembilan berwarna putih diantara birunya lautan. Angka sembilan yang terbentuk itu berasal dari karang mati dan pasir berwarna putih bertekstur tajam.

Pulau Sembilan berukuran tidak terlalu besar, bahkan paling kecil diantara pulau lainnya. Untuk mengelilinginya kita hanya perlu waktu 20 menit dengan berkalan kaki. Disini tidak ada pepohonan, jadi tidak ada tempat berteduh. Oleh karena itu, kalau kulitmu sensitif maka gunakanlah sunblock!

Di pulau ini terdapat danau tepat dibagian atas angka sembilan. Danau ini adalah danau air asin karena berada ditengah lautan. Selain itu, perairan pulau ini juga menjadi habitat ubur-ubur.

Jika biasanya ubur-ubur mempunyai sengat, maka ubur-ubur disini tidak memilikinya. Sungguh misterius bukan? Jenis ubur-ubur lain yang hidup di perairan sekitar pulau ini adalah ubur-ubur unik dengan tentakel berwarna biru keunguan.

pantai sembilan blibli.com

Bagi pecinta wisata air, pulau ini juga menyediakan spot snorkeling. Titik-titik selam ini sekaligus menjadi obyek wisata unggulan di pulau ini. Kita bisa menikmat kecantikan dasar laut pulau, ikan-ikan berenang dengan beragam jenis, serta panorama lainnya.

Kawasan wisata Pulau Sembilan telah menyediakan berbagai fasilitas penunjang liburan, seperti restoran yang menawarkan berbagai makanan laut serta hotel atau penginapan yang menyuguhkan pemandangan laut mempesona.

Jika kecantikan pulau berbentuk angka sembilan ini dirasa masih kurang, kita bisa menyewa kapal untuk berkililing Labuan Bajo! Jadi jangan tunda liburanmu!