Pantai Semeti, Lombok – Bertabur Tajamnya Batuan Karang

Pulau Lombok adalah salah satu destinasi wisata alam di Indonesia yang layak disandingkan dengan Pulau Bali. Mulai dari wisata pantai, air tejun dan wisata bernuansa adat budaya ada disini.

Jika beberapa waktu yang lalu kita telah membahas Pantai Telawas sebagai salah satu obyek wisata alam terbaik di Lombok, maka kali ini giliran Pantai Semeti yang tak kalah cantik.

Pantai Semeti berada di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat dan letaknya tak jauh dari Pantai Mawun dan Pantai Kuta Lombok. Sebelum dikunjungi banyak wisatawan, pantai ini dulu dianggap sebagai pantai tersembunyi karena belum ada akses jalan layak menuju lokasi.

Akan tetapi karena semakin populer diangkat ke media sosial, saat ini rute menuju Pantai Semeti sudah cukup baik dan semakin dikenal oleh masyarakat yang mendambakan liburan sekaligus petualangan.

pantai semeti lombok setapakkecil.com

Keindahan pantai ini terletak pada bentangan alam berupa tebing batuan karang. Batu karang di Pantai Semeti berbentuk seperti batu kristal. Oleh sebab itu tak hanya Pantai Telawas saja yang berhak dijuluki seperti Planet Kryton, karena Pantai Semeti mempunyai keunikan serupa.

Pasir di kawasan Semeti berwarna putih dengan tekstur dan ukuran seperti merica. Air lautnya jernih baik dalam kondisi pasang atau pun surut. Eksotisme pantai ini akan semakin nampak saat air laut surut dengan memperlihatkan pemandangan bebatuan besar menjorok ke samudera. Selain panorama tersebut, pantai ini juga dikelilingi perbukitan hijau.

Kita bisa mencoba berjalan-jalan di bebatuan ini. Bahkan dari sini kita bisa melihat pemandangan Pantai Mawi dan Pantai Selong Belanak yang lokasinya tak berjauhan.

wisata pantai semeti udaindra

Sunset dan sunrise adalah salah satu hal utama yang bisa kita nikmati saat berlibur ke pantai. Selain itu, kegiatan memancing bersama masyarakat sekitar Pantai Semeti juga menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Meski telah mulai dikenal masyarakat luas, dukungan fasilitas di pantai ini masih sangat minim. Hal tersebut bisa dilihat dari area parkirnya, yakni atap tempat parkir yang masih terbuat dari susunan daun pandan atau pohon nipah. Bale-bale atau gazebo disini pun masih beratapkan bahan yang sama.

Akan tetapi soal makanan dan minuman tak perlu dikhawatirkan saat berkunjung ke Pantai Semeti. Disekitar kawasan pantai telah ada beberapa warung yang menjajakan kebutuhan perut kita.