Pantai Serang – Wisata Alam di Bumi Bung Karno, Blitar

Blitar adalah kota kecil di Jawa Timur. Kota ini terkenal karena menjadi tempat pemakaman Presiden ke-1 Indonesia, yaitu Ir. Soekarno. Selain itu, Blitar ternyata juga mempunyai beberapa obyek wisata alam yang begitu indah. Salah satunya adalah Pantai Serang yang menjadi lokasi Serang Culture Festival setiap tahun.

Pantai Serang beradai Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Blitar. Panorama sunset di pantai ini tak kalah dengan pantai-pantai lainnya, jadi sangat cocok untuk dijadikan tujuan liburan.

Dari pusat Kota Blitar, Pantai Serang hanya berjarak 34 km dengan rute jalur yang mudah ditempuh. Dari kota, kita bisa menuju Kanigoro, Ledoyo, Panggungrejo kemudian sampai ke pantai ini.

pantai serang

Jika biasanya kawasan pesisir didominasi oleh pohon kelapa, di pantai ini akan sedikit berbeda. Memasuki kawasan pantai kita akan disambut deretan pohon cemara. Tempat ini menjadi incaran muda-mudi untuk mencari spot foto yang menarik.

Masuk ke Pantai Serang akan dikenakan tarif Rp 7.000 per orang dan di akhir pekan tarifnya tetap sama. Untuk lahan parkir pun tersedia luas bagi mobil dan motor.

Disini kita bisa melakukan banyak kegiatan menarik dan tentunya menjadikan betah tak ingin segera pulang. Fasilitas yang ada juga cukup memadai, seperti tersedianya warung makan, toilet umum, gazebo, toko oleh-oleh dan pernak-pernik khas Blitar, mushola dan penangkaran tukik.

Ombak di Pantai Serang mirip seperti pantai-pantai selatan Pulau Jawa lainnya, yakni berombak besar. Sehingga tidak disarankan melakukan aktivitas di perairannya.

Liburan ke pantai pastinya jangan melewatkan untuk menikmati kulinernya. Di Pantai Serang kita bisa memesan makanan laut seperti cumi, udang, lobster dan ikan segar ke warung-warung disekitarnya.

Berbagai pilihan ikan bisa kita pilih, misalnya tuna, tongkol, kakap dan kerapu. Biasanya menu yang jadi favorit adalah ikan bakar yang disantap bersama es kelapa muda disertai suara deburan ombak dan hembusan angin.

Serang Culture Festival andhirarum.com

Menjelang sore, pantai ini akan menyuguhkan pemandangan sunset yang eksotis. Tak mau kalah dengan sunset di pantai Bali, paduan warna jingga mengiringi tenggelamnya matahari di garis horizon.

Pantai Serang, Blitar juga menjadi lokasi rutin Serang Culture Festival setiap tahunnya. Acara ini merupakan event pariwisata dan kebudayaan yang dilaksanakan pemerintah setempat yang bertujuan untuk menarik turis lokal dan asing untuk lebih mengenal Blitar secara umum, serta khususnya Pantai Serang.

Dalam festival ini terdapat rangkaian kegiatan, seperti festival layang-layang, larung sesaji 1 suro, jaranan, sholawatan, pelepasan tukik, festival memancing, pembuatan patung pasir, serang barong, serta acara musik jazz dan keroncong.

Sangat menarik bukan? Jadi kapan kamu jadwalkan liburan kesini?