Pantai Teluk Hijau – Green Bay Banyuwangi

Pantai Teluk Hijau – Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang letaknya berseberangan langsung dengan Pulau Bali. Seakan tak mau kalah dengan Pulau Dewata tersebut, Banyuwangi juga memiliki deretan pantai-pantai yang sangat cantik. Salah satunya adalah Pantai Teluk hijau dengan airnya yang berwarna hijau, bahkan juga dijuluki sebagai Green Bay Banyuwangi.

Air laut kok hijau? Ya! Ini tidak mengada-ada, baca terus artikel ini!

Pantai Teluk Hijau berlokasi di selatan kota Banyuwangi dan masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Dari pusat kota jaraknya sekitar 90 km. Wialayhnya masuk di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupatan Banyuwangi, Jawa Timur.

greenbay banyuwangi reservasi.com

Pantai berpanorama indah ini belum banyak diketahui wisatawan. Letaknya yang tersembunyi menjadikannya masih sepi pengunjung sehingga sangat cocok bagi kita yang ingin liburan sekaligus mendambakan ketenangan.

Belum banyaknya orang datang ke obyek wisata alam ini bukan tanpa sebab. Karena untuk sampai ke pantai ini kita harus bersusah payah menempuh jauhnya perjalanan, melewati hutan, naik turun bukit dan berjalan kaki. Akan tetapi, segala hal tersebut akan dibayar lunas oleh bentangan alam di Pantai Teluk Hijau.

Pantai dengan perairan hijau ini berada setelah Pantai Batu, yaitu pantai dengan hamparan bebatuan kecil hingga besar yang berserakan. Menurut sejarah, batuan ini berasal dari hempasan gelombang tsunami yang menerpa pantai sehingga membawa material batu dari dasar laut menuju daratan.

Berjarak 300 meter dari Pantai Batu, kita akan melihat dua karang besar yang membentuk gerbang secara alami. Apabila telah bertemu karang ini, artinya kita sudah sampai di Pantai Teluk Hijau. Setelah itu, siapkan diri untuk terpana melihat keagungan ciptaan Tuhan berupa pesona pemandangan yang begitu memukau.

Pantai Teluk Hijau mempunyai air berwarna hijau yang jernih, Warna tersebut dihasilkan dari jutaan alga yang hidup di lautan dan memantulkan warha hijau ke permukaan. Selain keunikan itu, pasir di pantai ini juga sangat lembut serta berwarna putih.

pantai teluk hijau faktualnews.co

Tidak sampai disitu, ada pula air terjun setinggi 8 meter yang berlokasi tidak jauh dari bibir pantai, jaraknya hanya sekitar 20 meter. Jadi di pantai ini, kita bisa sekaligus melihat air laut hijau, ditambah desiran angin dan ombak, hutan-hutan asri serta bonus gemericik air terjun yang begitu deras. Sungguh panorama alam yang sempurna bukan?

Lingkungan wisata di Pantai Teluk Hijau masih sangat bersih dan asri. Sejauh mata memandang tidak ada sampah, tidak ada sesuatu yang mengotor tempat ini.

Untuk memasuki kawasan pantai ini, kita cukup mengeluarkan uang Rp 5.000 dan selanjutnya kita bebas mengeksplorasi alamnya. Kita bisa melakukan kegiatan memancing, bersantai di atas pasir putihnya, dan aktivitas positif lainnya. Pantai ini buka mulai pukul 07.00 sampai 14.30 WIB, jadi pastikan datang tak terlalu sore ya!

Oke, jika berkunjung ke Banyuwangi jangan lupa sempatkan berkunjung ke Pantai Teluk Hijau!