Pantai Timang – Uji Nyali di Gondola & Jembatan Gantung!

Pantai Timang – Jika kamu adalah penyuka hal-hal berbau Korea Selatan termasuk variety show dari negera tersebut, maka wajib baca informasi wisata alam berikut ini.

Tahukah kamu jika di Yogyakarta, tepatnya di Pedukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, terdapat pantai yang digunakan syuting acara variety show terkenal dari Korea Selatan? Pantai itu adalah Pantai Timang!

Tak hanya karena panorama alamnya, salah satu alasan pantai ini ramai dikunjungi adalah karena adanya wahana unik yang tidak ditemukan di pantai lainnya. Wahana tersebut adalah Gondola atau kereta gantung yang terdapat di pulau kecil diseberang pantai.

gondola pantai timang pantainesia.com

Para pengunjung antusias mencoba wahana ini untuk menguji nyali dan merasakan sensasi adrenalin ketika menyeberangi laut, ombak besar, serta angin kencang khas pantai selatan Jawa. Gondola ini terbuat dari kayu yang disusun sedemikian rupa dan diikat dengan tali tambang.

Apabilia kamu mengira gondola ini hanya untuk wahana wisata, itu tidak tepat. Sebab gondola ini juga digunakan oleh para nelayan dan warga sekitar untuk mencari tangkapan udang dan lobster di pulau kecil tersebut.

Untuk bisa merasakan sensasi naik gondola di Pantai Timang, dulunya tidak dikenakan biaya. Akan tetapi saat ini kita perlu merogoh dompet Rp 200.000 untuk perjalanan bolak-balik sejauh 100 meter dengan ketinggian 9 hingga 11 meter dari pantai ke bukit karang.

Selain gondola, saat liburan di Pantai Timang kita juga menikmati wahana jembatan gantung yang berfungsi untuk menyeberang menuju bukit karang. Jembatan ini dibangun dan dibuka untuk umum sejak Maret 2017. Dibanding tarif gondala, tarif melintasi jembatan ini lebih murah, yaitu sekitar Rp 100.000 saja.

jembatan gantung pantai timang ngetripyuk.id

Bagaimana keamanan gondola dan jembatan gantungya? Kita tak perlu khawatir, pasti pihak pengelola memberikan jaminan keamanan!

Nah, setelah asyik menikmati wahana di Pantai Timang, pasti urusan perut menjadi hal yang tak bisa dihindari. Di pantai ini terdapat beberapa warung yang menyediakan menu makanan seafood hasil tangkapan nelayan. Jadi sajian masakan disini dijamin alami dan segar!

Akan tetapi, untuk masalah fasilitas wisata di Pantai Timang belum terlalu lengkap dan masih terbatas. Sehingga kita perlu menyiapkan perbekalan dan perlengkapan dari rumah.

Dari pusat Kota Jogja, pantai ini berjarak sekitar 50 km dan diperlukan waktu kurang dari 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Untuk memasuki kawasan Pantai Timang, kita akan dikenakan tarif Rp 10.000 per orang, tarif yang sangat murah bukan?

Pantai ini juga tidak menjadi tujuan satu-satunya ketika kita berlibur ke pesisir Gunung Kidul, karena kita bisa sekaligus berwisata ke pantai lain disekitarnya, misalnya Pantai Seruni, Pantai Siung, Pantai Pok Tunggal dan Pantai Nglambor.

Jadi kapan kamu berkunjung ke Pantai Timang?