Pantai Watu Kodok – Lokasi, Wisata dan Camping Ground Seru

Salah satu obyek wisata pantai di Jogja yang menjadi spot berkemah favorit adalah pantai watu kodok. Pantai dengan pasir putih ini kerap digunakan wisatawan untuk menghabiskan malam dengan mendirikan tinggi. Momen seperti sunrise, sunset bahkan milky way dapat dinikmati di pantai ini.

Sejarah Pantai Watu Kodok

Asal mula pantai ini dinamakan watu kodok berkaitan dengan sejarah ditemukannya sebuah patung. Watu kodok dalam bahasa Jawa berasal dari dua kata, yaitu watu dan kodok. “Watu” berarti “batu”, sedangkan “kodok” berarti “katak atau kodok“.

Terdapat sebuah patung di dalam goa yang berada di sisi barat pantai. Goa ini hanya dapat djangkau ketika air laut tengah surut. Patung batu yang bentuknya mirip kodok ini dikeramatkan oleh masyarakat setempat. Setiap satu tahun sekali, warga pantai watu kodok menggelar upacara adat pada bulan Suro.

Selain itu, sejarah nama pantai watu kodok versi lain menyebutkan berasal dari kata watu ndodok (jongkok). Karena ketika masa Perang Dunia II tahun 1949 lokasi ini digunakan sebagai tempat nongkrong tentara Belanda dan pengungsian warga Gunungkidul.

Akan tetapi, ada pula anggapan bahwa nama Watu Kodok berasal dari batu karang yang bentuknya menyerupai kodok. Entah bagaimana kebenarannya, satu yang pasti panti di Jogja ini memiliki keindahan yang sangat memukau.

Pengelolaan pantai watu kodok diserahkan kepada masyarakat sekitar dan bukan dikelola oleh pemerintah maupun investor. Sebuah paguyuban yang mengelola kawasan wisata pantai kodok ini diketua ole Heru Sumarna yang bahu membahu bersawa warga desa mengenalkan pantai ini sebagai tujuan rekreasi.

Lokasi Pantai Watu Kodok

Pantai watu kodok masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya berada di Kelor Kidul, Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Pantai berpasir putih ini berada diantara deretan pantai lain di Jogja, seperti pantai baron dan pantai indrayanti. Jalan menuju lokasi wisata pantai juga mudah dituju serta memiliki kondisi baik.

Rute Menuju Lokasi

Untuk menuju kawasan pantai watu kodok, kita dapat berangkat dari titik nol pusak kota Jogja. Jika melalui titik ini, perjalanan diawali dengan menuju arah timur melewati Jalan Panembahan Senopati. Kemudian jika bertemu dengan perempatan, ambil arah melewati Jalan Brigjen Katamso dan dilanjutkan melalui Jalan Kolonel Sugiono.

pantai watu kodok jogja limakaki.com

Teruskan perjalanan hingga sampai di pertigaan dan ambil arah ke selatan melalui Jalan Sisingamangaraja hingga sampai di Jalan Imogiri Barat.

Lanjutkan perjalanan melalui Jalan Imogiri Barat hingga pertigaan ke arah timur melalui Jalan Bakulan Imogiti. Setelah itu, kita akan melewati jalan yang menuju pantai watu kodok dan pantai-pantai Jogja lainnya.

Jalur menuju pantai dapat dilewati oleh kendaraan bermotor atau mobil, namun kita perlu waspada dan hati-hati karena kontur jalan berkelok dan naik turun. Waktu tempuh dari kota Jogja ke pantai watu kodok sekitar 2 jam perjalanan dengan jarak 60 km.

Fasilitas dan Kuliner

Salah satu penunjang suksesnya sektor pariwisata suatu daerah adalah kelengkapan fasilitas umum, seperti lahan parkir dan toilet. Wisata pantai kodok mempunyai fasilitas yang cukup lengkap, seperti area parkir yang luas, kamar mandi dan toilet yang bersih, moushola, warung makan seafood dan kuliner khas Jogja, serta gazebo.

Jam Operasional

Sama seperti pantai glagah, pantai watu kodok juga buka setiap hari selama 24 jam penuh, siang maupun malam. Wisatawan dapat masuk pada jam berapapun, namun sebaiknya kunjungilah pada waktu pagi atau sore karena pada jam-jam tersebut pemandangan pantai sangat menakjubkan.

Tiket dan Biaya Liburan

Pantai watu kodok belum terlalu ramai jika dibandingkan dengan loaksi liburan lain seperti pantai parangtritis. Destiansi wisata di Jogja ini dikelola oleh warga sekitar dengan cukup baik. Harga tiket pun sangat terjangkau, yaitu Rp 5.000 per orang dan di akhir pekan umunya ada kenaikan. Tarif parkir untuk roda dua adalah Rp 3.000 dan mobil Rp 5.000.

Bagi yang ingin menginap dan bermalam di tempat ini, kita dapat menyewa lahan camping dengan merogoh kocek sekitar Rp 5.000 sampai Rp 10.000 per orang.

Kegiatan dan Obyek Wisata

Di pantai ini kita dapat menikmati obyek wisata menarik dan melakukan berbagai aktivitas seru, antara lain:

pantai watu kodok lensanasrul.com

1. Camping Ground

Bagi wisawatan yang ingin menghabiskan malam di pantai watu kodok, maka ada cara murah sekaligus menyenangkan. kita dapat mendirikan tenda dipinggir pantai dan menikmati suasana alam ketika malam hari.

Pengalaman ini akan memberi kesan mendalam. Kita tak perlu khawatir mengenai keamaan lahan berkemah ini, karena warga sekitar juga turut menjaga keamanannya.

Aktivitas yang sering dilakukan saat berkemah adalah membakar api unggun untuk menghilangkan rasa dingin, kemudian membakar ikan sebagai santapan ketika liburan. Di pagi harinya, kita akn disambut sunrise di pantai watu kodok.

2. Bersantai di Gazebo

Meski hanya memiliki garis pantai sepanjang 600 meter, namun keindahan pantai watu kodok tak perlu diragukan. Di beberapa titik terdapat gazebo-gazebo yang dapat kita gunakan untuk bersantai menikmati keindahan deburan ombak samudera hindia.

Di sebelah barat pantai terdapat bukit karang yang begitu menawan, ditempat ini juga terdapat gazebo untuk bersantai. Dari atas bukit akan nampak panorama lekukan indag garis pantai serta perbukitan karang hijau yang memukau.

3. Spot Foto Menarik

Hobi fotografi adalah hobi anak muda saat ini. Terdapat banyak spot menarik di pantai watu kodok untuk mengabadikan momen liburan. Suasana yang tidak begitu ramai menjadi sangat cocok untuk lebih menikmati keindahan alam.

Pengunjung juga dapat menghampiri replika kapal di atas tebing. Kapal ini menghadap ke samudera hindia seolah-oleh tengah berlayar di ketinggian. Selain memotret dengan kamera sendiri, disini juga tersedia jasa foto dengan harga yang cukup terjangkau.

4. Panorama Alam

Kondisi lingkungan yang masih asir berpadu dengan deburan ombak dibibir pantai serta hembusan angin menciptakan suasana sempurna. Hamparan pasir putih pantai watu kodok yang diselingi oleh karang merupakan pemandangan alam yang sangat menarik.

Kebersihan lokasi wisata juga sangat terjaga sehingga wisatawan merasa nyaman dan betah beralama-lama ditempat ini. Panorama alam ini semakin indah jika dinikmati ketika senja.

5. Karang Mirip Kodok

Salah satu pantai di Jogja ini didomiansi oleh bongkahan batua karang di sepanjang pantai. Terdapat salah satu bongkahan karang yang bentuknya menyerupai kodok yang oleh masyarakat setempat dipercaya menjadi asal usul nama pantai ini.

Pemandangan terumbu karang akan semakin nampak ketika air laut surut. Jika beruntung kita juga dapat melihat hewan-hewan laut yang terjebak diantara cekungan karang.

6. Wisata Kuliner

Ada pula yang mengatakan jika pantai ini disebut juga dengan pantai watu kopen. Hal tersebut berkaitan dengan wilayah pantai yang dulunya digunakan sebagai lokasi camp tentara Belanda. Dahulu kala tempat ini digunakan tentara Belanda untuk memanaskan makanan.

Di obyek wisata pantai watu kodok terdapat warung makan yang dapat kita coba. Para pedagang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman. Harga yang ditawarkan pun relatif murah dan bisa menjadi pelengkap liburan pantai kita.

Tips Liburan ke Pantai

Tips ini tidak hanya berguna ketika hendak berkunjung ke pantai watu kodok, melainkan dapat dilakukan ketika kita ingin berkunjung ke tempat wisata pantai lainnya. Berikut adalah tipis berlibur ke pantai, yaitu:

wisata pantai watu kodok travelspromo.com
  • Bawalah topi dan sunblock untuk melindungi dari sengatan matahari
  • Bawa bekal seperti air minum dan cemilan
  • Gunakan kacamata hitan untuk melindungi mata
  • Pakailah sepatu dengan alas datar dan sandal agar nyaman berjalan diatas pasir dan bermain di pantai
  • Hindari pakaian berwarna gelap, seperti warna hitam
  • Bawa kotak P3K, terutama bagi kita yang ingin camping di tempat terbuka
  • Lindungi peralatan elektronik seperti smartphone dengan waterproof case agar tidak terkena air
  • Pastikan baterai smartphone terisi pernih atau jika perlu bawalah powerbank
  • Selain memfoto menggunakan smartphone, kita juga dapat membawa kamera poket untuk mengabadikan setiap momen liburan

Selain itu, ketika kita berada di obyek wisata pantai maka kita perlu memerhatikan hal-hal seperti aturan jarak berenang sepanjang garis pantai, serta memerhatikan kondisi cuaca.

Obyek Wisata Terdekat

Obyek wisata pantai watu kodok lokasinya berdekatan dengan pantai dirini, sehingga kita dapat sekaligus mengunjunginya. Jaraknya hanya 300 meter di sebelah timur, namun karena terhalang oleh bukit karang yang terjal maka kita harus menempuh jalan memutar sejauh 2 km atau jalan kaki selama 30 menit.

Jika kita mengarah lebih ke timur lagi, pada jarak 3,5 km terdapat pantai ngrumput. Di pantai ini terdapat sebuah bukit setinggi 50 meter bernama kosakora. Dari atas bukit kosakora kita dapat melihat pemandangan pantai dan laut, serta berkemah dengan memasang tenda.