Pemandian Air Panas Alami Cangar – Batu, Malang

Wisata pemandian alami air panas cangar ini terletak di kaki gunung Welirang, tepatnya 3.000 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian tersebut, udara di wisata ini cukup dingin.

Namun uniknya wisata ini menawarkan pemandian air panas yang mengandung belerang. Jadi, bagi wisatawan yang tak tahan dengan udara dingin juga bisa main-main ke sini. Tiket masuknya juga cukup terjangkau dan fasilitas yang lengkap membuat wisatawan terus berdatangan.

Perjalanan Ke Pemandian Air Panas Cangar

Jika berkunjung ke Batu Malang, ada baiknya singgah ke pemandian air panas Cangar, tepatnya di Dusun Cangar, Sumber Brantas. Wisata ini termasuk ke dalam kawasan Taman Hutan Rakyat (TAHURA R. Soerjo).

Kawasan wisata pemandian air panas buka mulai pukul 7 pagi hingga pukul 4 sore. Setelah sampai, langsung saja membayar tiket masuk yang cukup murah, yaitu sekitar 15 ribu rupiah saja.

cangar malang ngalam.co

Lokasi pemandian Cangar hanya berjarak 18 km dari pusat Kota Batu dan hanya bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi. Sebab, belum ada kendaraan umum yang masuk ke sana.

Untuk rute-nya, jika berangkat dari Kota Batu maka menuju ke arah barat kemudian belok ke arah timur lalu lurus saja sampai di area wisata. Jalan yang dilalui sedikit berkelok, namun akan terbayar dengan keindahan alam wisata pemandian air panas Cangar ini. Ketika melihat gerbang masuk kawasan TAHURA R. Soerjo, maka di situlah pemandian air panas Cangar berada.

Petualangan Seru di Pemandian Air Panas Cangar

Wisata alam pemandian air panas ini berdekatan dengan perbatasan daerah Mojokerto. Jalur yang digunakan juga merupakan rute ke wisata Coban Talun dan Selecta, jadi jalannya aman dan ramai.

Tak hanya pemandian air panas, di area wisata ini juga menyediakan berbagai wahana atau obyek rekreasi lain. Sehingga wisatawan bisa explore lebih banyak.

1. Pemandian Air Panas Bertingkat

Sesampainya di kawasan pemandian, pengunjung akan mendapati kolam pemandian air panas yang bertingkat-tingkat. Ternyata, masing-masing tingkatan kolam menunjukkan tingkat panasnya air, mulai dari hangat, sedang hingga sangat panas.

Ada 5 macam kolam yang ada di disini, yaitu 3 kolam utama dan 2 kolam renang. Salah satu dari kolam utama tersebut adalah yang khusus untuk perempuan. Jika ingin lebih privasi, bisa mandi di kolam kamar seperti sauna yang hanya boleh dimasuki satu orang.

Uniknya, pemandian air panas ini terbentuk secara alami dan dipercaya berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Banyak pengunjung yang datang dengan tujuan mengobati penyakit mereka.

Sebenarnya, dari segi kesehatan hal ini bisa dijelaskan dari kandungan belerang pada air panas tersebut. Belerang memang dikatakan mampu menyembuhkan penyakit-penyakit kulit.

2. Berkemah di Camping Ground

Bagi wisatawan yang suka menginap dan berkemah, disini tersedia area Camping Ground yang cukup luas. Namun untuk dapat mendirikan tenda, kita harus izin dahulu kepada pengelola wisata yang dikelola oleh Perhutani.

tenda camping Pixabay

3. Melihat Satwa Lutung Jawa Berkeliaran Bebas

Selain pemandangan yang alami, di sekitar wilayah pemandian air panas Cangar juga menjadi habitat bagi berbagai jenis satwa. Hewan-hewan ini berkeliaran bebas dan terjaga kelestariannya agar terndar dari kepunahan.

lutung jawa Wikipedia Commons

Pengunjung akan merasakan sensasi mandi air panas dikelilingi pemandangan indah dan satwa monyet jenis Lutung Jawa yang bergelantungan. Tentu ini menjadi pengalaman yang seru dan sekaligus menegangkan.

4. Ada Villa dan Aula

Meski masih sangat alami dan membutuhkan perjuangan untuk sampai ke tempat ini, ternyata fasilitasnya cukup lengkap. Di area wisata ini terdapat taman yang cukup luas untuk anak-anak bermain. Banyak kursi atau bench untuk duduk-duduk santai.

Bagi yang ingin menikmati indah dan alaminya wisata ini, dapat menginap di villa yang tersedia. Harga sewanya pun cukup terjangkau, sekitar 500 ribu per malam dan satu kamar bisa di isi lebih dari satu orang. Hal yang menarik, villa ini juga menyediakan aula yang bisa disewa oleh wisatawan. Bisa untuk acara keluarga, pertemuan atau acara kantor dan lainnya.

5. Bermain Flying Fox di Taman Bermain

Di area wisata ini juga banyak hal-hal yang seru lain yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah bermain flying fox. Bukan hanya menyediakan wisata yang rileks, tetapi juga ada wahana seru yang patut dicoba. Jadi, tidak mandi air panas pun bisa berpetualang seru di sini.

flying fox Pixabay

6. Berburu Kuliner dan Souvenir

Beberapa wisatawan mungkin khawatir mengenai ketersediaan makanan yang ada di wisata Cangar. Oleh sebab itu, banyak yang membawa bekal atau persediaan makanan atau camilan dari rumah.

Padahal, di dalam area wisata ini banyak tersedia warung-warung makanan, minuman, camilan atau gorengan dengan harga yang cukup terjangkau. Bagi wisatawan yang suka berburu oleh-oleh, banyak oleh-oleh khas Kota Batu Malang yang diperdagangkan.

Bahkan di perjalanan ketika menuju area wisata ini pun sudah banyak pedagang berjualan di pinggir jalan. Umumnya, mereka menjual oleh-oleh khas Kota Batu Malang, yaitu tape ketan.

7. Mengunjungi Gua Peninggalan Jepang

Area wisata pemandian air panas Cangar ini cukup luas dan banyak pemandangan yang bisa dinikmati. Selain mandi dan berendam, pengunjung juga bisa berkeliling menikmati indahnya hutan yang dipenuhi pepohonan rindang.

Tak hanya itu, di sini juga terdapat Gua peninggalan zaman penjajahan Jepang. Gua ini masih alami dan umumnya digunakan sebagai tempat tinggal monyet jenis Lutung Jawa. Ada salah satu Gua juga yang direnovasi dan bisa dilihat pengunjung sampai ke dalam, meski kedalamannya hanya sekitar satu meter.

Fasilitas Wisata Lengkap dan Nyaman

Wisata pemandian air panas Cangar ini berada di kawasan Taman Hutan Rakyat TAHURA R. Soerjo. Kawasan ini dikelola oleh kantor Perhutani, maka dari itu jika ada pengunjung yang ingin berkemah harus izin dulu ke perhutani.

Meski jalan menuju kesini cukup berkelok, ternyata pengelolaan wisata ini cukup baik. Tersedia banyak pilihan wisata seperti pemandian air panas, pemandangan hutan yang asri, melihat langsung satwa Lutung Jawa dan lainnya.

Fasilitas umumnya juga lengkap dan nyaman, tersedia toilet, kamar mandi yang bersih dan juga musholla untuk ibadah umat muslim. Area parkirnya juga luas dan terdapat taman bermain. Berdasarkan pengalaman, disarankan berkunjung saat weekdays saja, karena di saat weekend pengunjung membludak dan ramai sekali.