kesuburan tanah kecukupan pangan Twitter @RECARE_EU

Tanah memiliki peran penting bagi tercukupnya pangan di bumi ini. Selain sebagai tempat menyimpan air, tanah juga membantu mengatur iklim dan memberikan cukup nutrisi terhadap tanaman pangan dan makhluk hidup lain.

Tanah merupakan dasar untuk kegiatan pertanian dan menjadi median tanaman agar dapat tumbuh. Tanah yang sehat dan subur akan memberikan kecukupan pangan bagi manusia. Kualitas tanah terkait langsung dengan kualitas dan kuantitas produksi makanan. Rusaknya tanah akan menimbulkan tidak tersedianya pasokan makanan, kelaparan, kemiskinan dan pembangunan ekonomi yang lambat.

Di masa-masa yang akan datang, persaingan sumber daya tanah dan air yang berkaitan dengan ketahanan pangan dan perubahan iklim merupakan hal yang dipastikan terjadi. Ketahanan pangan akan diperoleh jika kemampuan dan pengelolaan tanah dilakukan secara baik.

Oleh karena itu, memperbaiki tingkat kesuburan dan struktur tanah merupakan hal penting. Hal itu dapat dilakukan dengan cara pengomposan secara sederhana agar tanah terus memberikan manfaatnya bagi kehidupan.

Infografis – Pentingnya Kesuburan Tanah Untuk Kecukupan Pangan
5 (100%) 5 votes

baca juga:  Infografis - Dampak Perubahan Iklim di Kawasan Asia, Bagaimana Dengan Indonesia?