awan langit
awan merupakan kumpulan uap air

Inilah Perbedaan Cuaca dan Iklim

Cuaca dan iklim merupakan gejala atau peristiwa alam yang memiliki kesamaan dan perbedaan. Banyak diantara kita yang belum dapat membedakan mengenai pengertian cuaca dan iklim, sehingga masih sering keliru memahami kedua istilah tersebut.

Pengertian Cuaca

Cuaca adalah kondisi atau keadaan udara yang terjadi di suatu wilayah dalam jangka waktu tertentu. Cuaca memiliki ciri dapat berubah-ubah dalam waktu cepat dan ditandai dengan pergantian siang dan malam. Perubahan cuaca dapat terjadi dipengaruhi oleh perbedaan suhu dan kelembapan udara pada suatu wilayah.

Meteorologi adalah ilmu yang fokus untuk mempelajari cuaca. BMKG atau kependekan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, merupakan lembaga milik negara yang memiliki tugas untuk mencatat dan mengamati aktivitas udara.

Aktivitas udara yang dimaksud meliputi suhu, tekanan udara, curah hujan, kecepatan atau arah angin serta aktivitas awan. Contoh kerja BMKG adalah prediksi curah hujan dan ancaman banjir Jakarta. BMKG berpusat di Jakarta, namun memiliki stasiun-stasiun pemantau cuaca yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Pengertian Iklim

Berbeda dengan cuaca, iklim adalah kondisi atau keadaan rata-rata cuaca suatu wilayah yang luas. Penentuan iklim sebuah wilayah didasarkan pada perhitungan waktu 11 tahun hingga 30 tahun. Iklim tiap wilayah yang satu dengan yang lain berbeda akibat dipengaruhi letak geografis dan topografi wilayah, yang berarti iklim dipengaruhi oleh posisi relatif matahari di suatu wilayah.

Matahari merupakan faktor utama penentu iklim yang terjadi di suatu wilayah. Selain itu, posisi relatif matahari juga mempengaruhi gerak udara dan arus laut. Ilmu yang digunakan untuk mempelajari iklim adalah klimatologi.

Untuk mengetahui 4 iklim yang ada di bumi, silakan baca artikel berikut: 4 Macam Iklim Dunia.

Perbedaan Cuaca dan Iklim

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, meskipun cuaca dan iklim memiliki kesamaan, yaitu merupakan gejala peristiwa alam. Namun keduanya memiliki perbedaan, cuaca menjelaskan mengenai kondisi yang terjadi di atmosfer dalam jangka waktu pendek, sedangkan iklim adalah bagaimana perilaku atmosfer dalam waktu yang lama.

Berikut ini adalah tabel perbedaan yang dapat menjelaskan bedanya iklim dengan cuaca:

CuacaIklim
Arti kata menurut KBBIKeadaan hawa (suhum kelembapan, awan, hujan dan sinar matahari) pada suatu daerah dalam jangka waktu yang agak lama (30 tahun) di suatu daerah.Keadaan udara (temperatur, cahaya matahari, kelembapan, kecepatan angin, dsb) pada satu tempat tertentu dengan waktu yang terbatas
Faktor yang berpengaruhsinar matahari, hujan, awan, angin, hujan es, salju, banjir, badai, gelombang panas dll.curah hujan, temperatur, kelembaban, cahaya matahari, kecepatan angin, fenomena seperti kabut, badai dalam waktu yang lama
Cara memperkirakandengan mengambil data meteorologi seperti suhu udara, tekanan, kelembaban, radiasi matahari, kecepatan dan arah angindengan mengambil statistik cuaca selama 30 tahun
Jangka waktudalam waktu pendek
(menit sampai dengan hari)
dalam waktu panjang
(puluhan tahun)
Ilmu yang mempelajariMeteorologiKlimatologi

Pixabay

Pada tabel diatas disebutkan mengenai faktor atau komponen yang mempengaruhi cuaca dan iklim, berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai faktor cuaca dan iklim tersebut:

  • Sinar Matahari

Faktor atau komponen utama penentu cuaca dan iklim adalah sinar matahari. Matahari merupakan pusat sistem tata surya dan bumi mengorbit kepada matahari.

Rotasi adalah proses berputarnya bumi pada porosnya, sedangan revolusi adalah proses berputarnya bumi mengelilingi matahari. Oleh karena kedua proses tersebut, maka sinar matahari akan berbeda antara wilayah satu dengan yang lainnya, sehingga menyebabkan terjadinya iklim dan cuaca.

  • Suhu

Komponen selanjutnya yang mempengaruhi iklim dan cuaca adalah suhu. Perbedaan suhu tiap tempat dipengaruhi oleh sinar matahari yang menyinari suatu wilayah.

Cahaya radiasi dari sinar matahari yang terpancar ke bumi akan diserap oleh permukaan bumi dan sebagian lagi akan dipantulkan. Pantulan radiasi inilah yang mempengaruhi suhu suatu wilayah di bumi.

  • Angin

Angin juga mempengaruhi iklim dan cuaca. Angin adalah udara yang bergerak yang diakibatkan perbedaan suhu dan tekanan udara. Perbedaan suhu antar wilayah akan menyebabkan perbedaan tekanan udara, sehingga udara akan mengalir. Tekanan udara berbanding terbalik dengan suhu, yaitu bila suhu rendah maka tekanan udara tinggi.

  • Awan

Faktor selanjutnya adalah awan, awan adalah titik-titik air atau kristal-kristal es halus yang berkumpul di atmosfer. Jumlah atau volume awan dipengaruhi oleh perbedaan musim, misalnya pada musim kemarau jumlah awan sedikit dan jumlah awan akan meningkat pada musim penghujan.

  • Kelembaban Udara

Kelembaban udara adalah jumlah uap air dalam udara. Kelembapan juga menjadi faktor kondisi cuaca dan iklim.

Kelembapan akan mempengaruhi pengendapan uap air di udara dalam bentuk awan, kabut, embun, dan hujan. Kelembapan udara dibagi menjadi dua, yaitu kelembapan relatif dan absolut. Untuk mengukurnya digunakanlah alat bernama hidrografi.

  • Curah Hujan

Curah hujan merupakan tingkat intensitas turunnya air di wilayah tertentu. Curah hujan sangat berkaitan dengan siklus hidrologi, yaitu air yang ada di bumi pengalami daur secara alami. Untuk mengukur intensitas curah hujan, digunakan alat bernama obrometer.

Referensi: berbagai sumber