Pengertian Tumbuhan Perdu

Perdu adalah nama kelompok pohon yang tumbuh dengan ketinggian dibawah 6 meter. Tanaman perdu tumbuh dekat dengan permukaan tanah dan memiliki struktur tanaman yang lebih kecil daripada pepohonan.

Umumnya jenis tumbuhan ini digunakan untuk hiasan rumah serta pada beberapa jenisnya bermanfaat untuk bahan obat-obatan alami.

Perbedaan Perdu, Herba dan Pohon

Seringkali terdapat kerancuan dalam menyebut serta mengartikan jenis tumbuhan perdu, herba, serta pohon. Berikut ini adalah perbedaan antara perdu, herba dan pohon:

Pengertian Perdu

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), perdu adalah tumbuhan berkayu yang bercabang-cabang, tumbuh rendah dekat dengan permukaan tanah, serta tidak memiliki batang yang tegak.

Menurut A Glossary of Botanic Terms, pengertian perdu ialah tumbuhan berkayu yang mempunyai struktur lebih kecil dari pohon.

Sedangkan menurut Prosea / Plant Resources of Southeast Asia (Sumberdaya Nabati Asia Tenggara), tumbuhan perdu merukapak tumbuhan berkayu yang bercabang mulai dari pangkal, serta semua cabang setara.

Contoh jenis tumbuhan perdu yaitu bunga soka, rembosa mini, ekor tupai dan sebagainya.

Pengertian Herba

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian herba adalah tumbuhan pendek dan kecil yang memiliki batang basah karena mengandung banyak air dan strukturnya tidak berkayu.

baca juga:  Sambiloto - Tanaman Herbal Pahit Kaya Manfaat

Contoh jenis tanaman herba antara lain sambiloto, lavender, peterseli dan lain-lain.

Pengertian Pohon

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pohon merupakan tumbuhan berkayu yang berumur tahunan dan mempunyai batang utama tungga yang jelas.

Dengler menyatakan pengertian pohon adalah tumbuhan yang memiliki akar, batang dan tajuk yang jelas dengan tinggi minimal 5 meter. Menurut Baker, pohon adalah tumbuhan tumbuhan berkayu yang memiliki satu batang pokok, serta bentuk tajuk yang jelas dan tinggi tidak kurang dari 8 kaki.

Sedangkan menurut Prosea / Plant Resources of Southeast Asia (Sumberdaya Nabati Asia Tenggara), pohon ialah tumbuhan berkayu yang umurnya tahunan dengan batang utama tunggal yang jelas.

Contoh jenis tumbuhan yang masuk dalam kelompok pohon adalah pohon jati, pohon cemara, pohon sengon dan sebagainya.

Jenis Perdu Untuk Tanaman Hias

Berikut adalah macam-macam tumbuhan perdu yang kerap digunakan untuk dekorasi halaman rumah, antara lain:

  • Bunga Soka
bunga soka biodiversitywarriors.org

Bunga soka merupakan jenis tanaman perdu berbungan yang biasanya digunakan untuk memperindah halaman ruma, sekolan, perkantoran dan lainnya.

Bunga ini memiliki penampilan yang menarik dengan warna terang dan bentuk mirip kembang api. Selain itu, bunga soka juga termasuk tanaman yang mudah beradaptasi dengan lingkungan serta perawatan yang sederhana.

  • Rembosa Mini
rembosa mini nurmalaflora.com

Rembosa mini banyak diperjualbelikan untuk menghiasi dekorasi rumah. Bunga dari rembosa mini berwarna putih yang indah. Tumbuhan perdu ini cocok digunakan untuk dekorasi taman karena bentuknya yang rapi dan rata. Dipasaran, jenis rembosa mini yang paling banyak diminati adalah warna daun hijau, kuning, golden dan silver.

  • Ekor Tupai
baca juga:  Hutan Lindung - Pengertian, Status Fungsi & Kawasan
tanaman ekor tupai Dekoruma

Tanaman ekor tupai memiliki bentuk daun yang memanjang ke atas dan tumbuh lebat. Daun ekor tupai strukturnya lembit dan mudah patah. Pohon perdu ini dapat tumbuh hingga 1 meter dengan perawatan rutin dan cocok digunakan untuk hiasan taman rumah.

  • Bromelia
bromelia tamantanaman.com

Tumbuah perdu jenis bromelia memiliki bentuk daun seperti pucuk buah nanas. Kombinasi warna daun hijau dan merah merupakan keunikan dari tumbuhan ini. Meski bromelia dapat tumbuh hingga 10 meter, tanaman ini masih masuk dalam kelompok perdu.

  • Mirten
bonsai mirten Google Images

Tanaman perdu yang cukup populer salah satunya adalah mirten. Tanaman ini sering dibentuk menjadi bonsai karena memiliki batang yang keras dan ranting kecil memanjang. Pertumbuhan daun mirten cukup cepat, namun perawatannya tetap mudah.

  • Lili Paris
lili paris fispol.com

Seringkali lili paris juga disebut dengan lili siam. Meski namanya lili paris, sebenarnya tumbuhan ini berasal dari Afrika Selatan. Tanaman perdu ini sering digunakan untuk menghiasi rumah dalam bentuk pot gantung serta menjadi tanaman pembatas pagar.

Referensi: berbagai sumber

5.0
02