Pohon Kenari – Taksonomi, Morfologi, Manfaat Kacang Kenari

Salah satu tanaman yang terkenal akan hasil buahnya adalah pohon kenari. Tumbuhan ini menghasilkan buah jenis kacang-kacangan dengan nilai gizi tinggi.

Pohon bernama latin Canarium ovatum adalah tanaman bernilai ekonomi tinggi. Terutama bagian buahnya dan bijinya yang mengandung lemak dan protein tinggi dimanfaatkan untuk bahan makanan.

Menurut penelitian, pohon kenari berasal dari wilayah timur Malenesia dan kini telah tersebar di kawasan sekitarnya. Habitat tumbuhnya meliputi negara-negara dengan iklim tropis dan subtropis.

Tanaman yang berpotensi untuk dibudidayakan ini tidak hanya sebatas untuk diambil buahnya saja, akan tetapi ada manfaat lain seperti untuk kesehatan dan kecantikan.

Taksonomi

Berikut adalah klasifikasi tanama kenari yang jumlahnya lebih dari 100 jenis spesies di dunia.

KindgomPlantae
SubkingdomTracheobionta
SuperdivisiSpermatophyta
DivisiMagnoliophyta
KelasMagnoliopsida
SubkelasRosidae
OrdoSapindales
FamiliBurseraceae
GenusCanarium
SpesiesCanarium ovatum, Canarium indicum L, Canarium vulgare Leenh, Canarium amboinense Hoch, Canarium zeylanicum

Asal

Pohon kenari berasal dari bagian timur wilayah Malesia, yaitu kawasan Indonesia, Papua Nugini, Filipina, hingga perbatasan Australia. Pendapat ini sejalan dengan pernyataan yang menyebutkan bahwa tumbuhan kenari berasal dari Maluku hingga Vanuatu, serta ada pula yang menyatakannya dari Filipina.

tumbuhan kenari Pixabay

Adanya perbedaan pendapat tersebut disebabkan oleh jenis tanaman kenari yang terdiri dari ratusan spesies yang masing-masing tumbuh di daerah tertentu. Misalnya di Indonesia ada dua spesies, yaitu Canarium vulgare dan Canariun indicum, sedangkan dari luar negeri yaitu Canarium ovatum, Canarium harveyi, dan C. Solomonense.

Sebaran

Tumbuhan kenari tersebar mulai dari kawasan Malesia timur yang beriklim tropis seperti Papua, Indonesia, Filipina, Pulau Solomon, dan Vanuatu (kepulauan Pasifik). Karena memiliki nilai ekonomi dan peluang budidaya yang menjanjikan, kemudian tanaman penghasil buah kenari ini menjadi salah satu tanaman budidaya yang dikembangkan.

Beberapa negara di luar habitat asli tumbuhan kenari yang mulai menggalakkan usaha budiday, antara lain Nigeria Selatan, Afrika, Madagaskar, China bagian selatan, dan juga India.

Habitat

Pohon kenari tumbuh di habitat asli yang beriklim tropis dan subtropis. Tanaman ini mampu bertahan hidup dengan baik pada temperatur sekitar 25 hingga 28 derajat Celcius. Bahkan suhu 5 derajat hingga maksimum 32 derajat Celcius masih dapat ditolerir.

Sebagai tanaman tropik, pohon kenari membutuhkan asupan air yang cukup. Tanaman kenari cocok tumbuh di daerah dengan curah hujan sekitar 2.500 hingga 3.500 mm per tahun. Tanaman ini biasanya dibudidayakan di wilayah dataran rendah sampai dataran tinggi dengan ketinggian 0 sampai 600 meter di atas permukaan laut.

Morfologi

Pohon kenari mempunyai struktur batang tegak dan mampu tumbuh mencapai ketinggian 45 meter. Tinggi banri sekitar 3 meter dengan lebar 1,5 meter. Warna batangnya bervariasi mulai dari putih, kelabu, sampai cokelat gelap.

pohon kenari

Di dalam kulit batang kenari tersimpan getah berwarna putih dan bersifat lengket, ketika getah telah terkena udara lingkungan maka akan berubah menjadi kekuningan menyerupai lilin.

Sistem perakaran tanaman kenari adalah akar tunggang. Akar primer dan lateral tumbuh secara cepat pada awal pertumbuhan, sehingga membentuk satu atau lebih akar-akar utama.

Getah yang dihasilkan pohon kenari hanya ada ketika daunnya sudah tumbuh. Hal ini disebabkan ketika musim kemarau tumbuhan kenari berada pada tahap dorman, yaitu tidak memiliki daun ataupun getah. Oleh karena itu, getah kenari baru dihasilkan ketika musim hujan.

Sistem pertulangan daun kenari menyirip dan merupakan jenis daun tunggal majemuk. Daunnya tumbuh secara berpasangan sekitar 4 sampai 5 pasang pada setiap tangkai. Bentuk daunnya agak memanjang dan tekstur permukaan daun kenari licin serta mengkilap.

Bunga kenari merupakan kelompok bunga berkelamin tunggal. Bentuk bunganya malai dengan jumlah kelopak dan mahkota bunga berbilang 5. Pertumbuhan bunga pada pohon kenari hampir sama dengan pohon rambutan, yakni bunganya keluar di ujung-ujung tangkai.

Selain bunga, pohon kenari juga menghasilkan buah dan biji. Buahnya memiliki ruang berjumlah 2 sampai 3 ruang pada satu buah. Setiap ruang berfungsi sebagai tempat tumbuhnya biji dengan jenis apotrop atau epitrop. Jumlah biji pada setiap ruang sekitar 1 sampai 2 biji.

Status Kelangkaan

Berdasarkan data dari IUCN Red List of Threatened Species, pohon kenari termasuk spesies dengan status Vulnerable atau VU. Populasi tumbuhan kenari berada dalam kondisi rentan dan tengah menghadpi ancaman kepunahan di alam.

Manfaat Pohon Kenari

Di Indonesia, pohon kenari umumnya dimanfaatkan untuk bahan makanan. Tetapi ternyata manfaat dan khasiatnya tidak hanya itu saja, masih banyak manfaat lain yang membuat tanaman ini layak untuk ditanam.

biji kenari Pixabay

1. Pohon Peneduh

Pohon kenari adalah salah satu jenis tanaman berkayu yang biasa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai pohon peneduh. Hal itu dikarenakan daunnya yang rimbun dan akarnya tidak merusak bangunan serta jalan disekitarnya. Kenari sering ditanam di pinggir jalan, hutan kota, dan menjadi pohon yang ditanam untuk program penghijauan.

2. Bahan Makanan

Bagian dari pohon kenari yang paling diharapkan adalah buahnya yang berisi biji yang terbungkus cangkang keras. Buahnya berisi daging yang mengandung lemak dan protein tinggi. Daging buah kenari sering dimanfaatkan untuk menghias kue menggantikan almond. Biji kenari juga bermanfaat menggantikan minyak kelapa.

3. Kosmetik

Tumbuhan kenari dapat menghasilkan minyak resin. Minyak ini akan keluar ketika pepagannya diiris. Manfaat utamanya berasal dari aromanya yang sangat harum, sehingga biasa dimanfaatkan untuk produk industri kosmetik.

Minyak resin kenari juga dapat digunakan untuk campuran parfum, sabun pembersih rambut (shampoo), dan bahan untuk membuat dupa. Beberapa industri bahkan menjadikannya sebagai bahan baku pembuatan obat gosok atau balsem untuk gatal-gatal dan juga obat untuk luka.

4. Kesehatan

Dalam bidang kesehatan, tanaman kenari juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya adalah mampu mencegah inflamasi, mengurangi kadar kolesterol, menurunkan risiko terkena diabetes, membantu untuk melancarkan buang air besar, dan berkhasiat terhadap kesehatan reproduksi pria dan wanita.

Terdapat studi yang menyatakan bahwa buah kenari merupakan jenis kacang-kacangan yang paling menyehatkan karena mengandung antioksidan bernama polifenol. Polifenol mampu menghambat oksidasi dari densitas lipoprotein yang lebih rendah atau disebut “kolesterol jahat.”

5. Kayu Pohon Kenari

Kayu dari batang kenari yang berkualitas baik dapat digunakan untuk pembuatan perahu dan dayung. Vernis perahu pun dapat menggunakan cairan resin yang didapat dari batang kenari.