10 Pohon Tertua di Dunia & 1 Pohon di Indonesia

Pohon merupakan saksi bisu sejarah dan peradaban manusia dari zaman ke zaman. Bukan tanpa sebab, karena beberapa pohon memiliki usia yang sangat panjang dan diantaranya dianggap sebagai pohon tertua di bumi.

Pohon adalah salah satu organisme di bumi yang memiliki kemampuan kuat dalam bertahan hidup. Meskipun salah satu bagian dari pohon mati, akan tetapi organisme ini masih mampu untuk berkembang dan bertahan melawan parasit dan bakteri yang menyerangnya.

Pohon Tertua di Dunia

Berikut ini adalah daftar pohon tertua di dunia yang dirangkum dari berbagai sumber.

jomon sugi Wikimedia Commons

1. Pohon Jomon Sugi, Yakushima, Jepang

Pohon-pohon Jomon Sugi ini diyakini telah berusia antara 2.500 hingga 7.000 tahun. Beberapa teori dan berpendapat bahwa umur pohon tertua di Jepang ini telah mencapai sekitar 5.000 tahun. Hal ini didasarkan pada banyaknya lubang dan tonjolan pada pohon ini.

Jomon Sugi memiliki lingkar batang 16,1 meter dan tumbuh tinggi mencapai 30 meter. Demi menjaga kelestariannya, pihak pengelola menyediakan dek kayu untuk melihat pohon ini dari jarak 10 meter. Oleh penduduk lokal, pohon ini memiliki kekuatan spiritual dan dijadikan simbol pulau Yakushima.

Hundred Horse Chestnut albertonrecord.co.za

2. Pohon Hundred Horse Chestnut, Italia

Pohon yang tumbuh di gunung Etna, Italia ini memiliki umur 2.000 hingga 3.000 tahun. Menurut legenda lokal, dahulunya pohon ini digunakan untuk berteduh 100 orang kesatria berkuda ketika terjebak badai.

Jaya Sri Maha Bodhi srimahabodhi.lk

3. Pohon Jaya Sri Maha Bodhi, Sri Lanka

Pohon tertua di Sri Lanka ini terletak di taman Mahamewna. Menurut informasi, pohon ini ditanam pada 288 SM dan saat ini telah berumur lebih dari 2.300 tahun. Cerita rakyat menyebutkan bahwa pohon ini merupakan tempat Budha mendapatkan pencerahan. Untuk tetap menjaga kelestariannya, sejak 2014 pemerintah Sri Lanka melarang pembangunan berjarak 500 meter dari lokasi tumbuhnya pohon.

The President avaxnews.com

4. Pohon The President, Amerika Serikat

Pohon tua ini menjadi saksi bisu sejarah dan telah menjadi kebanggan masyarakat Amerika Serikat. Usia pohon ini telah mencapai 3.200 tahun dan tumbuh di Taman Nasional Sequoia. Pohon yang tumbuh mencapai ketinggian 75 meter dan lebar batang 8,2 meter ini menjadi pohon terbesar kedua di Amerika Serikat.

El-Gran Abuelo Twitter @angefuentealbas

5. Pohon El-Gran Abuelo, Chili

Pohon tertua di Chile yang berasal dari keluarga Patagonien Cypress ini tumbuh di Taman Nasional Costero, Pegunungan Andes. Usianya yang telah mencapai lebih dari 3.600 menjadi aset penting bagi Chile.

Sarv-e Abarkuh FLICKR

6. Pohon Sarv-e Abarkuh, Yazd, Iran

Pohon ini adalah pohon tertua di Asia. Dikabarkan, pohon ini telah tumbuh sejak zaman perunggu dan saat ini telah berusia 4.000 hingga 5.000 tahun. Dengan tinggi mencapai 25 dan lebar 18 meter, pohon ini terlihat rindang dibanding pohon lainnya. Legenda setempat percaya, bahwa pohon ini ditanam oleh penganut Zoroaster pada 2000 SM.

Llangernyw Yew Wikimedia Commons

7. Pohon Llangernyw Yew, North Wales

Pohon ini telah berusia 4.000 hingga 5.000 tahun. Akan tetapi, menurut laporan terbaru akar pohon tertua di Wales ini telah hilang dan hanya meninggalkan cabang-cabang besar. Pohon ini berada di pekarangan gereja dan menurut cerita lokal menjadi tempat roh kuno bernama “Angelystor”.

Mathuselah reddit

8. Pohon Mathuselah, California, USA

Pohon yang berada di Hutan Nasional Inyo ini diduga telah berumur lebih dari 4.800 tahun. Nama pohon ini diambil dari tokoh Al Kitab bernama Methusalah yang merupakan anak dari Henoch dan kakek Nuh.

the sisters olive tree of noah glamroz.com

9. Pohon The Sisters, Lebanon

Meski pohon yang menjadi simbol negara Lebanon adalah pohon cedar, namun di negara ini kita juga dapat menemukan pohon tertua di dunia. Pohon zaitun yang berjumlah 16 ini dikenal dengan nama “the sisters olive tree of noah”. Usianya diperkirakan telah mencapai 5.000 hingga 6.000 tahun.

Old Tjikko visitdalarna.com

10. Pohon Old Tjikko, Swedia

Pohon ini dianggap sebagai pohon tertua di dunia yang umurnya telah mencapai 9.500 tahun. Para peneliti menemukan pohon ini pada 2004 di semak-semak hutan pegunungan Swedia pada ketinggian 910 mdpl. Meski tinggi pohon ini hanya 4 meter, namun berdasarkan penelitian akar pohon, ternyata pohon Old Tjikko dinobatkan menjadi pohon tertua saat ini.

Pohon Tertua di Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan kekayaan flora dan fauna yang melimpah. Salah satunya adalah dengan ditemukannya pohon ulin tertua dan terbesar di Kalimantan Timur.

pohon ulin FLICKR

Pohon ulin dengan diameter 2,47 meter dan tinggi 20 meter tersebut diperkirakan telah berusia lebih dari 1.000 tahun dan tetap berdiri kokoh. Pohon ini pertama kali ditemukan di kedalaman hutan Kalimantan Timur pada tahun 1993 ketika Sarjo (penjaga hutan kawasan Taman Nasional Kutai) menemani peneliti asal Jepang, Putunaka Watanabe dari Kyoto University.

Pernyataan ini diperkuat oleh Prof. Nengah Wirawan dari Universitas Hasanudin yang menyatakan bahwa pohon ulin ini merupakan spesies ulin tertua di dunia dan secara umum menjadi pohon tertua di Indonesia.

Ironisnya, kunjungan wisatawan untuk melihat keajaiban alam ini didominasi oleh wisatawan mancanegara, seperti Jepang, Inggris, Hungaria, Jerman, Kanada sampai Amerika Serikat.