Pulau Cipir – Paduan Sejarah dan Keindahan Alam

Berwisata ke Pulau Cipir – Liburan ke tempat yang asri memang menjadi pilihan tepat untuk mengisi waktu liburan. Setelah sibuk dengan rutinitas pekerjaan yang membuat pusing kepala, maka liburan adalah obat alaminya.

Bagi yang masih bingung perihal tempat wisata mana yang akan dikunjungi, informasi berikut dapat menjadi pertimbangan terutama bagi warga Jakarta yang ingin berekreasi.

Wisata ke Pulau Cipir

Bagi masyarakat Jakarta mungkin sudah bosan dengan suasana macet, polusi udara yang kian membahayakan, serta lokasi liburan yang itu-itu saja. Namun ada tempat yang dapat menjadi alternatif wisata, yaitu Pulau Cipir, salah satu pulau yang ada di kawasan Kepulauan Seribu.

pulau cipir backpackerjakarta.com

Lokasi ini dapat menjadi pilihan masyarakat Jakarta untuk menikmati liburan yang lebih menyenangkan. Wisata alam selalu memberikan kesan istimewa bagi wisatawan. Pemandangan alam yang indah dapat dinikmati dan me-refresh diri.

Pulau Cipir memiliki panorama yang cukup indah. Bentangan alamnya membuat siapapun akan terkesima. Biasanya, tempat ini juga digunakan sebagai lokasi fotografi oleh orang-orang kreatif.

Liburan ke pulau ini akan lebih seru jika mengajak sanak keluarga, pasangan ataupun teman-teman. Tempat wisata ini benar-benar dapat menjadi tempat untuk bersantai menikmati waktu liburan. Seperti tempat wisata lainnya, pulau Cipir banyak dikunjungi oleh wisatawan pada akhir pekan atau pada musim liburan.

Disini, warga Jakarta tak perlu jauh-jauh ke Bali untuk menikmati pemandangan laut yang indah. Selain menghemat biaya, perbandingan waktu perjalanan juga akan lebih singkat.

Bagaimana, apakah tertarik untuk liburan ke Pulau Cipir ?

Sejarah di Pulau Cipir

Kepulauan Seribu merupakan daerah yang memiliki banyak peninggalan-peninggalan, tak terkecuali di pulau Cipir. Di pulau ini terdapat warisan kolonian berupa beberapa meriam, reruntuhan bangunan kuno yang bentuknya tidak beraturan lagi.

taman arkeologi onrust serempak.id

Tak jarang kesan mengerikan kerap dirasakan, apalagi rimbunnya pepohonan rindang yang membuat suasana menjadi semakin gelap.

Selain itu, tempat ini juga pernah menjadi persinggahan para jemaah haji baik yang akan berangkat ataupun pulang. Jemaah yang sakit banyak dirawat dibangunan yang kini telah runtuh dan rusak.

Terdapat fakta mengerikan tentang jamaah haji yang mendapat perlakukan buruk oleh pemerintah kolonial, seperti disuntik mati karena terjangkit penyakit tertentu.

Rute Menuju Lokasi

Pemilihan jalur menuju lokasi biasanya menjadi salah satu kendala wisatawan saat liburan. Hal itu terjadi karena kebanyakan orang belum mengetahui rute terbaik agar cepat sampai.

Jika kita ingin berkunjung ke Pulau Cipir, dapat dimulai dengan menaiki busway kemudian turun di halte Rawabuaya. Perjalanan menggunakan busway akan lebih cepat dibanding jika membawa mobil sendiri. Selanjutnya, kita bisa menyewa mobil plat hitam untuk menuju lokasi wisata.

Wisatawan kemudian diturunkan di Dermaga Muara Kamal dengan ongkos mobil sekitar 8.000 rupiah hingga 9.000 rupiah Setelah itu, perjalanan dapat dilanjutkan menggunakan perahu dari dermaga ke Pulau Cipir, perjalanan ini memakan waktu sekitar 20 sampai 25 menit.

Keindahan Alam di Pulau Cipir

Terlepas dari Sejarah yang bisa dibilang cukup mengerikan, pulai ini memiliki daya tarik untuk liburan, terutama bagi masyarakat Jakarta. Lokasinya yang mudah dijangkau menjadi salah satu alasan bagi warga yang mencari liburan singkat dan dan hemat.

Tempat ini juga menjadi surga bagi pecinta fotografi karena banyak lokasi di pulau Cipir yang bisa dijadikan sebagai latar untuk berfoto.

Demikian informasi mengenai wisata Pulau Cipir, bagi yang masih bingung akan berlibur kemana, tempat ini bisa menjadi pilihan.