Tidak bisa dipungkiri jika keindahan alam di Indonesia memang begitu mempesona. Mulai dari Sabang hingga Merauke, masing-masing pulau di Indonesia memiliki keindahannya masing-masing. Salah satunya yang cukup memikat hati adalah pulau Derawan, yang terletak di Kalimantan Timur.

Konon katanya, pulau ini merupakan surga tersembunyi yang mempunyai daya tarik tersendiri. Pesona terumbu karang yang cantik dan alami, dengan hamparan pasir putih yang bersih serta air lautnya yang jernih berwarna biru benar-benar memanjakan mata.

Rasanya pulau ini tak pernah sepi wisatawan, baik dari lokal hingga internasional banyak yang tertarik melihat bagaimana keindahan dan keelokan pemandangan bawah laut yang ada di Pulau Derawan. Jika tertarik dengan keindahan Pulau Derawan, berikut ini penjelasan lengkap mengenai Kepulauan Derawan.

Mengenal Pulau Derawan

Lokasinya di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau wisata ini menjadi salah satu potensi wisata terbaik yang ada di Kalimantan Timur.

Awalnya desa ini merupakan desa administratif, namun berubah konsep menjadi sebuah desa wisata. Sehingga menuntut warga desa setempat untuk selalu menjaga kebersihan. Terjaganya kelestarian dan kebersihan alamnya, tentunya membuat Pulau Derawan nampak sangat alami.

Pada tahun 2005, pemerintah telah mendaftarkan kawasan wisata ini sebagai salah satu warisan dunia UNESCO dikarenakan keindahan pemandangan lautnya. Kawasan ini juga sering disebut sebagai Pristine Island, yaitu tempat yang masih terjaga keasriannya sehingga membuat banyak wisatawan yang berdatangan dan mengunjungi tempat ini.

Akses Menuju Pulau Derawan

Untuk bisa menuju pulau alami nan eksotis ini, kita tak perlu khawatir dengan masalah transportasi. Pulau cantik ini dapat diakses dengan mudah melalui jalur udara, darat, dan laut. Jadi kita bisa sesuaikan perjalanan sesuai dengan budget yang dimiliki.

Jalur Darat

Untuk jalur darat, mungkin ini khusus digunakan bagi wisatawan lokal yang bertempat tinggal di Pulau Kalimantan. Biasanya mereka akan lebih memilih menggunakan bus maupun mobil travel. Ataupun kita juga bisa menggunakan jalur ini setelah sampai di Kalimantan Timur dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Pulau Derawan. Perjalanan bisa dimulai dari kota Palangkaraya-Banjarmasin-Balikpapan-Samarinda-Tanjung Radeb-Tanjung Batu, dan tibalah di Pulau Derawan.

Jalur Udara

Bagi wisatawan yang berasal dari luar Pulau Kalimantan maupun luar Indonesia, tentunya akan sangat mudah untuk menggunakan jalur udara dan tiba di Pulau Derawan. Setelah mendarat di Balikpapan dengan menaiki pesawat terbang, lanjutkan perjalanan melalui Berau/Tarakan dan kemudian menyeberang ke pulau tujuan dengan menggunakan Speed Boat.

pulau derawan hariliburnasional.com

Keistimewaan Pulau Derawan

Seperti penjelasan sebelumnya, Pulau Derawan merupakan salah satu pulau yang berada dalam Kepulauan Derawan. Termasuk pula, pulau-pulau wisata lainnya seperti Pulau Kakaban dan Pulau Maratua. Meskipun begitu, pulau Derawan tak kalah indah dan menariknya dibandingkan 2 pulau lainnya. Ada banyak keistimewaan yang ada di Pulau Derawan yang menarik banyak wisatawan untuk berkunjung.

Taman Laut Kelas Dunia

Di bawah laut Kepulauan Derawan memiliki hingga 870 jenis ikan mulai dari ikan yang kecil hingga ikan yang besar seperti pari manta raksasa serta 460 jenis karang-karangan. Jadi, bisa dibayangkan sendiri bagaimana pemandangan laut yang ada di Pulau Derawan, tak hanya dapat membuat takjub namun juga membuat kita betah berlama-lama di pulau tersebut.

baca juga:  Taman Nasional Gunung Rinjani - Kondisi Alam, Flora & Fauna, Destinasi Wisata

Bahkan, wisatawan bisa dengan mudahnya menemukan sekelompok ikan pari manta yang berlalu lalang setiap harinya. Uniknya lagi, kita bisa berinteraksi sambil memberi makan ikan-ikan tersebut sembari berenang ataupun hanya melihat dari atas kapal saja.

Pulaunya Tidak Terlalu Luas, Sehingga Wisatawan Bisa Berkeliling

Tak hanya menikmati keindahan bawah lautnya saja, kita juga bisa mencoba berkeliling sambil melihat pemandangan alam yang ada di Pulau wisata ini. Pulau derawan memiliki pantai-pantai cantik yang masih perawan serta pasir putih yang bersih.

Karena pulau ini tak begitu luas, kita bisa berkeliling sembari menyaksikan alam Derawan yang masih alami. Sembari duduk santai di pinggir pantai, kita juga bisa bercengkrama bersama warga Suku Bajau yang ramah.

Wahana Air Menarik

Tak hanya dihiasi dengan keindahan bawah lautnya yang cantik, fasilitas yang ada di Derawan juga sangat lengkap. Mulai dari restoran, kafe, bahkan hingga wahana air yang seru dan menyenangkan. Disini kita bisa mencoba menaiki kano, banana boat, perahu layar, serta permainan air lainnya. tentunya ini akan semakin membuat kita puas menikmati liburan di Derawan.

Penginapan Eksklusif Dengan Pemandangan Langsung Ke Laut

Hal lainnya yang menarik dari pulau Derawan adalah berbagai penginapan yang ada di kawasan ini. Disini kita bisa bermalam di penginapan yang lokasinya berada di tengah lautan, jadi bisa dibayangkan sendiri betapa indahnya pemandangan yang bisa dilihat langsung dari jendela kamar.

Kebanyakan penginapan yang ada di pulau ini mempunyai konsep eksklusif, jauh dari keramaian dengan pemandangan laut lepas di sekitarnya. Harga yang ditawarkan juga bervariatif, mulai dari Rp 150.000 saja, kita bisa mendapatkan penginapan dengan fasilitas cukup lengkap.

Jika ingin lebih mewah, bisa merogoh kocek lebih dalam mulai dari Rp 700.000. namun jika anda ingin penginapan dengan budget yang lebih murah, sudah banyak homestay dengan fasilitas pendukung yang cukup dan dengan harga yang murah.

Ada beberapa penginapan favorit yang biasanya sering dikunjungi di Derawan yaitu Derawan Dive Resort, Sari Cottage Derawan, Fishiries Eco Villa, Derawan Dive Lodge, dan masih banyak lainnya.

Kuliner Menarik Yang Tidak Boleh Terlewatkan

Tak hanya istimewa pada pemandangannya saja, pulau Derawan juga sangat istimewa untuk masalah kuliner. Sebagai pulau dengan potensi lautnya yang besar, pulau ini memiliki kuliner khas yang pastinya berkaitan dengan laut.

Mulai dari kima-kima, tehe-tehe, dan Elai merupakan salah satu kuliner yang cukup terkenal dari Derawan. Kima-kima adalah kuliner khas yang terbuat dengan bahan dasar kerang laut dan kemudian diolah seperti ikan asin kering. Harganya cukup mahal namun mudah ditemukan di lapak-lapak warga sekitar.

Sedangkan tehe-tehe adalah kuliner yang dibungkus menggunakan cangkang landak laut. Isi di dalamnya merupakan beras ketan yang dicampurkan santan kemudian ditutup menggunakan daun pandan. Setelah itu, dimasak sekitar 1 jam hingga matang. Rasa dari kuliner ini mirip seperti ketupat namun dikemas dalam cangkang landak laut.

Kemudian Elai adalah buah-buahan khas dari pulau Derawan yang mirip seperti buah durian. Daging buah ini berwarna oranye kekuningan. Namun jika sedang mencari camilan yang enak dan manis di Pulau ini, kita bisa mencoba sarang semut atau warga setempat lebih sering menyebutnya sebagai “kue jah”. Kuliner ini memang cukup terkenal di Indonesia bagian timur. Camilan ini menggunakan campuran gula merah dan adonan yang seperti bihun, kemudian dibentuk hingga menyerupai silinder.

Aktivitas Menarik Di Pulau Derawan

Jika sudah merencanakan untuk bepergian ke wisata pulau Derawan, maka jangan lupa untuk me-list kegiatan apa saja yang bisa dilakukan disini. Berikut ini beberapa aktivitas yang direkomendasikan saat berada di kawasan wisata Derawan.

baca juga:  Gili Trawangan - Keindahan Pulau Cantik Nan Eksotis di Lombok Utara
labuan cermin indonesiajuara.asia

Snorkeling dan Diving

Rasanya, dua aktivitas ini merupakan hal yang wajib untuk kita lakukan saat mengunjungi wisata Derawan. Bagaimana tidak? Pemandangan bawah laut yang ada di tempat ini begitu mengagumkan dan sangat sayang untuk dilewatkan. Ada banyak terumbu karang cantik dan biota laut lainnya yang menghiasi surga bawah laut Derawan ini.

Jika berencana untuk snorkeling dan diving, Derawan memiliki beberapa spot menyelam terbaik. Seperti Old Piezk, spot ini diperuntukkan jika wisatawan ingin melihat bagaimana kehidupan ikan-ikan di dasar laut yang unik dan cantik.

Namun jika ingin melihat lebih dekat tentang karang/terumbu karang, maka spot Coral Garden adalah yang direkomendasikan. Bagi penyuka kegiatan ekstrem, kungkung spot Shark Point untuk melihat ikan hiu dari dekat. Selain itu, masih banyak spot menyelam lainnya yang bisa kita kunjungi seperti Tuturuga Point dan Blue Triggel Wall.

Melihat Konservasi Penyu

Pulau ini merupakan salah satu tempat yang menjadi persinggahan bagi para penyu. Ada banyak penyu yang berdatangan ke tempat ini untuk bertelur. Jadi, untuk melestarikan kehidupan penyu dan menurunkan resiko dari kepunahan, warga setempat membangun sebuah konservasi penyu sehingga kelestariannya dapat terjaga.

Kita bisa berkunjung ke tempat konservasi penyu ini sembari melihat bagaimana kehidupan bayi-bayi penyu yang dibudidaya. Tak hanya itu saja, warga setempat juga membuat tempat budidaya tambak ikan dan menjadikannya sebagai pekerjaan. Sehingga warga tidak menangkap ikan-ikan yang ada di laut lepas.

Tentunya ini akan memberikan banyak keuntungan, di sisi lain warga tetap mendapatkan pekerjaan dan uang dan di sisi lainnya ekosistem terumbu karang tetap terjaga dan tidak rusak akibat penangkapan ikan secara liar.

Mengunjungi Pulau Lainnya

Tak hanya Derawan, masih ada beberapa pulau lainnya yang cantik dan menarik di Kepulauan Derawan. Seperti Pulau Kakaban, Pulau Maratua, dan Pulau Sangalaki, sangat sayang untuk melewatkan tidak mengunjungi pulau-pulau ini.

Untuk dapat pergi dan mengunjungi pulau-pulau tersebut, kita bisa menyewa speed boat yang banyak ditawarkan di sekitaran pinggiran pantai di Pulau Derawan. Speed Boat ini berkapasitas 3-4 orang dan disewakan dengan tarif mulai dari Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000.

Jika ingin menggunakan speed boat yang lebih besar dengan kapasitas 6-12 orang, maka tarif nya bisa mulai dari Rp 8.000.000 sampai Rp 10.000.000. Jadi akan lebih baik jika kita berlibur beramai-ramai dengan keluarga atau teman di Derawan.  

Menikmati Sunset dan Sunrise Derawan

Tak hanya Bali atau Lombok saja yang memiliki pantai-pantai dengan pemandangan sunrise dan sunset yang mempesona. Kita juga bisa menikmati keindahan pemandangan matahari terbit dan terbenam disini.

Pantai-Pantai di Pulau Derawan akan menghadirkan pemandangan sunset dan sunrise yang tak akan terlupakan. Kita bisa duduk di pinggiran pantai sambil menunggu waktu untuk melihat matahari terbit atau terbenam.

Objek Wisata Menarik di Sekitar Pulau Derawan

Sama seperti Derawan, pulau-pulau yang ada di sekitarnya juga memiliki banyak tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi. Tentunya, masing-masing pulau memiliki objek wisata menarik. Berikut ini daftar objek wisata menarik yang berada di sekitaran Pulau Derawan.

wisata pulau derawan pulauderawan.co.id

Danau Ubur-Ubur

Pernahkah mencoba berenang bersama ubur-ubur? Jika belum, maka kita bisa berkunjung ke Danau Ubur-Ubur yang ada di Pulau Kakaban. Tak perlu khawatir dengan keamanannya karena ubur-ubur yang ada disini tidak berbahaya.

Tempat wisata ini adalah salah satu dari 3 tempat habitat ubur-ubur yang tidak menyengat. Jumlah ubur-ubur yang menempati danau ini sekitar ribuan bahkan lebih.

baca juga:  Rammang-Rammang - Destinasi Wisata Pegunungan Karst

Pulau Kakaban memiliki luas sekitar 774,2 hektar dan menariknya pulau ini adalah satu-satunya di Indonesia dimana terdapat pulau dengan danau di bagian tengahnya. Benar-benar pemandangan unik dan langka yang cuma bisa kita temukan di Pulau Kakaban.

Blue Light Cave

Masih di Pulau Kakaban, jika mencari wisata yang ekstrim namun memberikan pengalaman yang luar biasa, maka cobalah untuk mengunjungi Blue Light Cave. Lokasinya tidak begitu jauh dari bibir pantai di Pulau Kakaban.

Namun jangan berharap jika pintu masuknya merupakan sebuah gapura yang bagus dan bertuliskan “Selamat Datang”. Sebab, pintu masuk yang dimaksudadalah berbentuk bibir goa yang berada di permukaan air laut. Seru bukan?

Pulau Sangalaki

Salah satu pulau tereksotis yang ada di Berau ini memiliki hamparan pasir putih serta spot diving terbaik. Rasanya tempat ini wajib untuk kita kunjungi saat berada di Derawan. Luasnya sekitar 15 hektar dan sering dijadikan salah satu tempat persinggahan dari para penyu.

Berada di Pulau Sangalaki, kita bisa melihat pemandangan yang sempurna dari pantai serta biru nya laut dengan keanekaragaman hayati yang tersimpan di dalamnya. Apalagi saat senja tiba, suasana pantai ini akan terasa begitu romantis.

Manta Ray Point

Ingin berenang bersana puluhan ikan Manta Ray, datanglah ke Spot Manta Point. Lokasinya tak begitu jauh dari Pulau Sangalaki dan menjadi salah satu spot snorkeling terbaik bagi para traveller yang sedang berlibur di Derawan.

Bukan dikarenakan keindahan bawah lautnya, namun karena kehadiran ikan Manta Ray yang sedang mencari makan. Pada waktu-waktu tertentu, biasanya dari siang hingga sore hari akan banyak ikan Manta Ray yang sedang berburu plankton-plankton kecil.

Danau Labuan Cermin

Dinamakan cermin karena danau ini memiliki air yang begitu jernih, bahkan kita bisa melihat bagaimana dasar danau. Lokasi Danau Labuan Cermin sedikit jauh dari pulau Derawan, sekitar 7 jam perjalanan jika melalui Tanjung Redeb. Biasanya para traveller bermain di danau Labuan Cermin ini setelah mengunjungi Derawan terlebih dahulu.

Goa Haji Mangku

Sebenarnya, jika tempat ini disebut sebagai Goa rasanya kurang pas, dikarenakan posisinya vertikal dengan kondisi air menggenang di dalamnya. Namun jika disebut sebagai danau, ukurannya juga tidak sebesar danau-danau pada umumnya.

Untuk menuju Goa Haji Mangku ini, dapat kita tempuh dengan berjalan kaki kurang lebih 7 jam ataupun menggunakan speedboat yang hanya sekitar 15-20 ment saja. Akan tetapi, jika ingin menggunakan speedboat juga butuh waktu yang tepat.

Hal ini karena kita harus menunggu air pasang terlebih dahulu, sehingga nantinya speedboat bisa parkir dan tidak begitu jauh dari pintu gua. Di dalam gua ini, kita bisa menemukan genangan air yang berwarna biru cantik. Ingin memacu adrenalin? Kita bisa melompat di Goa Haji Mangku dan terjun ke dasar danau.

Nah, itu tadi panduan bagi yang ingin berlibur ke Pulau Derawan. Rasanya Derawan ini bisa kita jadikan sebagai salah satu alternatif wisata terbaik yang bisa dikunjungi bersama keluarga atau teman saat liburan tiba. Jika berencana pergi ke Derawan, sebaiknya rencanakan sedari dini sehingga liburan yang kita impikan bisa lancar dan pastinya menyenangkan.

Referensi: https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/menyelami-surga-bawah-laut-kepulauan-derawan | https://kumparan.com/tamasyeah/12-wisata-di-derawan-yang-membuat-derawan-beda-dari-destinasi-lain | https://phinemo.com/panduan-lengkap-wisata-pulau-derawan/ | http://bangmamadi.blogspot.com/2017/04/11-tempat-wisata-di-kepulauan-derawan.html | berbagai sumber

5.0
01