Pulau Kanawa – Wisata Petualangan Dekat Labuan Bajo

Pulau Kanawa adalah obyek wisata alam dengan kondisi lingkungan asri dan terjaga. Kawasan perairannya memiliki air laut yang jernih, serta satwa laut beragam dan aneka warna.

Obyek wisata alam Pulau Kanawa berada dekat dengan Labuan Bajo, sehingga juga dekat dengan beberapa obyek lain, seperti Pantai Sembilan dan Taka Makassar. Banyak wisatawan lokal maupun asing yang berkunjung ke pulau cantik ini.

Nah, mau tahu bagaimana keindahan Pulau Kanawa? Baca artikel sampai habis ya!

pulau kanawa labuan bajo superadventure.co.id

Dari Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Pulau Kanawa berjarak sekitar 15 km. Biasanya penyedia paket wisata menjadikannya dalam satu paket. Disini kalian bisa berlibur, berpetualang dan melakukan berbagai kegiatan seru.

Contohnya adalah aktivitas saat air laut surut, maka kita bisa melihat berbagai biota laut muncul. Misalnya bintang laut, kelomang, kepiting dan sebagainya terjebak di tepi pantai.

Bagi yang ingin menikmati perairannya yang mempesona, kita bisa mencoba diving dan snorkeling. Dengan begitu kita bisa melihat aneka warna terumbu karang dan ikan-ikan yang menghuni lautan sekitar. Bahkan kita juga bisa bertemu dengan Kuda Laut, Mola-Mola, Hius Paus, Parrot Fish, dan Manta Ray.

Aktivitas fotografi dapat dilakukan di bawah air. Tentunya akan menghasilkan gambar-gambar yang memukau bukan?

Sebelum dikelola oleh warga setempat, pulau seluas 32 hektar ini sempat dikelola secara pribadi oleh sesesorang berkewarganegaraan Italia. Untuk saat ini, pengunjung yang hendak masuk ke kawasan pulai ini akan dikenakan biaya Rp 50.000

Letak Pulau Kanawa yang dekat dengan berbagai lokasi wisata lain memberikan kita pilihan wisata alam sekitarnya. Misalnya dengan berkunjung ke Labuan Bajo, Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Sebagai informasi, Kanawa juga menjadi pulau sebagai pintu masuk ke Taman Nasional Komodo loh!

pulau kanawa mardiaheyyy.com

Di kawasan wisata Pulau Kanawa tersedia fasilitas bungalow yang bisa kita manfaatkan untuk beristirahat. Penginapan ini terhubung dengan dermaga kayu yang juga berfungsi sebagai tempat berlabuhnya perahu. Selain itu kita juga bisa bersantai di hammock yang telah dipasang di bawah pepohonan rindang.

Tidak jauh dari pantai ada pula bukit yang tak terlalu tinggi. Bukit ini berada di tengah pulau yang dihuni berbagai spesies burung cantik. Rerumputan setinggi 15 cm adalah vegetasi dominan di bukit ini. Puncak bukit juga menjadi lokasi favorit para wisatawan untuk menikmati sunset, sunrise serta memandang cahaya bintang di gelap malam.

Oke, buat yang ingin berlibur ke pulau ini sebaiknya siapkan jadwal dan pesan tempat dulu ya! Selamat berwisata!