Pulau Manimbora – Pulau Atol Bikini Bottom Ada di Indonesia

Are you ready kids? Aye-aye captain. I can’t hear you… Aye-aye captain! Ohhhhhh! Who lives in a pineapple under the sea? SpongeBob SquarePants!

Kutipan diatas pasti tidak asing bagi kita, sepertinya mulai usia anak-anak hingga dewasa tahu bahwa kalimat tersebut adalah opening serial kartun anak-anak “Spongebob Squarepants”. Nah, kali ini kita akan membahas salah satu pulau di Indonesia yang disebut-sebut mirip dengan pulau yang tepat beradai diatas Bikini Bottom!, yaitu Pulau Manimbora.

Pulau ini berada di wilayah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Ukurannya tidak terlalu luas, bahkan kita bisa mengelilinginya dengan berjalan kaki kurang dari 30 menit. Pulau ini juga tidak dihuni oleh warga, sehingga suasana tenang dan sunyi akan kita dapatkan ketika menginjakkan kaki diatasnya.

wisata pulau manimbora phinemo.com

Pulau kecil ini ditumbuhi oleh beberapa pohon kelapa yang cukup tinggi. Seluruh pasir di Pulau Manimbora adalah pasir putih yang sangat lembut. Bahkan ketika air laut surut, kita bisa melihat hamparan pasir putih memanjang menuju tengah laut dengan laguna di tepinya. Hamparan pasir yang muncul dari bawah air laut ini menjadi spot favorit untuk berfoto.

Tidak hanya pemandangan diatas permukaan saja yang bisa membuat kita terpukau, kita juga bisa berenang di pantai Pulau Manimbora karena ombaknya tenang dan tidak berbahaya. Air sangat jernih sehingga kita bisa melihat dasar perairan yang dihiasi ikan-ikan.

pulau spongebob indonesia piknikdong.com

Namun ada hal yang mungkin bisa membaut merinding, yaitu adanya tengkorak-tengkorak miliki Suku Bajo yang menggunakan pulau ini sebagai pemakaman. Jika kita beruntung, kita bisa melihat acara ritual sesajen yang dilakukan oleh warga lokal.

Meski tidak dihuni, bukan berarti kita bisa bermalam dan mendirikan tenda di pulai ini, karena hal tersebut dilarang. Selain karena tidak ada penghuninya, tentu menginap di pulau yang dijadikan pemakaman bukan hal yang baik.

Letak Pulau Manimbora masih berdekatan dengan Pulau Derawan, yakni akan dilewati sepulang dari Pulau Derawan atau ketika menuju ke Labuan Cermin.

Jadi kapan akan berkunjung ke Pulau Atol Bikini Bottom ini?