Pantai Pulau Merah, Magnet Wisata Banyuwangi

Pulau Merah Banyuwangi – Tak ada habisnya jika kita membahas destinasi wisata yang ada di Indonesia. Tiap-tiap daerah pasti memiliki tempat wisata yang menjadi ciri khas utama.

Di bagian timur pulau Jawa terdapat daerah bernama Banyuwangi yang dikenal memiliki banyak tempat wisata. Tidak ada yang ragu bila Banyuwangi memiliki keindahan alam yang begitu menawan.

Lokasinya yang berada di wilayah pesisir dan dekat dengan lautan membuat sebagian daerahnya berbentuk pulau-pulau. Terdapat salah satu pulau unik yang dikenal oleh masyarakat Banyuwangi, yaitu Pulau Merah.

Pulau ini kerap menjadi pilihan para traveler maupun backpacker untuk mengisi waktu liburnya. Lokasinya juga bisa menjadi salah satu alternatif dari tempat-tempat wisata ke pulau seberang, yakni Bali.

Tidak hanya wisatawan dari luar daerah, masyarakat Banyuwangi juga banyak menghabiskan waktu liburannya dengan berlibur ke Pulau Merah.

pulau merah Wikipedia Commons

Seperti pulau di lautan pada umumnya, Pulau Merah memiliki daya tarik akan panorama lautnya. Secara geografis pulau ini berada di kabupaten Banyuwangi bagian selatan. Penamaan pulau ini mengacu pada sebuah bukit kecil yang tingginya sekitar 200 meter dan menjadi ikon wisata disini.

Bukit ini memiliki struktur dan tekstur tanah berwarna merah, maka dari itu pulau ini disebut sebagai Pulau Merah. Wisatawan diperbolehkan datang untuk mengunjungi bukit ini, namun harus menunggu ketika air laut sedang surut. Ketika air pasang bukit ini terlihat seperti pulau kecil.

Pulau berwarna merah ini identik dengan agama Hindu, hal itu bisa dilihat dengan adanya sebuah pura yang merupakan tempat untuk upacara keagamaan umat Hindu. Keindahan pulau ini bisa dilihat dari pantai yang memiliki pasir putih bersih, sepanjang mata memandang ke selatan arah laut akan terlihat samudera Hindia yang begitu luas.

Berlibur ke Pulau Merah, Banyuwangi

Sama seperti saat liburan ke sebuah pulau, permainan air menjadi pilihan yang menarik. Ketika berkunjung ke Pulau Merah ada berbagai permainan yang bisa kita lakukan, antara lain:

pantai pulau merah yukbanyuwangi.co.id
  • Berselancar

Salah satu permainan yang cukup menarik untuk dilakukan di kawasan pantai ialah berselancar. Ombak yang ada di sekitar pulau ini cocok untuk kegiatan olahraga air ini.

Bagi pemula juga cukup aman karena ombaknya rata-rata hanya 2-4 meter. Terdapat mentor berselancar yang bisa mengajari ketika ingin mencoba kegiatan ini. Untuk aktivitas berselancar, wisatawan umumnya dikenakan tarif sebesar 50 ribu rupiah.

  • Snorkeling

Keindahan bawah laut yang terdapat di sekitar pulau ini juga tak kalah menawan dibanding di tempat lain. Setiap wisatawan akan terkesima ketika melihat indahnya terumbu karang dan juga hewan laut yang hidup laut. Kedalaman lautnya juga tidak terlalu dalam, sehingga aman untuk melakukan snorkeling.

  • Bersantai di Pantai

Jika wisatawan ingin bersantai di area pantai Pulau Merah, wisatawan dapat menyewa kursi pantai. Untuk menyewa kursi ini, wisatawan harus mengeluarkan biaya sebesar 25 ribu rupiah untuk 1 jam. Meski terbilang mahal, namun akan sebanding dengan pengalaman yang tak bisa ditemukan diperkotaan.

Rute dan Harga Tiket

Bagi yang ingin liburan ke Pulau Merah Banyuwangi, pengunjung harus melalui perjalanan sekitar 60 kilometer dari pusat kota Banyuwangi. Untuk sampai lebih cepat dan akurat, kita bisa memanfaatkan teknologi yang ada, yakni dengan aplikasi Google Maps.

Sementara untuk memasuki lokasi wisata Pulau Merah, wisatawan harus membayar Rp 8.000 per orangnya. Untuk biaya parkir dikenakan tarif Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk sepeda motor.

Wisatawan juga dapat menyewa penginapan yang harganya bervariasi. Hal ini bisa dilakukan jika pengunjung ingin lebih lama menikmati pemandangan indah yang ada di Pulau merah. Tak jadi masalah harus mengeluarkan beberapa ratus ribu lagi untuk menyewa penginapan, karena hal itu sepadan dengan pengalaman menyerukan akan didapatkan.