Pulau Sangalaki – Berjumpa Ikan Pari Manta dan Penyu Hijau

Jika ada yang tanya “wisata bahari mana yang paling indah di Kalimantan Timur?” Pasti kita sepakat bahwa Pulau Derawan adalah jawabannya. Eitss! Tapi tunggu dulu, sebenarnya tak hanya itu. Sebab ada lagi kawasan obyek wisata alam yang tak kalah cantik, yaitu Pulau Sangalaki.

Pulau Sangalaki masih berada di wilayah Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Luasnya sekitar 15,9 hektar dan menjadi bagian dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Timur. Oleh sebab itu, hanya ada satu bangunan yang ada di pulau ini, yakni milik balai konservasi.

Bentuk dataran pantai ini datar dan mempunyai laguna dangkal berdasar pasir yang ditumbuhi karang serta lamun. Perairan Pulau Sangalaki mempunyai banyak sekali titik diving yang menyuguhkan pemandangan bawah laut menakjubkan.

Pulau Sangalaki tagar.id

Setidaknya ada 11 titik penyelaman, yaitu Coral Gardens, Sherwood Forest, Eel Ridge, Channel Entrance, Manta Run, Manta Avenue, Manta Parade, The Rockies, Lighthouse, Sandy Ridge, dan Turtle Town.

Dari deretan titik selam tersebut, beberapa yang paling populer diantara yang memiliki nama “manta”. Bukan tanpa alasan, karena di titik itu kita dapat bertemu dengan gerombolan ikan Pari Mantai yang berjumlah puluhan hingga ratusan ekor.

Keberadaan Ikan Pari Manta di perairan Pulau Sangakali disebabkan oleh kekayaan plankton yang menjadi makanan utama ikan ini. Gerombolan Ikan Pari Manta akan nampak indah ketika malam hari saat cahaya bulan bersinar. Sungguh sangat menakjubkan!

Tak hanya ikan pari, disini kita juga bisa bertemu dengan penyu hijau dari kawasan Asia Tenggara menuju pesisir pulau untuk bertelur. Tak main-main, setiap tahunnya pulai ini didatangai sekitar 3.700 ekor penyu!

Maka dari itu di Pulau Sangalaki terdapat penangkaran tukik atau anak penyu. Anakan penyu tersebut akan dirawat hingga besar untuk kemudian dilepaskan ke lautan lepas.

ikan pari manta mongabay.co.id

Jika kamu bermaksud datang ke pulau ini dan berjumpa dengan ikan Pari Manta, sebaiknya jadwalkan liburanmu dan datang pada bulan Mei dan Juni. Saat-saat itulah masa puncak kelompok ikan Pari Manta akan muncul.

Akan tetapi bagi yang ingin bermain dengan ikan ini, sebaiknya berhati-hati ya! Sebab ikan yang panjangnya bisa mencapai 7 meter ini bisa menyengat menggunakan ekornya.