Situ Cicerem Kuningan – Telaga Biru Mirip Labuan Cermin Kalimantan Barat

Bagi yang hobi hunting foto pemandangan atau disebut landscaper, RimbaKita.com punya tempat rekomendasi nih! Yaitu, wisata telaga biru Situ Cicerem Kuningan!

Tempat ini disebut-sebut kembaran Labuan Cermin di Kalimantan Timur, beningnya air telaga dijamin akan menghiponotis saat berkunjung ke tempat ini. Situ Cicerem yang juga dikenal dengan nama Telaga Biru Cicerem berada di Jalan Kaduela, Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Situ ini memiliki air berwarna biru yang sangat jernih dan disekitarnya banyak ditumbuhi pepohonan rindang yang memberikan hawa sejuk. Lokasi wisata alam ini begitu asri dengan air yang segar dan dingin berpadu dengan keindahan alamnnya. Situ Cicerem berada diketinggian 315 mdpl dengan suhu rata-rata 19 sampai 28 derajat celcius.

telaga biru cicerem jolygram.com

Telaga ini berada tepat di kaki Gunung Ciremai. Selain air jernihnya yang berwarna biru nan segar, ternyata juga menjadi habitat berbagai makhluk hidup. Berbagai jenis ikan hidup di perairan Situ Cicerem, salah satunya adalah ikan emas. Meski populasi ikan disini cukup banyak, namun ada larangan untuk memancingnya. Kita hanya diperbolehkan berenang dan berendam dengan ikan-ikan berenang disekelilingnya.

Untuk masuk ke kawasan wisata alam ini, kita hanya dikenakan tarif Rp 5.000 per motor dan Rp 10.000 untuk. Jadi berapa pun orang yang menaiki motor atau mobil tersebut, tarifnya tetap sama. Sangat murah bukan Sedangkan untuk biaya parkirnya cukup dikenakan tarif Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

telaga cicerem idntimes.com

Meski memiliki potensi wisata yang begitu indah, namun obyek rekreasi ini belum dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Pengelolaan masih terbatas karena hanya diurus oleh masyarakat sekitar. Fasilitas yang ada di Situ Cicerem adalah beberapa warung makan serta kamar mandi atau toilet umum.

Agar liburan kita maksimal, sebaiknya datang saat pagi hari supaya bisa puas menikmati panorama alam yang sangat sejuk ini hingga sore hari. Jangan lupa pula untuk membawa baju ganti, siapa tahu kita akan berbasah-basahan disini.

situ cicerem kuningan kurioapps.com

Kita bisa menuju ke Telaga Biru Cicerem dengan jalur yang cukup mudah, antara lain:

  • Bagi yang berasal dari luar Kuningan, maka berangkatlah menuju kota ini kemudian perlananan diteruskan menuju bundaran Ciracas ke arah utara melewati Pasar Cilimus, lalu menuju Tugu Mandirancan.
  • Setelah itu, perjalanan dilanjutkan menuju Desa Pasawahan kemudian kita akan bertemu lapangan bola dan beloklah ke kanan menuju obyek wisata Paniis.
  • Dari tempat wisata itu, lanjutkan perjalanan hingga Masjid Pasawahan dan beloklah ke kanan ketika sampai di perempatan. Setelah itu akan bertemu dengan Kantor Polsek Pasawahan dan beloklah ke kiri.
  • 500 meter dari Kantor Polsek itu kita akan sampai di Masjid sekitar pertigaan lalu beloklah ke kiri menuju Jalan Kaduela. Sekitar 300 meter kemudian setelah pertigaan kita akan bertemu gerbang Wisata Situ Cicerem.

Jika masih bingung dengan petunjuk arah tersebut, kita juga bisa bertanya ke warga lokal atau menggunakan aplikasi penunjuk peta, seperti Google Maps dan Waze!