Srikaya – Taksonomi, Morfologi, Kandungan Buah, Manfaat & Bahaya

Srikaya adalah tumbuhan dengan nama latin Annona squamosa. Dalam bahasa Inggris, buah tanaman ini biasa disebut sugar-apple atau sweetsop. Di Australia, buah srikaya disebut dengan custard apple atau sweet apple, sementara di Meksiko disebut sebagai saramuya.

Asal usul tanaman ini tidak diketahui secara pasti, namun srikaya diperkirakan merupakan tanaman tropis yang tumbuh di Amerika Selatan dan beberapa kawasan di Asia. Saat ini, pohon srikaya dapat ditemui dan telah tersebar di Amerika Selatan, Amerika Tengah, kepulauan Karibia, Brasil, Suriname, India, dan Asia Tenggara.

Taksonomi Srikaya

Tanaman yang menghasilkan buah kaya energi dan menjadi sumber zat besi yang baik ini memiliki klasifikasi ilmiah sebagai berikut:

DivisiTracheophyta
UpadivisiSpermatophytina
KladAngiosperms
KladMagnoliids
OrdoMagnoliales
FamiliAnnonaceae
GenusAnnona
SpesiesAnnona squamosa

Morfologi Srikaya

Buah srikaya termasuk salah satu jenis buah langka di pasaran. Berikut adalah ciri dan karakteristik srikaya yang dapat kita pelajari, yaitu:

srikaya Pixabay

1. Pohon

Srikaya merupakan jenis tanaman perdu, sehingga tumbuh sebagai semak dan termasuk ke dalam pohon kecil. Namun jika tumbuh di alam liar, tingginya bisa mencapai 6 meter sampai 8 meter.

Batangnnya mempunyai banyak cabang dan berwarna kehitaman. Saat pohon tumbuh dewasa, daunnya tidak terlalu banyak, bahkan terlihat agak gundul.

2. Daun Srikaya

Daun srikaya tipis dengan warna hijau pucat. Bentuknya sederhana dan tumbuh secara tunggal. Ukuran daunnya cukup besar, yaitu sepanjang 5 cm hingga 17 cm dengan lebar 2 cm hingga 6 cm. Daunnya bertangkai pendek, yaitu sekitar 0,4 cm hingga 2,2 cm.

3. Bunga

Pohon srikaya memiliki bunga yang tumbuh secara berkelompok, namun ada juga yang tumbuh tunggal. Panjang tangkai bunganya sekitar 2 cm sampai 3 cm, sementara ukuran bunganya sekitar 3 cm dan berwarna kuning hingga hijau dengan bintik ungu. Bunga srikaya memiliki kelopak sebanyak 6 buah.

4. Buah Srikaya

Buah srikaya berbentuk bulat kerucut dengan ukuran panjang sekitar 6 cm sampai 10 cm dan diameter 5 cm sampai 10 cm. Beratnya sekitar 100 gram sampai 240 gram. Kulit buah srikaya tebal dengan tekstur menonjol. Warna kulit biasanya hijau pucat, beberapa jenis srikaya disertai dengan semburat merah muda pada bagian kulitnya.

Saat matang, kulit srikaya yang menonjol akan semakin jelas dan memperlihatkan seperti apa bagian dalamnya. Bentuknya cantik dan memiliki aroma yang khas. Daging buahnya bertekstur seperti krim dan berwarna putih hingga kuning terang.

Bijinya membentuk segmen tersendiri di dalam buah dan berbentuk kerucut. Dalam 1 buah srikaya terdapat 20 sampai 40 biji yang berwarna gelap, cokelat hingga hitam. Namun ada juga beberapa jenis buah srikaya yang jumlah bijinya lebih sedikit.

Manfaat Buah Srikaya Untuk Kuliner

Pada umumnya, buah srikaya dibudidayakan untuk diambil buahnya. Buah srikaya dapat dikonsumsi langsung ketika segar dan tanpa diolah. Namun ada juga yang lebih suka mengonsumsinya dalam bentuk jus, jeli, selai, es krim, dan lain-lain.

buah srikaya Pixabay

Dalam pembuatan es krim, sangat dianjurkan untuk tidak menggunakan proses pasteurisasi atau dimasak, melainkan hanya dicampur menjadi krim cemi solid, kemudian dibekukan. Buah srikaya juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan minuman anggur atau wine.

Buah srikaya disarankan untuk langsung dikonsumsi atau diolah, karena penyimpanannya sedikit rumit dan termasuk buah yang mudah rusak. Bahkan penyimpanan di tempat dingin pun tidak menjamin kondisi buah akan terus baik.

Kulit buah akan tetap berubah menjadi kecoklatan dan kurang menarik. Jika untuk konsumsi pribadi, hal ini tidak menjadi masalah. Tetapi jika untuk dijual, maka harga srikaya akan turun.

Manfaat Srikaya Untuk Pengobatan Tradisional

Tanaman srikaya dibudidayakan secara luas di India. Di negara ini, manfaat srikaya bagi kesehatan lebih dikenal dibandingkan sebagai sumber makanan. Bagian akarnya dimanfaatkan sebagai obat pencahar, sehingga dapat mengobati disentri. Sementara daunnya digunakan sebagai obat penyembuh bisul.

Biji buah srikaya juga digunakan untuk insektisida dan dapat menghilangkan ketombe oleh masyarakat Brasil bagian selatan. Buah srikaya memiliki nilai tinggi di Brasil, dibudidayakan secara luas di daerah timur laut dan tenggara Brasil. Disana harga buah srikaya cukup tinggi, yaitu sekitar $0,50 per buah.

Kandungan Buah Srikaya

Buah srikaya kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Di dalamnya terkandung 60 hingga 100 kalori, serta nutrisi lain seperti karbohidrat, serat, protein, mineral (kalsium, kalium, magnesium, fosfor, zat besi), dan vitamin (terutama vitamin B dan C). Buah srikaya juga sangat kaya akan kandungan antioksidan, yaitu jenis polifenol.

Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan

Karena kaya akan nutrisi, sejak dulu buah srikaya telah dipercaya untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, antara lain:

pohon srikaya Pixabay

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah srikaya mengandung vitamin C dan polifenol yang bersifat antioksidan. Oleh karena itu, buah ini sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun. Antioksidan di dalam polifenol mampu menangkal radikal bebas, sehingga tubuh tidak mudah terkena penyakit dan lebih kuat melawan infeksi.

2. Menjaga Sistem Pencernaan

Buah srikaya adalah sumber serat yang tinggi. Serat sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Dengan mengonsumsi buah srikaya secara rutin, maka tubuh akan terhindar dari segala macam masalah pencernaan, seperti sembelit.

Serat akan mengolah makanan yang masuk ke dalam tubuh dengan lebih baik, sehingga sisa makanan tidak akan menumpuk dan menjadi racun. Buang air pun lancar, badan juga akan terasa lebih ringan.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Salah satu penyebab kanker adalah paparan radikal bebas yang menumpuk pada tubuh, sehingga menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh kemudian terjadilah peradangan. Hal inilah yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, termasuk kanker. Untuk mencegahnya, tubuh membutuhkan asupan antioksidan yang cukup.

Buah srikaya yang kaya akan antioksidan dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mencegah kanker. Konsumsi secara teratur untuk mendapatkan khasiat yang maksimal.

4. Menjaga Kadar Gula Darah

Mengonsumsi buah srikaya secara teratur dapat mencegah peningkatan gula darah, karena nilai indeks glikemik yang dimiliki buah ini takarannya sedang. Ekstrak daun srikaya juga dipercaya mampu menjaga kestabilan kadar gula darah. Mengonsumsi srikaya secara teratur juga dapat menurunkan dosis penggunaan insulin bagi pasien diabetes.

5. Membasmi Kutu dan Ketombe

Ekstrak biji srikaya dipercaya mampu membasmi kutu rambut dan mengurangi ketombe di kulit kepala, terutama jika diaplikasikan dengan campuran minyak kelapa. Akan tetapi, penggunaan ekstrak biji srikaya untuk rambut ini harus dilakukan dengan hati-hati karena dapat menyebabkan iritasi mata.

Bahaya Buah Srikaya

Meski srikaya memiliki banyak manfaat, namun kita harus berhati-hati saat mengonsumsi buah ini karena hampir seluruh bagian tanaman srikaya mengandung senyawa beracun. Senyawa beracun ini bernama annonain. Jumlah yang paling banyak terdapat pada bagian biji dan kulitnya.

Ketika mengonsumsi secara langsung, pastikan daging buah sudah terpisah dengan kulit dan bijinya. Gunakan sendok dan wadah terpisah jika perlu. Untungnya, kulit dan biji srikaya memiliki warna yang sangat kontras dengan daging buahnya, sehingga kita lebih mudah untuk memisahkannya.