Sungai Cikahuripan, Keindahan di Bandung Barat

Sungai Cikahuripan – Siapa sih yang gak tahu Legenda Tangkuban Perahu? Cerita rakyat yang mengisahkan Sangkuriang dan Dayang Sumbi. Nah, lokasi wisata yang satu ini masih berkaitan dengan cerita ini.

Konon katanya, Dayang Sumbi adalah seorang dewi yang pernah mandi dan mengambil air bersih disebuah mata air. Menurut masyarakat, mata air yang dimaksud saat ini dikenal dengan Sungai Cikahuripan atau Mata Air Cikahuripan.

Sungai purba ini menjadi obyek wisata karena panorama alamnya yang cantik. Letaknya berada di Kampung Panyusupan, Desa Barangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Asal usul nama Cikahuripan diambil dari Bahasa Sunda, yaitu “Ci” yang berarti air atau tempat berair dan “Kahuripan” yang berarti kehidupan. Oleh karena itu, arti Cikahuripan adalah air kehidupan. Masyarakat asli disekitar kawasan tersebut mempercayai jika sungai ini memiliki banyak manfaat bagi kehidupan, terutama pengobatan.

wisata sungai cikahuripan bobobox.co.id

Kawasan ini kini bermetamorfosis sebagai destinasi wisata karena mempunyai pemandangan yang mempesona, selain itu paduan udara sejuk dan air yang jernih semakin menyempurnakan kondisi alam nan asri. Saking jernihnya air Cikahuripan, kita bisa melihat bebatuan dasar sungai yang memberikan ketenangan bagi batin dan pikiran.

Namun sebaiknya kita berenang di kawasan ini, karena meski airnya tenang ternyata kedalamannya mencapai 4 meter. Untuk menikmatinya, kita cukup menyusuri sungai dengan rakit bambu atau pelampung. Kita akan melihat dua tebing yang menjulang tinggi mengapit aliran sungan yang tenang.

Untuk dapat masuk ke lokasi wisata ini, setidaknya kita perlu mengeluarkan Rp 25.000 sudah termasuk biaya parkir roda dua dan tiket masuk. Sedangkan jika ingin menyewa pelampung, kita akan dikenakan biaya sewa Rp 15.000 per orang.

Sarana pendukung wisata atau fasilitas di Sungai Cikahuripan cukup memadai, seperti adanya warung makan, mushola, toilet dan tempat persewaan. Tentu fasilitas itu semakin memudahkan wisatawan yang ingin menikmati liburannya.

travelingyuk.com

Bagi kamu warga Bandung Barat dan sekitarnya, cobalah untuk mengunjungi tempat wisata ini. Namun yang perlu diingat, tetap lestarikan alam dengan tidak merusaknya dan jangan membuang sampah secara sembarangan ya!

Kita bisa menuju lokasi Sungai Cikahuripan dengan menempuh rute yang sama menuju Waduk Saguling. Tentunya kita wajib berhati-hati karena akses jalan masih berbatu.