10 Sungai Terpanjang di Benua Eropa, Foto & Penjelasan

Jika Sungai Nil adalah sungai terpanjang di Dunia dan Amazon menempati urutan ke-2 sekaligus terpanjang Benua Amerika, lalu sungai apa yang terpanjang di Benua Eropa?

Mengenal Benua Eropa

Secara geologis dan geografis, Benua Eropa merupakan sebuah semenanjung atau anak benua (jazirah) dari Benua Asia. Namun Eropa disebut sebagai benua berbeda karena memiliki perbedaan budaya dengan daratan Asia.

Benua ini adalah benua terkecil kedua setelah Australia dengan luas sekitar 10.180.000 km². Di bagian utara, Eropa berbatasan dengan Samudera Arktik, batas barat adalah Samudera Atlantik dan bagian selatan berbatasan dengan Laut Mediterania. Sedangkan batas timur masih belum jelas karena pengaruh campuran kebudayaan. Akan tetapi lokasi yang dianggap sebagai batas Benua Eropa dan Asia adalah Pegunungan Ural dan Laut Kaspia.

Dalam hal populasi, kawasan Eropa menempati urutan ketiga sebagai populasi terbanyak di dunia dengan jumlah 742,5 juta jiwa dibawah Asia dan Afrika.

Secara geografis, Eropa merupakan bagian dari daratan Eurasia (Eropa dan Asia). Selain Pegunungan Ural di Rusia yang dianggap sebagai pembatas alam benua ini, umumnya Sungai Ural dan Sungai Emba juga dijadikan batasan. Batas tersebut berlanjut hingga Laus Kaspia, Pegunungan Kaukasus, Depresi Kuma Manych hingga Laut Hitam, Bosporus, Laut Marmara dan Dardanelles.

Pengertian Sungai

Sungai merupakan aliran air yang ukurannya besar dan memanjang dengan debit air mengalir terus menerus dari hulu hingga ke hilir. Tidak hanya ada di permukaan tanah, istilah sungai juga digunakan untuk menyebut aliran air dibawah tanah.

Secara umum sungai-sungai tidak masuk dalam 10 besar sungai terpanjang di dunia karena didominasi oleh sungai dari kawasan Afrika, Amerika dan Asia. Aliran sungai terpanjang di Benua Eropa ditempati oleh Sungai Volga dengan panjang aliran 3.645 km atau 2.266 mil yang bermuara di Laut Kaspia. Sungai ini sekalgus menjadi sungai ke-17 terpanjang di dunia.

Sungai Terpanjang di Benua Eropa

Berikut ini adalah daftar sungai terpanjang di Benua Eropa beserta foto dan keterangannya.

10. Sungai Dniester

britannica.com

Sungai Dniester adalah sungai yang mengalir di perbatasan Ukraina dan Moldova. Panjang alirannya sekitar 1.362 km dan airnya berasal dari kawasan Pegunungan Karpatia, sebuah pegunungan yang membentang dari Eropa Tengah hingga Eropa Timur. Sungai ini bermuara ke Laut Hitam.

9. Sungai Belaya

sungai belaya wikimedia.org

Pada posisi ke-9 sebagai sungai terpanjang di kawasan Eropa ditempati oleh Sungai Belaya. Sungai ini merupakan salah satu anak sungai Kama atau Sungai Chulman. Sungai Belaya sebagian besar mengalir di kawasan wilayah Rusia, tepatnya di daerah Bashkortostan.

Aliran Sungai Belaya sekitar 1.430 km dengan sumber air berasal dari Pegunungan Ural atau Pegunungan Riphean dibagian barat daya. Sedangkan muara sungai ini tersambung ke Sungai Kama atau Chulman.

8. Sungai Oka

sungai oka britannica.com

Sungai Oka yang mengalir sejauh 1.500 km merupakan anak Sungai Volga. Sungai ini mengalir dari distrik Glazunovsky, Rusia dan bermuara ke Sungai Volga.

7. Sungai Kama

sungai kama wikimedia.org

Sungai Kama atau juga disebut Sungai Chulman adalah salah satu anak sungai Volga. Panjang aliran Sungai Kama sekitar 1.805 km dan mengalir di sepanjang Pegunungan Ural atau Pegunungan Riphean melintasi beberapa kota, seperti Perm, Naberezhnye Chelny, dan lainnya. Muara Sungai Kama berada di Sungai Volga.

6. Sungai Pechora

sungai pechora Flickr

Kawasan Rusia merupakan penyumbang sungai-sungai terpanjang di Benua Eropa, salah satunya adalah Sungai Pechora. Sunga sepanjang 1.809 km ini mengalir dari Pegunungan Ural atau Riphean dan alirannya berakhir di Samudera Arktik, tepatnya di Laut Pechora.

5. Sungai Don

sungai don torontorentals.com

Don adalah salah satu sungai terpenting di Rusia. Alirannya yang melewati daerah sepanjang 1.950 km ini melalui Kota Novomoskovs (200 km sebelah timur Moskow) dan bermuarai di Laut Azov. Salah satu kota lain yang dilewati aliran sungai ini adalah Rostov. Pada zama kuno, Sungai Don sempat dijadikan perbatasan antara Benua Eropa dan Asia.

4. Sungai Dnieper

sungai dnieper ukrainetrek.com

Sungai Dnieper adalah sungai sepanjang 2.285 km yang melintasi beberapa negara, seperi Rusia(485 km), Belarusia (595 km) dan Ukuraina (1.095 km). Sumber air sungai ini berasal dari Perbukitan Valdai, yaitu salah satud ataran tinggi di bagian barat laut Rusia. Muara Sungai Dnieper berada di Laut Hitam, Ukraina.

Oleh masyarakat sekitar, sungai ini bermanfaat sebagai jalur transportasi. Tidak hanya itu, Sungai Dnieper juga dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air di Zaporizhia yang dibangun pada tahun 1927 – 1932. PLTA ini pernah mengalami kehancuran akibat Perang Dunia II dan kemudian dibangun kembali di tahun 1948.

3. Sungai Ural

sungai ural eurasianet.org

Sungai Ural adalah salah satu sungai yang melintasi dua benua sekaligus, yaitu Eropa dan Asia. Sungai ini mengalir sejauh 2.428 km melintasi Rusia dan Kazakhstan. Sumber alirannya berasal dari Pegunungan Ural dan bermuara di Laut Kaspia atau Laut Mazandaran.

Beberapa kota yang dilewati oleh aliran sungai ini adalah Kota Orenburg (Rusia), Kota Orsk (Rusia), Kota Magnitogorsk (Rusia), Kota Atyrau (Kazakhstan), Kota Oral (Kazakhstan), dan lainnya. Sungai ini menjadi sumber pengairan bagi masyarakat, terutama bidang pertanian di Kazakhstan. Selain itu, beberapa Pembangkit Listrik Tenaga Air juga dibangun di sepanjang aliran sungai.

2. Sungai Danube

sungai danube britannica.com

Pada posisi ke-2 sebagai sungai terpanjang di Eropa ditempati oleh Sungai Danube. Panjang alirannya sekitar 2.850 km dan bersumber dari Hutan Hitam, Jerman. Aliran sungainya berakhir di Laut Hitam, bagian dari Rumania.

Sungai ini melewati 10 negara Eropa sekaligus, yaitu Jerman, Hungaria, Austria, Slowakia, Serbia, Kroasia, Ukraina, Bulgaria, Moldavia, dan Rumania. Ukurannya yang lebar membuat sungai ini dimanfaatkan sebagai jalur transportasi antar negara.

Di kawasan hulu juga dibangun kanal yang menghubungkan Sungai Main dan Sungai Rhein pada tahun 1992. Kanal tersebut menjadi jalur air dari Rotterdam, Belanda yang berada di tepi Laut Utara hingga Sulina di tepi Laut Hitam.

1. Sungai Volga

sungai volga wikimedia.org

Sungai Volga adalah sungai terpanjang di Benua Eropa. Sungai yang sangat terkenal ini memiliki panjang aliran sekitar 3.692 km dan secara administratif menjadi bagian dari negara Rusia. Sungai ini dijulukis sebagai sungai nasional Rusia.

Beberapa kota besar yang dilewati oleh Sungai Volga adalah Moskow, Volgograd, Kazan, Saratov, Nizhny Novgorod, dan Astrakhan. Sumber air Sungai Volga berasal dari dataran tinggi sebelah barat laut Rusia dan bermuara di Laut Kaspia. Rata-rata debit aliran air Sungai Volga adalah 8.060 meter kubik per detik.