Taka Makassar – Pulau Pasir Kecil & Keindahan Surga Bawah Laut

Dari judulnya, pasti kamu mengira jika tempat ini berada di Makassar, Sulawesi Selatan. Akan tetapi Taka Makkasar adalah salah satu pulau kecil seukuran lapangan sepak bola di kawasan Taman Nasional Komodo. Pulau tak berpenghuni ini mempunyai pemandangan alam yang begitu indah. Simak ulasannya berikut ini.

Meski berada di sekitar Pulau Komodo dan sekitar Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, kenapa tempat ini bernama Taka “Makassar”. Sebenarnya nama ini memiliki arti, Taka artinya adalah dangkal dan Makassar merupakan sebutan nama untuk pelaut dari Bugis yang menemukan tempat ini. Jadi lokasi ini akhirnya diberi nama Taka Makassar.

Pulau ini sangat terpencil dari jangkauan Kepulauan Komodo, namun panorama alam disini sangat cantik dan menjadi salah satu lokasi favorit diving dan snorkeling. Banyak wisatawan lokal dan mancanegara terasing ditempat ini hanya untuk menikmati pesonanya.

pulau taka makassar helloflores.com

Sesuai dengan namanya Taka yang berarti dangkal, ketinggian pulau ini dari permukaan laut sangat rendah. Bahkan ketika air laut pasang maka pulau ini akan menghilang dan kembali muncul saat air laur surut. Pulau kecil ini terdiri dari hamparan gosong pasir putih yang ditumbuhi ilalang dibeberapa sudut, serta dikeliling laut yang berwarna hijau toska.

Pulau Taka Makassar tidak dihuni oleh satupun warga, sehingga fasilitas wisata disini sama sekali tidak ada. Bagi yang ingin kesini, tentunya harus membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Kemudian untuk yang ingin diving atau snorkeling, tentu harus membawa peralatan menyelam sendiri ya!

Meski menyajikan pemandangan bawah laut yang indah, bagi yang ingin berkegiatan di perairannya wajib hati-hati. Arus laut disekitar pulau ini cukup deras, kencang dan berbahaya, sehingga bagi pemula perlu dibimbing oleh pemandu.

wisata taka makassar floresxp.com

Alam bawah laut Taka Makkasar menghadirkan aneka jenis terumbu karang, mulai dari karang lunak hingga keras, serta ragam biota laut. Koral yang bergerombol dan dikelilingi ikan-ikan kecil yang berenang merupakan anugerah laut Indonesia.

Tidak hanya ikan-ikan laut yang mungkin bisa kita temukan di perairan lain, namun ternyata disini juga ada spot istimewa bernama Manta Point. Manta Point adalah titik penyelaman yang memungkinkan kita bertemu dan berinteraksi dengan ikan Pari Manta. Ikan ini merupakan spesies ikan pari terbesar, ukuran panjang bisa mencapai 2 meter loh!

Untuk mengunjungi pulau ini, biasanya wisatawan menggunakan kapal pesiar besar yang diparkir di tengah laut. Kemudian untuk menuju Pulau Taka Makassar dilakukan dengan menaiki kapal kecil atau perahu karet. Kapal besar dilarang mendekati pulai ini, karena bisa menyebabkan kerusakan terumbu karang.

Bagi yang menyukai wisata bahari, Taka Makassar wajib dipertimbakan untuk dikunjungi!