(TAHURA) Taman Hutan Rakyat, Karanganyar

Taman Hutan Rakyat atau yang biasa disingkat TAHURA adalah kawasan pelestarian alam yang bertujuan untuk koleksi tujuan dan atau satwa alami serta bukan alami, asli maupun bukan asli guna kepentingan umum sebagai tujuan penelitian, pengetahuan dan pendidikan.

Selain itu, TAHURA juga dijadikan sebagai fasilitas yang menunjang budidaya, budaya, pariwisata dan rekreasi.

Sebagai bagian dari jenis kawasan konservasi di Indonesia sesuai Undang-Undang No. 5 Tahun 1990, beberapa kriteria suatu kawasan ditetapkan menjadi Taman Hutan Rakyat adalah:

  • Kawasan yang ditetapkan memiliki ciri khas tersendiri, baik alami maupun buatan. Baik dalam kawasan yang ekosistemnya utuk maupun telah berubah.
  • Mempunyai panorama alam yang indah atau gejala alam yang unik, seperti misalnya sumber air panas bumi.
  • Luas kawasan memungkinkan untuk pembangunan koleksi tumbuhan dan atau satwa asli maupun bukan asli.

TAHURA Karanganyar

TAHURA Karanganyar merupakan salah satu wisata alam yang ada di Karanganyar. Kawasan TAHURA ini menjadi pintu masuk untuk menikmati beragam wisata alam di daerah Solo yang indah dan menakjubkan.

TAHURA K.G.P.A.A. Mangkunagoro berlokasi di ketinggian 1200 m dpl di kaki Gunung Lawu, Dusun Sukuh, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Bagi yang pernah ke Candi Sukuh, lokasinya sekitar 800 meter dari sana.

Taman ini dikelola oleh BPTP TAHURA (Balai Penelitian Tumbuhan dan Pengelolaan Taman Hutan Raya) dan difungsikan sebagai tempat wisata dan juga penelitian. Di dalam lokasi wisata TAHURA juga tersedia vila untuk umum sehingga wisatawan bisa bermalam dan puas mengelilingi wisata-wisata yang ada di sana.

Tiket Masuk TAHURA

Untuk menuju ke TAHURA K.G.P.A.A. Mangkunagoro, perjalanan bisa dilakukan dari Kota Solo ke arah Tawangmangu selama 1.5 jamdengan jarak 36 km. Pastikan kendaraan yang dikendarai dalam keadaan prima karena lokasinya berada di lereng Gunung Lawu dan sebagian besar jalan berupa tanjakan.

Tiket masuk ke wisata TAHURA sangat terjangkau, sekitar 2500 rupiah untuk anak-anak, 3000 rupiah untuk dewasa, dan 20 ribu rupiah untuk orang asing atau mancanegara. Selain itu juga ada biaya asuransi sebesar seribu rupiah per orang. Sedangkan untuk biaya parkirnya hanya 2 ribu rupiah untuk motor, 5 ribu rupiah untuk mobil dan 10 ribu rupiah untuk bus atau truk.

Dapat dikatakan kita hanya perlu mengeluarkan sedikit uang untuk menikmati indahnya pemandangan di TAHURA dan wisata alam yang ada di sekitarnya.  

Wisata Alam di TAHURA (Taman Hutan Rakyat)

Seperti yang sudah disebutkan, Taman Hutan Rakyat (TAHURA) Karanganyar ini merupakan akses menuju lebih banyak wisata alam di sekitarnya. Dari TAHURA, masih ada sekitar 11 area wisata yang bisa dikunjungi dengan lokasi yang cukup berdekatan.

tahura mangkunagoro bukaaja.site

Di bawah ini beberapa wisata yang ada di area Taman Hutan Rakyat (TAHURA) Karanganyar, yaitu:

a. Kantor TAHURA (100 m)

Fasilitas yang ada di kawasan wisata ini cukup lengkap dengan adanya akomodasi atau penginapan berupa guest house, aula pertemuan, musholla untuk ibadah, toilet yang bersih dan nyaman, area parkir luas, dan juga area perkemahan.

Kantor TAHURA menerima para tamu dengan ramah dan menyediakan berbagai macam fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Untuk wisatawan yang ingin bermalam di villa juga bisa menghubungi staff di kantor TAHURA. Dengan harga sekitar 600 ribu per malam, wisatawan bisa bermalam dan mendapat fasilitas 4 kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi dan juga dapur.

b. Bumi Perkemahan I (400 m) dan II (200 m)

Sesaat setelah sampai di Taman Hutan Rakyat (TAHURA) dan menuju ke tempat parkir, akan terlihat hamparan luas camping ground. Area ini biasa dipenuhi oleh anak-anak yang sedang mengadakan perkemahan. Selain itu, kegiatan bermain bola atau bersepeda juga boleh dilakukan di bumi perkemahan TAHURA.

Untuk pengunjung yang ingin berkemah namun belum ada persiapan, pengelola wisata TAHURA menyediakan penyewaan perlengkapan kemah. Mereka menyediakan tenda, matras, sleeping bag hingga kompor untuk memasak.

c. Taman Bermain (200 m)

Bagi wisatawan yang datang ke kawasan TAHURA (Taman Hutan Rakyat) bersama dengan rombongan keluarga, pihak TAHURA juga menyediakan fasilitas taman bermain untuk anak-anak yang aman daripada wisata alam lainnya. Di taman bermain ini terdapat banyak wahana seperti flying fox, ayunan, gazebo dan lainnya sehingga anak-anak bisa bermain dan belajar.

d. Kandang Rusa (300 m)

Selain menyediakan kawasan wisata alam, Taman Hutan Rakyat (TAHURA) juga memiliki koleksi satwa yang dilindungi. Jenis satwa yang ada di kawasan ini adalah Rusa Timor dengan nama latin Cervus Timorensis yang berada di area kandang rusa bersama 34 jenis fauna langka lainnya. Area ini juga sangat cocok untuk edukasi kepada anak-anak mengenai fauna langka yang harus dilindungi.

e. Air Terjun Parang Ijo (500 m)

Tidak jauh dari pintu masuk Taman Hutan Rakyat (TAHURA) atau hanya berjarak 500 meter, terdapat Air Terjun Parang Ijo yang begitu eksotis. Menurut cerita dari salah satu staff TAHURA, air terjun ini sempat dikelola oleh masyarakat melalui Koperasi Warga. Namun, karena ada kecenderungan kekuasaan pihak tertentu secara pribadi sehingga Air Terjun Parang Ijo diambil alih oleh TAHURA dan Perhutani.

Lokasi Air Terjun Parang Ijo ini masih asri dan sangat cocok bagi traveler yang ingin trekking sekaligus camping di sekitar area Air Terjun. Untuk pengunjung yang ingin merasakan kesegaran Air Terjun Parang Ijo juga dapat mandi di sana, namun perlu hati-hati dan tetap waspada.

f. Sendang Radja (1 km)

Obyek wisata yang berjarak sekitar 1 km dari pintu utama TAHURA (Taman Hutan Rakyat) ini merupakan sebuah sumber mata air atau patirtan peninggalan zaman dulu. Sumber mata air Sendang Radja mengeluarkan air yang sangat jernih. Meski ukurannya tidak terlalu luas, namun banyak orang yang penasaran ingin tahu mengenai tempat bersejarah ini.

g. Situs Cemoro Bulus (1.5 km)

Situs Cemoro Bulus merupakan situs kuno peninggalan purbakala mirip seperti Candi Sukuh dengan Arca Kura-kura. Dalam mitologi Hindu, arca kura-kura adalah lambang Bhur Loka atau alam bawah yang mengarah pada dasar Gunung Mahameru. Banyak juga yang mengatakan bahwa Situs Cemoro Bulus ini merupakan pintu atau portal gaib untuk menuju ke puncak Gunung Lawu.

h. Puncak Gunung Lawu (10 km)

Selama ini para pendaki melakukan perjalanan hiking ke puncak Gunung Lawu melalui Candi Sukuh atau Candi Cetho. Namun, untuk menuju ke puncak Gunung Lawu ternyata juga bisa dilakukan dari Taman Hutan Rakyat (TAHURA) dan berjarak sekitar 10 km. Perjalanan dapat ditempuh kurang lebih 4 hingga 5 jam melalui jalur pendakian TAHURA.

Jalur trekkingnya lumayan terjal, karena sewaktu pertama kali dibuka memang diperuntukkan untuk lomba lintas alam. Namun, selanjutnya dibuat jalur lain yang lebih landai atau sedikit memutar agar tidak memberatkan pendaki awam yang ingin ke puncak Gunung Lawu. Jalanan atau trekking menuju ke puncak Gunung Lawu berupa jalan setapak yang tersusun dari bebatuan.

Itulah beragam destinasi wisata yang ada di kawasan TAHURA (Taman Hutan Rakyat) Karanganyar, Solo. Selain obyek wisata yang sudah dijelaskan di atas, masih ada tempat lain seperti Goa Angin, Grojogan Sewu dan Goa Jepang yang juga masuk dalam kawasan TAHURA.