Tanaman Hias – Pengertian, Budidaya, Cara Merawat & Aneka Jenis

Untuk mempercantik halaman atau ruangan, tanaman hias dapat menjadi pilihan tepat. Memanfaatkan tumbuhan alami untuk memberikan kesan dan keindahan akan memberikan keuntungan dari segi keindahan dan kesehatan.

Jenis tumbuhan yang bisa dimanfaatkan sebagai tanaman hias pun sangat beragam, mulai dari tanaman berbunga, semak, pohon dan sebagainya. Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai apa itu tanaman hias, serta jenis-jenis tanaman yang sering dimanfaatkan untuk dekorasi.

Pengertian Tanaman Hias

Tanaman hias adalah semua jenis tanaman yang sengaja ditanam untuk tujuan dekoratif atau sebagai hiasan. Tanaman hias bisa ditanam di taman sebagai pelengkap desain lanskap, ditanam pot yang diletakkan di dalam rumah atau di luar rumah, serta sebagai bunga potong.

Budidaya tanaman hias disebut dengan florikultur, khususnya untuk jenis tanaman yang berbunga. Untuk budidaya tanaman hias yang menghasilkan manfaat lebih luas lagi disebut dengan holtikultur. Hasil budidaya holtikultur juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan kuliner, contohnya digunakan untuk garnish pada makanan.

Tanaman hias identik dengan tanaman berbunga. Namun ternyata bagian lain dari tanaman juga menentukan apakah sebuah tanaman termasuk kategori tanaman hias atau bukan. Sebab kesan keindahan suatu tanaman juga diperoleh dari daun, buah, batang, dan bahkan kulit kayu atau pepagan.

Warna dan wangi tanaman juga termasuk salah satu karakteristik tanaman hias. Contohnya adalah tanaman yang tidak berbunga tetapi kayunya mengeluarkan wangi yang khas. Karena sifat yang dimilikinya, maka tumbuhan ini bisa diletakkan di dalam rumah atau ruangan tertentu dan masuk dalam kelompok tanaman hias.

Budidaya Tanaman Hias

Suatu tumbuhan dapat dikategorikan sebagai tanaman hias jika memenuhi beberapa syarat tertentu, salah satunya adalah ditanam dan dirawat oleh seorang ahli taman. Contohnya adalah tanaman yang awalnya tidak masuk ke dalam kategori tanaman hias namun setelah dibentuk secara spesifik masuk dalam kategori tanaman hias.

menyiram tanaman Pixabay

Misalnya tanaman yang dibentuk dengan metode topiari, yaitu dibentuk dengan cara dipangkas menjadi berbagai bentuk, seperti binatang, tokoh ternama, atau tokoh kartun tertentu.

Tumbuhan semak yang dirawat dan dipangkas secara berkala pun akan menjadi tanaman hias. Namun jika dibiarkan tumbuh liar dan tidak berbentuk indah, maka tidak bisa dikategorikan sebagai tanaman hias.

Budidaya tanaman hias berbeda dengan budidaya tanaman pertanian dan tanaman buah. Metode perawatannya pun berbeda agar menghasilkan kualitas tanaman yang baik, meskipun beberapa jenis tanamannya sama.

Contohnya adalah lavender yang bisa dijadikan sebagai tanaman hias namun juga dibudidayakan untuk diambil minyaknya. Oleh sebab itu, metode penerapan budidaya pun berbeda.

Tanaman hias dibudidayakan untuk penampilannya, bukan untuk diambil bagian-bagian tanamannya guna keperluan lain, misalnya untuk pelengkap kuliner, obat-obatan, kecantikan, dan lain-lain. Sehingga unsur utama dari budidaya tanaman hias adalah kualitas penampilan tanaman.

Tidak semua jenis bunga dibudidayakan untuk menjadi tanaman hias. Pertimbangannya adalah pada beberapa jenis bunga hanya mekar pada musim tertentu atau tidak sepanjang tahun. Oleh karena itu, ahli taman menggunakan metode tertentu agar tumbuhan berbunga dalam jangka waktu lebih lama dari seharusnya.

Selain itu, tanaman hias berbunga juga dibudidayakan karena wanginya, serta ada pula yang dibudidayakan karena bentuk dan warnanya yang indah.

Beberapa tanaman hias dibudidayakan karena memilki warna daun yang mencolok. Warna daun yang dianggap cantik sangat beragam, mulai dari hijau, oranye terang, merah, hingga kuning.

Ada pula jenis tanaman berdaun gugur, serta ada juga jenis evergreen alias tumbuhan hijau sepanjang tahun. Selanjutnya, tanaman hias jenis rumput-rumputan dengan berbagai macam bentuk dan warna yang cantik.

Aneka Jenis Tanaman Hias

Tanaman hias bisa dikatakan indah dapat dilihat dari bunga, daun, bentuk keseluruhan tanaman, serta wangi yang dihasilkan. Berikut ini beberapa jenis tanaman hias beserta contohnya, antara lain:

1. Bunga Hias

Jenis ini adalah tanaman penghias yang paling banyak diminati karena keelokannya. Bunga tumbuhan berwarna-warni serta memiliki wangi bunga alami yang memberi efek menenangkan dan menyenangkan.

taman bunga fotowisata.com

Contoh bunga yang dibudidayakan untuk tanaman hias adalah:

  • Bunga Anggrek, memiliki spesies dan kultivar yang sangat beragam mencapai 6.000 jenis. Bunga anggrek sangat digemari oleh pecinta tanaman di Indonesia. Beberapa jenis anggrek yang populer di Indonesia antara lain anggrek hitam, anggrek kalajengking, anggrek bulan, anggrek kebutan, anggrek kasut kumis, anggrek sendok, anggrek kerlip, dan masih banyak jenis lainnya.
  • Kembang Sepatu, bunga ini banyak ditanam di pekarangan rumah dan menjadi favorit karena perawatannya yang tergolong mudah. Bahkan orang yang tidak mempunyai pengalaman berkebun pun bisa menanam kembang sepatu. Bunga ini memiliki beragam warna, mulai dari merah, putih, kuning, merah muda, dan ungu.
  • Bunga Amarilis, bunga berwarna putih dengan semburat merah atau jingga ini sangat cantik, terutama karena warnanya kontras dengan daunnya yang hijau. Bunga amarilis bisa ditanam di dalam rumah dalam pot, ataupun di pekarangan, tetapi akan lebih baik jika mendapat cukup sinar matahari.
  • Bunga Bougenville adalah jenis bunga yang populer di Indonesia karena warnanya yang beraneka macam. Selain itu, bunga bougenville juga mudah dirawat. Bunga ini kerap disebut sebagai bunga kertas karena tekstur kelopak bunganya yang tipis seperti kertas.
  • Bunga Teratai hanya tumbuh di permukaan air yang tenang ini terbagi menjadi 50 spesies yang tersebar di kawasan tropis dan subtropis di seluruh dunia. Bunga teratai mampu tumbuh di air dengan dasar lumpur.

2. Pohon Cemara

Pohon cemara dikategorikan sebagai tanaman hias karena bentuk tanamannya yang cantik dengan aneka ragam jenis. Sebagian ditanam dalam ukuran aslinya di pekarangan rumah, sementara sebagian lagi dapat dijadikan bonsai berukuran kerdil, sehingga bisa diletakkan di dalam ruangan.

pohon cemara Pixabay

Beberapa jenis cemara yang terkenal antara lain:

  • Cemara Inoki yang bisa ditanam di pekarangan dan juga dijadikan tanaman bonsai. Di pekarangan, biasanya cemara inoki dijadikan pembatas taman. Untuk membuatnya menjadi bonsai, diperlukan keahlian bertanam dan merawat tertentu. Harga jual bentuk bonsainya lebih tinggi dibandingkan ukuran aslinya.
  • Cemara Angin, jenis cemara ini unik karena daun-daunnya yang tipis, sehingga mirip seperti pinus. Ukuran daunnya juga lebih panjang. Warna hijaunya terang hampir menyerupai rerumputan.
  • Cemara Perak, dinamakan demikian karena daunnya akan memancarkan warna keperakan bila terkena sinar matahari. Tanaman ini dapat tumbuh maksimal setinggi 1 meter.

3. Kaktus Hias

Selain bunga, kaktus merupakan jenis tanaman hias yang juga banyak penggemarnya. Bentuk dan jenis kaktus sangat bervariasi, sehingga membuat banyak pencinta tanaman terpana karena tidak ada bentuk kaktus yang sama. Semua bentuknya unik dan menarik untuk dikoleksi.

jenis kaktus Pixabay

Berikut adalah beberapa jenis kaktus yang banyak digemari, antara lain:

  • Careus Tetragonus, bentuk kaktus asal Amerika Serikat ini bertumpuk dan menyerupai kastil. Jenis kaktus ini paling sering muncul di film animasi atau film asal Hollywood. Careus Tetragonus bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 2 meter.
  • Kaktus Parodia merupakan salah satu jenis kaktus yang memiliki bunga di bagian atasnya. Bunganya berwarna-warni dan akan mekar dengan warna merah, merah muda, dan kuning. Duri kaktus ini memenuhi bagian bawah tanaman, sehingga tekstur dan bentuknya mirip seperti bola berduri. Kaktus parodia disukai karena mudah dirawat serta tidak memerlukan sinar matahari terlalu banyak.
  • Kaktus Ariocarpus cocok ditanam bagi orang yang ingin merawat jenis kaktus dengan sedikit duri. Ariocarpus unik karena bentuknya menyerupai prisma. Selain itu, di bagian atasnya tumbuh bunga berwarna ungu. Tanaman ini tidak membahayakan untuk diletakkan di dalam rumah, sebab jika durinya tersentuh tidak akan melukai.

4. Palem Hias

Palem seringkali dijadikan tumbuhan hias yang ditanam di pekarangan rumah. Daun dan betuk pohonnya menyerupai pohon kelapa, hanya saja ukurannya lebih kecil. Jenis palem beragam, beberapa jenis memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

palem evermotion.org

Beberapa jenis pohon palem yang paling digemari adalah :

  • Palem Botol, dinamakan demikian karena bentuk batangnya yang membesar di bagian bawah, sehingga menyerupai botol. Tidak seperti kebanyakan palem, batang palem botol berukuran besar. Inilah yang menjadikannya unik dan disukai banyak pecinta tanaman. Palem botol yang berasal dari Mauritius ini bisa ditanam di pekarangan atau dalam pot dalam bentuk bonsai.
  • Palem Raja atau disebut juga Royal Palm dalam bahasa Inggris. Palem hias ini banyak ditemukan di pulau Jawa, terutama dijadikan tanaman hias di sepanjang jalan. Palem raja bisa tumbuh hingga di ketinggian 1.400 meter di atas permukaan tanah.
  • Palem Merah adalah jenis palem hias yang sangat disukai karena keunikannya. Batang dan tangkai daunnya berwarna merah menyala, kontras dengan daunnya yang hijau. Sehingga menciptakan kombinasi warna yang sangat cantik. Tanaman yang bisa tumbuh hingga ketinggian 16 meter ini berasal dari Thailand bagian selatan, Semenanjung Malaya, Sumatra, dan Kalimantan.