22 Tanaman Pengusir Nyamuk – Pilihan Alami Singkirkan Nyamuk di Rumah!

Siapa yang kesal dengan nyamuk, gigitan serta dengungan suara serangga ini sangat mengganggu manusia. Selain itu, nyamuk juga berpotensi membawa penyakit berbahaya, seperti demam berdarah dan penyakit malaria.

Oleh sebab itu, berbagai upaya dilakukan untuk mengusir dan membasmi nyamuk. Beberapa cara yang dilakukan adalah menggunakan aroma wangi-wangian tertentu, lotion atau bahkan menanam tanaman pengusir nyamuk.

Perlu kita ketahui, ada banyak jenis tanaman yang dipercaya mampu mengusir nyamuk. Beberapa tanaman tersebut mempunyai kandungan alami yang menjadikan nyamuk tidak mau mendekat. Salah satunya adalah melalui aroma bunga yang umumnya disukai manusia, namun justru tidak disukai oleh nyamuk.

22 Tanaman Pengusir Nyamuk

Setiap tanaman memiliki keistimewaannya masing-masing, tergantung jenis apa yang cocok ditanam di lingkungan rumah kita. Menanam tumbuhan pengusir nyamuk jauh lebih efektif untuk mengusir nyamuk karena kita hanya perlu menanamnya di halaman rumah atau di pot agar bisa ditempatkan di dalam ruangan.

nyamuk Pixabay

Bahkan, tanaman pengusir nyamuk juga bisa dioleskan ke bagian tubuh dengan mengambil satu bagian tanaman kemudian menggosoknya pada kulit. Menariknya, tanaman yang bermanfaat untuk mengusir nyamuk juga memiliki bentuk cantik, sehingga tumbuhan ini bisa sekaligus dijadikan tanaman hias.

Lantas apa saja jenis tanaman yang efektif untuk mengusir nyamuk? Berikut adalah pilihan tanaman yang bisa kita gunakan.

1. Bunga Lavender

Lavender adalah salah satu tumbuhan berbunga yang efektif mengusir nyamuk. Lavender juga menjadi bahan baku lotion pengusir nyamuk. Meski tanaman sanggup mengusir nyamuk, namun aroma yang dihasilkan bunga lavender sangat wangi dan segar sehingga manusia suka dengan aromanya.

lavender Pixabay

Lali, mengapa lavender mampu mengusir nyamuk? Secara ilmiah, hal dikarenakan lavender mengandung zat lynalyl asetat dan linalool yang tidak disukai nyamuk. Tumbuhan lavender mudah ditanam di pot maupun dihalaman rumah.

2. Bunga Geranium

Bunga Geranium juga dipercaya ampuh mengusir nyamuk. Tanaman ini mengandung zat sitronelol dan geraniol yang efektif membuat nyamuk tidak mendekat.

bunga geranium thespruce.com

Menariknya, geranium juga memiliki bunga yang sangat cantik dengan warna yang cerah sehingga cocok dijadikan tanaman hias yang diletakkan di sudut ruangan atau di gantung di sekitar rumah. Tanaman ini juga mudah ditanam, baik di dalam pot maupun di luar ruangan.

3. Tanaman Pennyroyal

Pennyoral adalah tumbuhan yang sering dijadikan tanaman hias. Namun selain itu, tanaman ini juga mempunyai manfaat sebagai pengusir nyamuk.

Pennyroyal thespruce.com

Tanaman pennyroyal sangat cocok ditanam di area pekarangan rumah, dengan begitu nyamuk enggan masuk ke lingkungan rumah kita. Menariknya, lingkungan rumah yang ditanami pennyroyal akan nampak bersih dan terhindar dari berbagai jenis serangga pengganggu.

4. Tumbuhan Akar Kucing

Sebenarnya, tanaman akar kucing lebih populer memicu tingkah reaktif kucing dibandingkan untuk mengusir nyamuk. Namun ternyata tumbuhan ini juga bermanfaat sebagai pengusir nyamuk.

Tanaman Akar Kucing wikimedia

Kita hanya perlu menanam tumbuhan ini di pekarangan rumah. Akar kucing secara alami akan mengeluarkan aroma khas yang tidak disukai nyamuk sehingga rumah kita akan terbebas dari nyamuk.

5. Lemon Balm

Lemon balm adalah tanaman liar yang seringkali tumbuh liar disekitar lingkungan kita. Tanaman lemon balm mengandung senyawa sitronelal dan menghasilkan aroma segar yang tidak disukai oleh nyamuk.

Lemon Balm gettystewart.com

Lemon balm merupakan tanaman rambat yang mudah dan cepat tumbuh. Tanaman ini cocok ditanam di dinding pagar atau rumah bagian depan.

6. Bunga Krisan

Bunga krisan merupakan tanaman hias yang cantik dengan bunga berwarna putih dan merah muda. Tanaman ini menghasilkan aroma wangi yang disukai manusia namun dibenci oleh nyamuk.

gambar bunga krisan dekoruma

Tidak hanya sebagai tanaman hias dan pengusir nyamuk, bunga krisan juga punya manfaat lain, yaitu dapat diseduh menjadi teh herbal. Teh herbal bunga krisan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

7. Tanaman Selasih

Daun selasih dikenal oleh masyarakat sebagai tanaman obat herbal. Selain itu, manfaat lain dari tanaman ini adalah dapat mengusir nyamuk karena aroma khas yang dikeluarkannya.

pohon selasih jurnalasia.com

Untuk menanam tanaman ini caranya juga cukup mudah, kita hanya perlu menanam bibit selasih di tanah yang subur dan melakukan penyiraman secukupnya.

8. Bunga Marigold

Bunga Marigold adalah salah satu tumbuhan yang bisa ditanam untuk tanaman hias sekaligus sebagai tanaman pengusir nyamuk. Banyak pecinta tanaman hias memilih bunga ini untuk mempercantik pekarangan rumah.

Bunga Marigold gardeningknowhow.com

Bunga Marigold tampil dengan warna bunga cerah. Bunganya mengandung zat pyrethrum yang tidak disukai hampir semua serangga termasuk nyamuk.

9. Bunga Kamboja

Meski tanaman kamboja dikenal sebagai bunga keramat, namun untuk mengusir nyamuk, tumbuhan ini dapat dijadikan pilihan. Bunga kamboja mudah ditanam dan dapat berbunga sepanjang tahun.

tanaman kamboja Pixabay

Bunga kamboja menghasilkan senyawa geraniol dan minyak atsiri yang membuat nyamuk enggan mendekatinya.

10. Rosemary

Bunga Rosemary adalah tanaman hias cantik dengan warna ungu yang indah. Selain menjadi tanaman hias, bunga rosemary juga efektif mengusir nyamuk.

Rosemary almanac.com

Alasan yang membuat bunga ini dibenci oleh nyamuk adalah aromanya yang khas. Tumbuhan ini menjadi pilihan tepat bagi kita yang ingin mengusir nyamuk sekaligus menanam tanaman hias.

Selain mudah ditanam, bunga rosemary juga tidak perlu perawatan khusus, bahkan rosemary mampu bertahan dari paparan sinar matahari secara langsung.

11. Tanaman Zodia

Tanaman zodia merupakan salah satu tanaman yang sangat efektif mengusir nyamuk. Tumbuhan ini berasal dari Papua. Selain ampuh membuat nyamuk pergi, tanaman ini juga cantik untuk dijadikan tanaman hias indoor. Aroma khas daun zodia yang segar sangat disukai manusia namun dibenci oleh nyamuk.

Tanaman Zodia goodnewsfromindonesia.id

Perawatan zodia terbilang mudah dan sederhana. Tanaman ini mampu tumbuh subur dengan pencahayaan sinar matahari yang cukup dan penyiraman yang tidak terlalu sering. Tanaman zodia dewasa dapat tumbuh mencapai ketinggian 70 cm sehingga sangat cocok diletakkan di dalam ruangan.

12. Bawang Putih

Siapa yang tidak kenal tanaman ini, bawang putih adalah salah satu bahan yang sering digunakan saat memasak agar cita rasa makanan semakin lezat. Namun selain untuk bahan kuliner, bawang putih juga bisa dijadikan bahan pengusir nyamuk.

bawah putih Pixabay

Caranya cukup mudah, cukup letakkan bawang putih yang telah dikupas pada ventilasi atau di depan pintu rumah. Letakkan bawang putih tersebut di titik-titik sirkulasi udara ruangan. Aroma khas bawang putih akan membuat nyamuk enggan memasuki rumah kita.

Namun jika kita juga kurang suka dengan aroma bawang putih, kita bisa tambahkan essential oil, lilin aroma terapi atau pengharum ruangan untuk menetralisir.

13. Serai Wangi

Tahukah jika ternyata serai juga bermanfaat efektif mengusir nyamuk? Serai wangi atau Cymbopogon Nardus ini mampu mengusir nyamuk melalui ekstraknya yang dioleskan ke kulit sebagai lotion atau mengambilnya melalui teknik penyulingan.

serai Pixabay

Akan tetapi, tingkat ketahanan ekstrak minyak serai wangi hanya mampu bertahan sekitar 2 jam. Hal ini dikarenakan ekstrak minyak ini mudah menguap sehingga setiap dua jam sekali kita wajib mengoleskannya agar tidak tergigit nyamuk.

14. Neem Leaves

Neem leaves adalah tanaman yang berasal dari India. Tumbuhan ini tidak hanya efektif mengusir nyamuk, melainkan mampu mengusir serangga lain yang menjadi hama di sekitar rumah.

neem leaves toiimg.com

Caranya, rebus neem leaves dan ambil air rebusan tersebut setelah dingin. Air tersebut mengandung ekstrak dan bisa dijadikan cairan insektisida yang aman bagi manusia dan hewan lain selain nyamuk.

15. Papermint

Papermint adalah jenis tanaman yang efektif dalam mengusir nyamuk. Tumbuhan ini sangat cocok ditanam di daerah dataran tinggi. Aroma papermint sangat segar, namun nyamuk tidak menyukai aroma ini sehingga tidak akan mendekatinya.

peppermint Pixabay

Selain itu, tanaman ini juga bermanfaat sebagai obat herbal untuk menghilangkan rasa sakit dan luka bekas gigitan serangga. Caranya adalah dengan menumbuk kasar daun papermint dan balurkan ke kulit.

16. Kemangi

Kemangi adalah jenis daun-daunan yang biasa digunakan untuk lalapan . Namun ternyata selain untuk lalapan, tanaman ini juga berfungsi sebagai pembasmi hama seperti nyamuk dan serangga.

Kemangi Pixabay

Hal ini dikarenakan kemangi menghasilkan aroma menyengat yang membuat serangga tidak tahan disekitarnya. Untuk merawat tanaman ini, kita harus menjaga kelembabannya, membuat drainase yang baik, serta menanamnya ditempat cukup sinar matahari.

17. Daun Sage

Sage adalah tanaman hias yang juga berguna dalam mengusir nyamuk. Untuk memperoleh manfaatnya caranya cukup mudah, yaitu ambil beberapa daun tanaman sage kemudian mengeringkannya. Setelah itu, kita bisa mengolahnya menjadi semprotan serangga da sangat efektif untuk mengusir nyamuk.

tanaman sage Pixabay

18. Kecombrang

Tumbuhan ini dikenal baik oleh masyarakat Indonesia sebagai campuran bumbu masakan karena rasanya yang enak. Namun, selain dijadikan bahan makanan, tanaman kecombrang juga bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk. Aroma asam dari tanaman ini sangat tidak disukai oleh nyamuk.

bunga kecombrang detik.com

19. Pohon Kayu Putih

Kayu putih adalah tanaman pohon yang mengeluarkan aroma khas dan menenangkan. Tanaman ini dinilai mampu mengusir nyamuk secara efektif.

pohon kayu putih mywalkaboutplants.com

Kayu putih bisa kita tanam di pot dan letakkan di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Manfaat tanaman ini bisa kita rasakan seharian penuh untuk menangkal nyamuk melalui aromanya yang khas.

20. Cengkeh

Cengkeh yang dikenal sebagai bumbu rempah ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk dan obat herbal. Tanaman ini memiliki tangkai bunga yang kering dan mengeluarkan aroma harum.

pohon cengkeh abahtani.com

Aroma harum ini ternyata tidak disukai oleh nyamuk. Oleh sebab tu, dengan menanam tanaman ini maka lingkungan rumah kita akan terbebas dari nyamuk.

21. Tanaman Suren

Suren atau surian merupakan tanaman pengusir nyamuk yang tak kalah bermanfaat. Tanaman ini termasuk dalam tumbuhan tahunan. Bentuknya menyerupai pohon dan pertumbuhannya terbilang cepat.

Tanaman Suren wikimedia

Daun dari tanaman surian mengeluarkan aroma yang cukup tajam dan pada umumnya digunakan sebagai tanaman pengusir serangga termasuk nyamuk. Selain itu, kulit batangnya juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan mentah insektisida nabati. Namun hal ini tidak begitu direkomendasikan karena dapat mengganggu pertumbuhan tanaman.

22. Mintrosa of Lady Diana

Mintrosa of Lady Diana atau bernama latin Pelargonium Graveolens adalah tanaman yang berasal dari Belanda. Sejak zaman dahulu, tanaman ini dikenal ampuh mengusir nyamuk.

Mintrosa of Lady Diana ikarianature.com

Manfaat ini diperoleh dari aroma khas yang dihasilkannya.Akan tetapi, untuk mendapatkan tumbuhan ini masih cukup sulit di Indonesia.