Tanaman Rambat – Pengertian dan 20 Jenis Tumbuhan Merambat

Jenis tanaman hias tidak hanya berupa tumbuhan yang ditanam di dalam pot maupun pekarangan, melainkan ada pula jenis tumbuhan dekoratif lain seperti tanaman rambat. Disamping memberikan kesan indah, tanaman rambat juga berfungsi sebagai peneduh.

Pengertian Tanaman Rambat

Tanaman rambat adalah salah satu jenis tanaman yang menjadi bagian dari tanaman hias. Umumnya tanaman rambat dipilih untuk mempercantik rumah, pagar, tembok, atau kanopi, sebab beberapa jenis tumbuhan merambat memiliki warna dan bentuk yang menawan.

Tanaman merambat terdiri dari dua jenis, yakni tanaman rambat berbunga dan tanaman rambat daun. Berbagai jenis flora bisa dijadikan tanaman rambat, asalkan pertumbuhannya merambat serta mempunyai toleransi tinggi terhadap panas jika digunakan sebagai tanaman kanopi.

Bagi yang masih awam dengan jenis tanaman ini, berikut ini adalah penjelasan serta pilihan tanaman rambat yang bisa kita tanam agar lingkungan sekitar nampak asri dan teduh.

20 Tanaman Rambat

Di kota-kota besar di Indonesia, pada siang hari terutama di musim kemarau suhu udaranya sangat tinggi, mencapai 32 hingga 35 derajat Celcius. Dengan suhu tinggi tersebut, banyak orang yang menggunakan AC atau kipas angin untuk membuat udara di dalam rumah tetap sejuk.

Namun, tentu kita tidak akan terus-terusan menyalakan AC atau kipas angin bukan? Sebab selain boros dari segi keuangan, penggunaan energi listrik secara berlebihan juga berdampak terhadap alam. Menyalakan AC atau kipas angin akan membuat tagihan listrik kita membengkak sekaligus bertolak belakang dengan misi ramah lingkungan.

Lantas bagaimana cara alami agar rumah kita sejuk saat musim kemarau atau udara panas? Caranya cukup mudah, kita bisa memanfaatkan tanaman hias merambat. Selain membuat udara sejuk dan asri, tanaman merambat juga akan mempercantik hunian.

1. Wisteria

Tanaman rambat yang pertama adalah wisteria. Tumbuhan ini memiliki bunga menjuntai kebawah berwarna ungu dan corak putih pada bagian dalamnya. Jika bunga rambat ini ditanam dengan baik, maka mampu bertahan hidup hingga ratusan tahun lamanya.

wisteria marthastewart.com

Namun sayangnya, bunga ini harus dirawat secara khusus dan pemeliharaannya terbilang sulit, meliputi pembibitan hingga pemindahannya ke tanah. Oleh sebab itu, tidak heran jika bunga wisteria harganya mahal.

baca juga:  Bunga Tulip - Sejarah, Asal, Sebaran, Taksonomi, Ciri, 8 Jenis Tulip Unik

2. Mandevilla

Tumbuhan merambat berikutnya adalah Mandevilia. Tanaman ini seringkali dipilih sebagai penghias dinding bagian luar rumah dan penghias pagar.

mandevilla wikimedia

Bunga mandevilla memiliki warna beraneka ragam, mulai dari merah, putih, dan merah jambu. Namun sayangnya, batang tanaman ini tidak terlalu kuat sehingga jika ingin mendapatkan bentuk maksimal harus mengikat beberapa bagian sudutnya agar dapat merambat dengan sempurna.

Tanaman mandevillia dapat tumbuh dengan baik jika mendapatkan cahaya matahari cukup. Akan tetapi, flora ini rentan dengan cacing tanah sehingga jika kita berencana menanam bunga rambat ini, sebaiknya gunakan media tanam selain tanah, yakni menggunakan arang kelapa.

3. Morning Glory

Morning Glory adalah tanaman merambat yang cukup popular karena memiliki bentuk bunga unik layaknya terompet. Keunikan lain dari bunga morning glory adalah waktu mekarnya hanya di pagi hari. Selain itu, jika mendapatkan cahaya matahari cukup, maka bunga ini akan mengalami perubahan warna menjadi biru maupun ungu terang.

morning glory pe.com

Bunga morning glori tidak memerlukan perawatan khusus agar tumbuh subur. Kita hanya perlu menyiramnya seminggu sekali dan melakukan pemupukan setidaknya setiap 2 bulan sekali. Kekurangan dari tanaman rambat ini adalah kemampuan bertahan hidupnya yang kurang dari 1 tahun.

4. Bunga Bougenville

Bougenvile merupakan tanaman rambat dengan kelopak bunga setipis kertas. Menariknya, tanaman ini tidak memerlukan perawatan khusus untuk membuatnya bertahan hidup.

Bougainville Barbara Karst writeonrubee.com

Bunga bougenville adalah jenis tanaman hias yang mampu hidup di udara panas. Penyiraman tanaman pun tidak perlu dilakukan setiap hari.

5. Bunga Air Mata Pengantin

Air mata pengantin adalah tanaman bunga merambat yang menghasilkan bunga berwarna kombinasi antara merah jambu dan putih. Tumbuhan merambat ini berasal dari meksiko dengan nama latin Antigonon Leptopus.

Bunga Air Mata Pengantin dekoruma.com

Tidak hanya unggul pada kecantikan visualnya, tetapi bunga ini juga memiliki kemampuan bertahan hidup lama. Tanaman ini juga tidak membutuhkan perawatan khusus karena termasuk kategori gulma.

6. Alamanda

Tanaman rambat berikut adalah Alamanda, yaitu flora dengan bunga berwarna kuning. Biasanya tumbuhan ini ditanam di dinding luar rumah atau dijadikan tanaman pagar.

gambar bunga alamanda paktanidigital.com

Alamanda yang tumbuh menjalar ini sekaligus menjadi tanaman hias karena mempunyai bunga berwarna cerah sehingga memberikan aksen ceria. Keunggulan alamanda adalah kemampuannya bertahan hidup di cuaca panas.

Jika kita berencana memasangnya sebagai hiasan kanopi, pastikan kanopi terpasang kuat karena tanaman merambat ini memiliki daun lebat. Bunga alamanda seringkali juga disebut sebagai bunga terompet, bunga lonceng dan bunga buttercup.

7. Tanaman Rambat Soapwort

Soapwort merupakan salah satu jenis tanaman hias yang pertumbuhannya tergolong cepat. Pertumbuhan tanaman ini menyebar sehingga dapat menutupi dinding dan kanopi.

baca juga:  Binahong - Taksonomi, Morfologi, Manfaat & Cara Menanam
Soapwort herbsociety.org.uk

Tanaman soapwort memiliki bunga berwarna cerah yang enak dipandang. Menariknya, bunga ini juga dimanfaatkan sebagai bahan sabun alami.

8. Tanaman Rambat Dollar

Tanaman merambat berikutnya ini cukup popular di kalangan masyarakat. Tumbuhan ini memiliki daun berwarna hijau cerah dan mengkilap sehingga memberikan kesan asri dan segar bagi rumah kita.

Tanaman Rambat Dollar sinoxnursery.com

Keunggulan dari tumbuhan merambat ini adalah struktur akar yang mencengkram kuat pada bidang rambat sehingga sangat cocok ditanam di tembok ataupun pagar rumah. Perawatan tanaman ini pun juga terbilang sangat mudah.

9. Flame of Irian

Sesuai dengan namanya, tanaman merambat ini berasal dari Irian atau sekarang bernama Papua. Tumbuhan ini mempunyai kemampuan hidup sangat batik meski di cuaca panas sekalipun.

Flame of Irian Pinterest

Flame of Irian memiliki bentuk menjuntai sehingga cocok untuk dijadikan tanaman kanopi rumah. Namun sayangnya, tanaman ini cukup langka sehingga jika kita berniat membelinya, maka harus menyiapkan uang lebih.

10. Sirih Merah

Sirih merah merupakan salah satu jenis tanaman rambat yang diminati banyak orang. Tumbuhan ini memiliki bentuk daun menyerupai hati dengan warna merah terang dan bagian atasnya daun ini memiliki corak putih keabu-abuan mengkilap.

Sirih Merah wikimedia

Selain dikenal sebagai tumbuhan rambat, daun sirih merah juga dikenal sebagai tanaman obat herbal karena mempunyai banyak manfaat, seperti menyehatkan gigi, mencegah infeksi bakteri dan mengatasi berbagai penyakit kulit.

11. Clematis

Clematis merupakan tanaman rambat yang tumbuh pada daerah dengan suhu udara yang sejuk. Tanaman rambat ini memiliki bentuk bunga yang mirip dengan bunga melati. Hanya saja bunga ini memiliki berbagai jenis warna mulai dari merah muda, merah mawar, kuning, putih, biru dan ungu.

Clematis Pinterest

Tanaman rambat clematis dapat timbuh berbunga sepanjang tahun. Sekalinya berbunga, bunga yang dihasilkan juga cukup banyak dan mengeluarkan aroma wangi yang khas dan menenangkan.

12. Petrea Volubilis

Tanaman ini dinilai menyerupai bunga lavender. Pertumbuhannya yang merambat membuat tumbuhan ini masuk jenis tanaman hias rambat dengan warna yang indah. Namun sayangnya, usia tumbuhnya bunga ini tergolong pendek. Setelah bunga petrea volubilis mekar beberapa hari, maka akan layu dan warnanya berubah dari ungu menjadi warna abu-abu.

Petrea Volubilis theparkpress.com

Tanaman ini mudah ditanam dan bisa tumbuh di jenis tanah lembab hingga sedikit kering, baik pada cahaya matahari rendah maupun terang. Petrea Volubilis biasanya ditanam di dekat pagar karena bunganya yang indah menciptakan kesan rumah yang cantik.

13. Jalaran Api

Tanaman hias rambat ini memiliki bunga menyerupai semburan api sehingga disebut dengan jalaran api. Meski demikian, warna yang ditampilkan bunga ini sangat indah dan mampu membuat hunian tampak cerah ceria.

baca juga:  Hidroponik - Pengertian, Sejarah, Kelebihan, Kekurangan, Jenis, Penerapan & Media Tanam
Jalaran Api jamuin.com

Biasanya tanaman jalaran api digunakan sebagai hiasan pada bagian dinding luar rumah, kanopi atau pagar rumah.

14. Climbing Hydrangea

Climbing Hydrangea merupakan tanaman rambat yang cocok dimanfaatkan sebagai penutup alami area terbuka di sekitar rumah.

Climbing Hydrangea thespruce.com

Daun dari tumbuhan merambat ini berbentuk hati dengan bunga berwarna putih. Oleh sebab itu, tanaman rambat Climbing Hydrangea banyak dipilih sebagai tanaman hias karena aksen yang dimilikinya.

15. Tanaman Dipladenia

Dipladenia adalah salah satu jenis tanaman rambat yang tepat untuk menghiasi dinding dan pagar rumah. Tumbuhan ini mirip dengan tanaman mandevilia karena masih satu keluarga.

dipladenia Pinterest

Bunga dipladenia berbentuk adenium dengan warna merah menyala dan daun berukuran kecil.

16. Tumbuhan Begonia

Begonia merupakan salah satu tanaman rambat yang mampu bertahan di cuaca panas. Flora ini terdiri dari 1.700 jenis yang tersebar di seluruh dunia.

gambar bunga begonia infobdg.com

Bunga begonia berwarna merah muda dengan putik berwarna kuning, sehingga membuatnya juga cocok dijadikan tanaman hias.

17. Bunga Ivy

Ciri khas utama tanaman ivy adalah bentuk daun segitiga dengan batang yang tumbuh menjalar. Bunga ini memiliki pertumbuhan yang sangat cepat. Menariknya, bunga ivy mampu tumbuh di berbagai tempat baik di dinding, pagar, batang pohon dan lain sebagainya. Kemampuan hidupnya cukup lama dan termasuk jenis tanaman evergreen.

tanaman ivy thespruce.com

Tumbuhan ini mampu menyerap polusi di lingkungan sekitar sehingga tidak cocok ditanam di kawasan perkotaan. Namun sayangnya, bunga ivy memiliki kekurangan dimana bila getahnya terkena kulit, maka akan menyebabkan alergi dan iritasi, seperti mengalami sensasi terbakar.

18. Pothos Scandens

Pothos Scandes adalah tanaman rambat yang dapat tumbuh mencapai 6 meter. Tumbuhan merambat ini sangat cocok bagi kita yang menginginkan rumah tampak sejuk dan asri.

Pothos Scandens plantsoftheworldonline.org/

Perawatan Pothos Scandens juga terbilang cukup mudah, sehingga bisa ditanam oleh siapapun.

19. Zebrina Pendula

Tanaman hias rambat ini mempunyai daun yang menjulur panjang dan agak lebat. Daun-daunnya memiliki motif garis unik dengan warna hijau tua dan pinggiran daunnya yang berwarna lebih terang.

Zebrina Pendula concordhouseplants.com

Tanaman rambat ini menghasilkan bunga yang indah. Selain sebagai tanaman rambat hias, zebrina pendula juga seringkali digunakan sebagai tanaman herbal.

20. Tanaman Arumdalu

Tumbuhan merambat yang terakhir adalah arumdalu. Dalam bahasa Jawa, arum artinya adalah wangi dan ndalu memiliki arti malam hari, maka jika digabungkan arumdalu bermakna bunga yang harum dimalam hari.

arumdalu Pinterest

Sesuai dengan namanya, tanaman ini benar-benar mekar saat malam hari dengan aroma bunga manis yang khas.