Telaga Claket – Ranu Kumbolo Pindah ke Wonogiri!

Jika Gunung Semeru punya telaga Ranu Kumbolo yang begitu indah, di Wonogiri ternyata ada tempat yang dijuluki Ranu Kumbolo, yaitu Telaga Claket.

Wisata alam yang Telaga Claket terletak di Dusun Keblokan, Desa Sendangijo, Kecamatan Selorigi, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Dari pusat kota Wonogiri, jaraknya sekitar 10 km yang bisa ditempuh kurang dari 30 menit.

Meski lokasinya bukan di gunung, lalu kenapa bisa panorama alamnya disandingkan dengan Ranu Kumbolo?

Bukan di pegunungan, telaga ini berada di kaki Bukit Widodaren. Sekeliling danau ditumbuhi rerumputan hijau yang begitu asri serta warna-warni bunga yang indah, hal inilah yang menjadikan Telaga Claket dijuluki Ranu Kumbolo Wonogiri.

Untuk berkunjung dan menikmati pemadangannya, kita bisa masuk dari sisi timur telaga dan akan melihat bukit yang berada di sebelah barat. Sudut pandang ini memberikan panorama seakan berada di Miniatur Ranu Kumbolo.

Saat berlibur di telaga ini, kita bisa memilih beragam spot foto yang ditelah dihias dengan ornamen tertentu oleh pihak pengelola. Ada pula gazebo yang didirikan di tepi danau dan bisa kita gunakan untuk bersantai menikmati sejuknya telaga.

telaga claket debilz.com

Selain itu, di Telaga Claket juga ada wisata agro, seperti memancing ikan sampai melihat ternak kambing yang digembala oleh warga.

Berbeda dengan Ranu Kumbolo yang keindahannya nampak di pagi hari saat matahari terbit, pemandangan Telaga Claket akan nampak indah pada sore hari saat matahari mulai tergelincir. Gradasi warna jingga di langit berpadu dengan panorama telaga memberikan nuansa menenangkan.

Area wisata ini buka mulai pukul 07.00 pagi hingga menjelang maghrib. Beberapa fasilitas yang disediakan pengelola antara lain tempat parkir, kamar mandi, toilet, mushola dan penginapan. Untuk tiket masuknya sangatlah murah, yaitu Rp 5.000 per orang dan biaya parkir Rp 2.00 untuk motor serta Rp 3.000 untuk mobil.

Meski keindahannya tak bisa menyamai Ranu Kumbolo sepenuhnya, namun Telaga Claket layak masuk dalam agenda wisata yang patut dikunjungi!

Jadi kapan kamu akan kesini?