Telaga Warna Dieng – Danau Berwarna Unik di Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo

Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan wisata alam yang berada diantara beberapa gunung berapi. Disini terdapat banyak kawah aktif dengan puncak-puncak kecil sebagai bukti aktivitas vulkanik aktif.

Dieng merupakan salah satu tujuan wisata favorit di Jawa Tengah. Bukan tanpa sebab, dataran tinggi yang berada di ketinggian lebih dari 2.00 mdpl ini mempunyai pemandangan yang indah, hawa sejuk serta obyek bermacam-macam, seperti Telaga Merdada, Telaga Pengilon, Telaga Cebong, Telaga Menjir, dan Telaga Warna. Selain itu, wisata budaya berupa candi-candi peninggalan Hindu juga banyak ditemukan disini.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai obyek wisata alam Telaga Warna Dieng, sebuah telah yang warna airnya bisa berubah-ubah mirip Danau Kelimutu di Nusa Tenggara Timur.

telaga warna dieng wikimedia.org

Telaga ini terletak di Desa Dieng, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah. Untuk memasuki area wisata ini, sebagai wisatawan lokal kita akan dikenakan tarif Rp 12.500 pada hari Senin hingga Jumat dan pada akhir pekan tarifnya naik menjadi Rp 15.000. Sedangkan untuk wisatawan asing biaya masuknya lebih tinggi, yakni Rp 100.000 di hari biasa dan Rp 150.000 saat weekend.

Keunikan dari telaga ini adalah airnya yang bisa berubah-ubah dari warna hijau, kuning dan aneka warna pelangi. Fenomena ini bisa terjadi karena kandungan sulfur tinggi di air telaga, sehingga jika terkena sinar matahari maka airnya akan berubah warna.

Selain dijelaskan oleh fakta ilmiah berupa adanya kandungan sulfur, masyarakat sekitar Dieng mempercayai adanya legenda zaman dahulu. Diceritakan bahwa hiduplah seorang Prabu Suwartalaya dan permasuri Ratu Purbamanah. Keduanya adalah pemimpin kerajaan bernama Kutatanggeuhan dengan sifat adil dan bijaksana sehingga rakyat hidp damai sejahtera.

Namun mereka belum mempunyai keturunan, sehingga sang ratu sering menangis dan bersedih. Melihat sang istri dalam kondisi tersebut, sang prabut turu bersedih kemudian melakukan perjalanan menuju hutan untuk berdo’a agar dikaruniai anak. Selang beberapa bulan kemudian, sang ratu hamil dan menjadi kabar gembira bagi seluruh rakyat kerajaan.

Selanjutnya lahirlah seorang putri cantik yang diberi nama Gilang Rukmini. Kedua orang tuanya sanga menyayanginya dan seluruh permintaan putri selalui dipenuhi. Sang putri tumbuh menjadi pribadi manja dan saat akan menginjak usia 17 tahun seluruh penduduk kerajaan ramai mendatangi kerajaan untuk memberikan hadiah.

Dari sekian banyak hadiah yang terkumpul, sang prabu mengambil sebuah emas batangan yang disepuh menjadi kalung untuk putrinya. Saat ulang tahun tiba dan rakyat berkumpul di alun-alun untuk melihat ayahnya memberikan kalung tersebut, ternyata putirunya justru membuang jalung tersebut.

Melihat sikap tersebut, sang prabu dan seluruh penduduk pun menangis sehingga air mata mereka membanjir alun-alun kerajaan. Dari air mata itulah terbentuk danau yang saat ini dikenal dengan Telaga Warna Dieng.

wisata telaga warna dieng wisatadieng.net

Terlepas dari adanya mitos tersebut, asilitas wisata di Telaga Warna sudah cukup lengkap demi menunjang kenyamanan pengunjung, antara lain tersedianya tempat parkir luas, mushola, warung makan, kamar mandi dan WC umum.

Obyek wisata Telaga Warna di Dieng mulai buka pukul 08.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Nah, berikut ini adalah berbagai kegiatan yang bisa kita lakukan untuk mengisi rekreasi di telaga ini, yaitu:

  • Trekking

Di telaga ini kita bisa berjalan-jalan menuju puncak Bukit Sidengkeng. Melalui puncak bukit ini kita bisa menikmati panorama Telaga Warna Dieng sepenuhnya. Kita bisa mengamati telaha dari gardu pandang yang disediakan pengelola. Melalui gardu pandang ini pula kita bisa berfoto dengan latar belakang Telaga Warna Dieng sekaligus Telaha Pengilon.

  • Taman Bunga

Di perjalanan menuju Bukit Sidengkeng, dipastikan kita akan melewati taman yang ditumbuhi berwarna-warni bunga. Taman bunga bernama Wana Wisata Petak Simbelan Bukit Sidengkeng ini ini letaknya tepat di gerbang Bukit Sidengkeng.

  • Menikmati Pemandangan Telaga

Pepohonan hijau, air jernih dan udara sejuk adalah tiga hal utama yang kita cari saat berlibur ke Dieng. Disini kita bisa menikmati ketiganya sekaligus dan mengisi waktu dengan berbagai kegiatan bersama teman, keluarga maupun pasangan.

  • Hunting Foto

Apa jadinya jika berlibur ke tempat indah namun tak mengabadikannya? Nah, di telaga ini tersedia berbagai spot foto menarik yang bisa menjadi pilihan. Berlatar pemandangan super keren tentunya hal ini akan menjad sebuah kenang-kenangan yang tak terlupakan bukan?

  • Batu Pandang Dieng

Batu Pandang merupakan bukit lokasi favorit wisatawan untuk melihat pemandangan Telaga Warna Dieng dari atas bukit. Sungguh sangat menyesal bila jauh-jauh datang kesini tanpa mengunjunginya. Lokasi bukit berada di sebelah Dieng Plateau Theatre.