Ular Weling – Taksonomi, Karakteristik, Habitat, Mitos, Keunikan & Cara Menangani Gigitan

Indonesia adalah salah satu negara dengan populasi ular terbanyak di dunia. Kondisi ini didukung oleh iklim tropis Indonesia dengan hutan tropis yang lembab.

Maka dari itu, tidak heran jika ada banyak kasus mengenai gigitan ular bahkan hingga menyebabkan kematian. Salah satu ular berbisa mematikan yang kasus gigitannya sering terjadi di Indonesia adalah ular weling.

Taksonomi

Ular weling memiliki nama ilmiah Bungarus Candidus ini merupakan ular dari keluarga Elapidae yang sebarannya meliputi Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietman, dan Kamboja. Di Indonesia sendiri, ular ini tersebar di beberapa pulau utama, seperti Pulau Jawa, Sumatera, Bali hingga Sulawesi.

DomainEukaryota
KingdomAnimalia
PhylumChordata
ClassReptilia
OrderSquamata
SuborderSerpentes
FamilyElapidae
GenusBungarus
SpeciesB. candidus

Karakteristik

Ular weling memiliki tubuh berwarna belang putih dan hitam dengan panjang rata-rata 1 hingga 1,5 meter, sedangkan panjang maksimum ular ini adalah 1,85 meter. Ular ini masuk dalam kategori salah satu ular yang paling mematikan di dunia. Jika manusia tergigit ular ini, maka akan segera mengalami pembengkakan, gatal hingga mati rasa.

gigitan ular weling headtopics.com

Efek yang ditimbulkan dari racun ular weling tersebut akan menyebabkan rasa tidak nyaman seperti sesak dada, lemas dan kesulitas bernafas sehingga menyebabkan kematian.

Habitat

Ular Weling dapat ditemukan di dataran rendah atau kawasan lembab. Ular ini juga seringkali ditemukan di semak belukar, ladang pertanian, serta hutan bakau. Sedangkan di ekositem perairan, ular ini bisa ditemukan di persawahan, sungai ataupun parit.

Ular weling aktif pada malam hari, sedangkan pada siang harinya ular ini akan menghabiskan waktu di tempat persembunyiannya, baik di lubang maupun di tempat lainnya. Makanan utama ular ini adalah ikan, belut, kadal, atau tikus. Namun,terkadang ular ini juga memangsa spesiesnya sendiri.

Mitos Ular Weling

Tentu semua orang tahu jika ular ini dianggap sebagai ular mematikan di dunia. Dalam kepercayaan masyarakat tradisional pun, ular ini tidak hanya berbahaya secara medis, sebab ular weling juga dikaitkan dengan unsur-unsur magis.

Ada banyak sekali mitos berkaitan dengan ular ini. Percaya atau tidak, berikut adalah mitos tentang ular weling yang perlu kita ketahui.

1. Makhluk Jadi-Jadian

Sebagian masyarakat percaya bahwa ular weling dianggap sebagai makhluk jadi-jadian. Sebenarnya tidak hanya weling yang dianggap sebagai jelmaan, sebab beberapa ular lain juga dianggap sebagai makhluk jadi-jadian, seperti ular kobra, ular sawah dan berbagai ular lainnya. Banyak masyarakat percaya, bahwa ular ini bukanlah makhluk biasa sehingga sangat berbahaya.

2. Bahaya Jika Dibunuh

Banyak orang percaya jika kita membunuh ular weling dan ular tersebut mati, konon katanya pasangan ular ini akan mencari dan mengejar manusia yang membunuhnya.

Bahkan menurut mitos, pasangan ular yang dibunuh tersebut akan membalas dendamnya pada manusia yang membunuhnya.

3. Pertana Kehilangan Anggota Keluarga

Masyarakat lokal sebagian mempercayai jika ular weling memasuki rumah maka menjadi pertanda bahwa akan ada kabar duka dari anggota keluarga.

Menurut kepercayaan masyarakat, hal ini tidak hanya berupa kematian keluarga terdekat, namun saudara yang sedang merantau pun bisa mengalami kondisi buruk.

4. Pertanda sial

Masyarakat Jawa percaya bahwa kehadiran ular weling dianggap sebagai keadaan yang harus diwaspadai. Orang Jawa percaya bahwa kedatangan ular ini adalah pertanda kesialan. Hal tersebut bisa menimpa siapa pun yang ada di sekitar kita.

5. Pengingat Janji

Selain hal-hal buruk, ada mitos unik yang dipercaya sebagian masyarakat jika bertemu dengan ular ini. Jika seorang manusia menemukan ular weling maka konon seseorang tersebut mendapat sebuah pengingat janji yang belum terpenuhi.

Fakta Unik

Ular weling menjadi salah satu ular dengan racun berbahaya di dunia. Selain itu, ular ini juga memiliki sejumlah fakta menarik sebagai berikut:

  • Ular weling dianggap lebih beracun dibandingkan ular kobra.
  • Bisa ular ini dapat menyebabkan kerusakan otak.
  • Efek dari gigitan ular ini tidak menyakitkan namun sangat mematikan.
  • Nyawa orang atau mangsa yang terkena gigitan akan melayang dalam 5 sampai 20 jam setelah digigit.
  • Habitat ular weling sangat dekat dengan manusia karena ular ini hidup di lahan pertanian, pegunungan, perkebunan, semak belukar hingga pemukiman manusia seperti ular sawah.

Cara Menangani Gigitan Ular Weling

Siapapun pasti takut terkena gigitan ular weling. Namun jika hal tersebut terjadi pada kita atau orang terdekat, maka jangan panik dan lakukan penanganan tepat.

ular weling ensiklopediaindonesia.com

Oleh sebab itu, agar tidak salah dalam melakukan penanganan akiabr gigitan ular weling. Berikut adalah cara yang bisa kita lakukan, yaitu:

  • Balut bagian yang tergigit dari bagian bawah hingga ke atas sampai bagian terluar luka gigitan.
  • Jika yang tergigit adalah bagian tubuh seperti lengan atau kaki, maka sebaiknya jangan banyak bergerak agar racun tidak menyebar ke tubuh lain.
  • Sebelum bagian tubuh membengkak, maka segera lepas perhiasan yang dikenakan. Sebab jika bagian tubuh membengkak, maka akan sulit untuk melepaskan perhiasan yang dikenakan.
  • Tempatkan diri dengan baik, pastikan bagian yang tergigit ular berada di posisi lebih rendah daripada jantung.
  • Bersihkan lukanya, tidak perlu dengan menyiram air, kita bisa menutup luka dengan kain bersih dan kering.
  • Gunakan bidai agar bagian dalam yang terkena gigitan tidak menyebar. Namun pastikan jangan mengikatnya terlalu kencang agar darah tetap mengalir secara lancar.
  • Tidak perlu menggunakan turniket atau benda apapun untuk membendung bagian yang terkena gigitan ular.
  • Jangan coba-coba menghilangkan luka atau membuang racunnya.
  • Jika memungkinkan, coba perhatikan jenis ular apa yang telah menggigit, karena jika kita mengetahui jenis ular tersebut maka akan memudahkan dalam melakukan perawatan dan penanganan.
  • Segeralah ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan medis dan serum anti bisa ular weling.