Hari Susu Sedunia – 1 Juni

5/5 - (1 vote)

Susu merupakan cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu spesies mamalia, termasuk hewan dan manusia. Susu binatang seperti sapi dapat diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan sebagainya sebagai produk konsumsi.

Berkaitan dengan susu, ternyata pada pula Hari Susu Sedunia yang diselenggarakan setiap 1 Juni. Kampanye ini dipelopori oleh Food and Agriculture Organization (FAO) atau Organisasi Makanan dan Pertanian yang berada di bawah PBB. Kampanye ini diselenggarakan agar masyarakat global mengetahui pentingnya susu sebagai asupan gizi..

Hari Susu Sedunia pertama kali diperingati pada tanggal 1 Juni 2001. Di setiap hari peringatannya, publik akan diberikan informasi tentang pentingnya mengonsumsi susu dan produk-produk hasil olahan susu lainnya. Kampanye tentang susu ini dilakukan dalam bentuk berbagai kegiatan di banyak negara seluruh dunia.

Sejarah Hari Susu Sedunia

Sebelum diresmikan oleh FAO, sebenarnya sudah banyak negara yang merayakan Hari Susu di negaranya masing-masing. Selanjutnya pada tahun 2001, FAO mencetuskan peresmian tanggal tersebut sebagai Hari Susu Sedunia. Dengan demikian, agenda kegiatan yang hendak digelar bisa dilakukan secara serempak dan lebih terkonsep.

world milk day mamypoko

Di hari perayaan khusus susu ini diharapkan perhatian terhadap susu lebih meningkat. Dengan demikian masyarakat dunia lebih menyadari bahwa susu penting untuk dijadikan konsumsi sehari-hari. Selain itu, diharapkan para produsen susu dan produk olahan susu melaksanakan proses produksi yang higienis, bertanggung jawab, dan menggunakan teknologi ramah lingkungan.

baca juga:  Daftar Tumbuhan & Hewan yang Dilindungi di Indonesia

Dengan mengonsumsi susu, maka dapat membantu kelompok masyarakat yang hidupnya bergantung dari susu. Menurut data yang dimiliki FAO, ada sekitar 1 miliar orang di dunia yang kehidupannya bergantung pada produksi susu dan produk olahannya.

Saat ini, sekitar 6 miliar orang yang rajin mengonsumsi susu di seluruh dunia. Hal ini menunjukkan bahwa susu telah menjadi kebutuhan makanan global.

Dukungan Oleh Berbagai Negara

Setiap tahun, Hari Susu Sedunia diperingati dengan tema yang berbeda-beda. Keseragaman tema diatur oleh FAO dan semua informasi mengenai Hari Susu Sedunia bisa didapatkan di situs resmi FAO. Setiap tahunnya jumlah negara yang turut berpartisipasi memperingati hari ini semakin bertambah.

Kegiatan yang dilakukan pun beragam, disesuaikan dengan tradisi masing-masing negara. Ada yang menyelenggarakan kompetisi olahraga, pameran, kontes makanan, kontes foto, konferensi nutrisi, dan kegiatan lainnya.