Pulau Angso Duo – Wisata Bahari Pariaman nan Eksotis

Pulau Angso Duo adalah salah satu potensi wisata alam di Kota Pariaman. Pulau berukuran kecil ini memiliki kecantikan luar biasa yang menjadi magnet wisatawan dan layak untuk dikunjungi.

Kawasan wisata Pulau Angso Duo berada di Kelurahan Pasir, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat. Pulau ini adalah satu dari enam gugusan pulau yang ada di Pantai Pariaman. Luas keseluruhannya sekitar 5,13 hektar dengan 1,25 hektar berupa hamparan pasir putih nan lembut. Sisanya ditumbuhi berbagai pepohonan, termasuk pohon kelapa yang memberikan keteduhan di pesisir pantai.

Selain keindahan area daratan, wilayah perairan Pulau Angso Duo juga sangat mempesona. Berbagai jenis ikan dan terumbu karang menghiasi air lautnya yang jernih, bahkan kita bisa mencoba mencicipi kuliner laut khas daerah ini.

pulau angso duo travelingyuk.com

Lokasi wisata alam ini mempunyai beberapa fasilitas dan bisa mendukung sektor pariwisata demi kenyamanan pengunjung, seperti penginapan, kamar mandi, mushola dan wahana permainan air.

Obyek rekreasi Pulau Angso Duo buka setiap hari dengan jam operasi antara pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore. Untuk memasukinya, kita hanya perlu merogoh biaya sekitar Rp 25.000, tidak peduli hari biasa atau akhir pekan tarifnya tetap sama.

Seperti berwisata di pantai pada umumnya, ketika mengunjungi pulau ini sebaiknya lakukan persiapan berikut, antara lain:

  • Gunakanlah sun block agar kulitmu yang terpapar terik sinar matahari dapat terlindungi
  • Bawalah pakaian ganti karena dipastikan kita akan berbasah-basahan disini. Kita bisa memilih berbagai permainan air, seperti diving, snorkeling, hingga memancing di etpi pantai
  • Berkungjunglah ketika cuaca cerah, sebab jika berwisata di area pantai pada cuaca mendung atau hujan pasti tidak akan maksimal

Bagi yang ingin datang ke Pulau Angso Duo, wisatawan bisa melakukan perjalanan darat sekitar 1 jam dari kota Padang atau sekitar 65 km. Kemudian perjalanan diteruskan selama 15 menit dari Kota Pariaman dengan melewati beberapa pantai lain, seperti Pantai Cermin, Kata dan Gandoriah.

wanita di pantai jelajahkhatulistiwa.com

Tidak hanya sebagai kawasan wisata, Pulau Angso Duo juga memilki nilai sejarah. Masyarakat setempat percaya jika di pulau ini terdapat makam yang usianya ratusan tahun, sehingga ada juga wisatawan yang bertujuan untuk ziarah.

Banyak yang meyakini bahwa makam tersebut adalah persemayaman Syekh Katik Songko, yaitu kerabat dekat ulama Minangkabau bernama Syekh Burhanuddin.