Hari Air Sedunia – 22 Maret

Hari Air Sedunia diperingati setiap 22 Maret. Hari tersebut adalah salah satu hari perayaan yang dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Hari Air Internasional diperingati secara khusus dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keberadaan air bersih. Air bersih yang dimaksud adalah sumber air alami, selain air laut dan air payau.

Setiap tahunnya, Hari Air Sedunia diperingati dengan tema yang variatif, semuanya berhubungan dengan air bersih. Setiap tahun PBB juga merilis United Nations World Water Development Report (UN WWDR), yaitu merupakan laporan pengembangan dan pembangunan air bersih di seluruh dunia.

UN Water adalah pihak penyelenggara utama peringatan Hari Air Sedunia. Semua tema yang dipilih dikonsultasikan dengan organisasi PBB yang terlibat dengan lingkungan hidup. Kegiatan perayaan Hari Air Sedunia dilakukan dalam berbagai cara, tergantung dari kebijakan masing-masing negara. Ada yang membuat pertunjukan musikal, teatrikal, pameran, lomba, dan lain-lain.

Sejarah Hari Air Sedunia

Peringatan Hari Air Sedunia pertama kali diajukan secara resmi di dalam Agenda 21, sebuah agenda untuk rencana kegiatan PBB. Agenda tersebut disusun pada konferensi PBB yang diselenggarakan di Rio de Janeiro pada tahun 1992, yaitu United Nations Conference on Environment and Development.

world water day uwaterloo.ca

Selanjutnya, pada Sidang Umum PBB yang diselenggarakan di akhir tahun 1992, ide ini disetujui dan tanggal 22 Maret ditetapkan sebagai Hari Air Sedunia. Kemudian pada tahun 1993, peringatan Hari Air Sedunia pertama kali diadakan secara resmi.

Tujuan Hari Air Sedunia

Dengan membuat hari khusus untuk memperingati keberadaan air bersih, PBB berharap hari tersebut dapat menginspirasi masyarakat dunia untuk belajar lebih dalam tentang segala hal yang berkaitan dengan air bersih. Hal tersebut meliputi pentingnya menjaga ketersediaan air bersih hingga berbagai masalah terkini berkaitan dengan air.

Dengan demikian, diharapkan warga dunia kan ikut beraksi dan berpartisipasi dalam mengatasi masalah yang berkaitan dengan air di sekitar lingkungan mereka.

Masalah Air Bersih

Dengan adanya Hari Air Sedunia, diharapkan warga dunia mengetahui tentang berbagai masalah yang berkaitan dengan air bersih. Masalah tersebut bisa terjadi di dekat sekitar mereka, bisa juga terjadi di belahan dunia lainnya.

Namun karena air merupakan kawasan terluas di bumi dan sebagian besar saling terhubung, maka dimana pun terjadi permasalahan dengan air maka sudah seharusnya menjadi tanggung jawab bagi seluruh penduduk dunia.

Beberapa masalah tentang air bersih yang terjadi saat ini adalah polusi air, minimnya sumber air bersih alami, persediaan air bersih yang tidak cukup di beberapa negara, kurangnya pengetahuan akan sanitasi air, dan dampak dari perubahan iklim.

Manusia memiliki hak yang sama akan kebutuhan air bersih dan sanitasi. Oleh karena itu, akses yang lebih baik untuk mendapatkan air bersih harus bisa didapatkan oleh semua orang.

Itulah beberapa permasalahan yang berkaitan dengan air yang ingin diselesaikan oleh PBB. Agar peringatan Hari Air Sedunia bisa berjalan serempak dan seragam, dibuatlah situs resmi. Di situs tersebut akan diumumkan tema Hari Air Sedunia setiap tahunnya, kegiatan yang akan diselenggarakan, serta kesempatan untuk menjadi sukarelawan bagi siapa pun yang berminat.

Contoh Kegiatan Pada Hari Air Sedunia

Ada beberapa organisasi non profit yang aktif di sektor WASH (water, sanitation, and hygiene) atau air, sanitasi, dan kebersihan. Organisasi tersebut adalah UNICEF, WaterAid, dan Water and Sanitation for the Urban Poor (WSUP).

hari air sedunia westgroupnews.com

Di Hari Air Sedunia, ketiga organisasi tersebut berusaha meningkatkan kesadaran publik dan mendapatkan perhatian media tentang masalah-masalah yang berkaitan dengan air bersih. Pihak penyelenggara berharap adanya bantuan dari publik dan media untuk bersama-sama mengatasi berbagai masalah tersebut.

Ada jutaan penduduk dunia yang hidup sehari-hari tanpa sistem sanitasi yang layak, ada jutaan juga yang tidak punya persediaan air bersih untuk minum. Oleh sebab itu dibentuklah gerakan dan perencanaan End Water Poverty (Akhiri Kemiskinan Air) yang mengusahakan agar setiap manusia bisa mendapatkan air bersih dengan sistem sanitasi yang baik.

Setiap tahunnya semakin banyak kegiatan positif tentang air dilakukan di sekolah dan universitas, tidak lain bertujuan agar kesadaran akan pentingnya air bersih bisa ditanamkan sejak dini.