10 Sungai Terpanjang di Benua Amerika, Foto & Penjelasan

Tahukah kamu jika sungai terpanjang di dunia adalah Sungai Nil? Sungai dengan panjang aliran 6.696 km ini berada di Benua Afrika dan mengalir di 10 kawasan negara.

Nah, jika Nil adalah sungai terpanjang di Benua Afrika sekaligus dunia, lalu sungai apa yang paling panjang di Benua Amerika?

Apa Itu Sungai?

Sungai merupakan aliran air yang berukuran besar dan memanjang, serta mengalir terus menerus dari hulu hingga hilir. Jenis sungai bermacam-macam dan tidak harus berupa aliran di permukaan tanah, karena ada beberapa sungai yang mengalir dibawah tanah.

Aliran sungai dapat terbentuk oleh faktor-faktor alami, seperti morfologi, jenis tanah dan batuan, tingkat erosi serta struktur geologi. Sedangkan pola aliran sungai akan mengikuti hukum gravitasi dan mengikuti topografi serta dipengaruhi oleh jenis tanah, batuan, geologi, serta kemiringan yang dilalui air.

Mengenal Benua Amerika

Luas keseluruhan benua ini adalah 42.188.569 km2 atau sekitar 4 kali luas Benua Eropa. Benua Amerika merupakan benua terpanjang dengan jarak 15.300 km mulai dari kawasan Kutub Utara hingga Cape Horn di bagian selatan.

Benua Amerika terdiri dari 2 kawasan utama, yaitu Amerika Utara dan Amerika Selatan. Keduanya dihubungkan oleh daratan sempit dan ukuran yang paling sempit sekitar 60 km di wilayah Tanah Genting, Panama, Amerika Tengah yang sekaligus menjadi pemsiah Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik.

Sebagai benua yang luas, kawasan ini memiliki sungai-sungai besar dan panjang di dunia. Hal tersebut disebabkan karena topografi daratan Amerika yang membentuk cekungan luas di daerah timur. Selain itu, keanekaragaman hayati dan sumber daya alam benua ini juga sangat melimpah.

Sungai Terpanjang di Benua Amerikat

Berikut ini adalah daftar sungai terpanjang di Benua Amerika beserta penjelasan lengkap mengenai panjang aliran, lokasi serta karakteristik pola aliran sungai tersebut.

10. Sungai Jurua

Sungai Jurua adalah salah satu anak sungai Amazon. Letaknya berada disebelah barat Sungai Purus. Sungai Jurua memiliki panjang aliran sekitar 3.100 km dan menempati posisi sebagai sungai terpanjang ke-10 di Benua Amerika.

sungai jurua amazonwaters.org

Karakteristik Sungai Jurua dan Purus sangat mirip, meliputi pola aliran sungai yang tidak terlalu deras, berkelok-kelok, dan dibeberapa tempat terdapat meander. Meander merupakan kelokan badan sungai yang teratur dengan arah belokan mencapai lebih dari setengah lingkaran.

Sungai ini mengalir di dua negara, yaitu Brazil dan Peru, serta menjadi bagian dari ekosistem hutan lembab Jurua-Purus disekitarnya.

9. Sungai Sao Francisco

Sungai Sao Fransisco adalah sungai terpanjang ke 9 di Benua Amerika dan menjadi sungai terpanjang di kawasan Amerika Selatan. Panjang alirannya mencapai 3.180 dan pada masa sebelum kolonial disebut juga sebagai sungai Opava.

sungai Sao Francisco tourcms.com

Aliran air Sungai Sao Fransisco berasal dari pegunungan Canastra di daerah Minas Gerais, Brazil. Sungai ini mengalir melewati 5 negara bagian di Brazil dan bermuara di Samudera Atlantik. Sungai ini juga menjadi jalur transportasi kapal oleh masyarakat sekitar Sungai Sao Fransisco.

8. Sungai Yukon

Sungai Yukon adalah sungai ke-8 terpanjang di Benua Amerika. Sungai ini mengalir melalui provinsi British Columbia di Canada, kemudian ke daerah Yukon Territory hingga bermuara di Laut Bering, lepas pantai negara bagian Alaska.

alaska.org

Panjang keseluruhan aliran Sungai Yokon adalah 3.190 km dan menjadi sungai terpanjang di Amerika Utara. Daerah Aliran Sungai atau DAS Yukon sangat luas, mencapai 850.000 km2 dan berada diurutan ke-3 setelah Sungai Missouri-Mississippi dan Sungai MacKenzie.

Dalam bahasa lokal Suku Athabasca, Sungai Yukon dikenal sebagai Sungai Ųųg Han. Sedangkan dalam bahasa Inuit disebut sebagai Sungai Kuupak. Sungai ini sangat bermanfaat bagi perekonomian masyarakat setempat. Sebab sebagian besar masyarakat mengandalkan ekosistem sungai untuk mencukupi kebutuhan mereka. Sungai Yukon kaya akan ikan salmon yang menjadi sumber proten dan energi bagi Suku Inuti dan Athabasca yang bermukim disekitarnya.

7. Sungai Purus

Sungai Purus adalah sungai terpanjang nomor 5 di Amerika Selatan dan menjadi yang terpanjang ke-7 di Benua Amerika. Panjang alirannya sekitar 3.211 km dan merupakan salah satu cabang dari Sungai Amazon.

invisibleperu.com

Daerah Aliran Sungai Purus sekitar 63.167 km2 yang mengalir di sepanjang perbatasan Peru dan Brazil menuju batas terluar hutan nasional Santa Rosa di Purus. Bagian tengah dan hilir sungai menjadi bagian dari ecoregion Puruz Varzera serta alirannya termasuk dalam wilayah lindung Abufari Biological Reserve yang memili biodiveristas tinggi.

6. Sungai Madeira

Di posisi ke-6 sebagai sungai terpanjang di Benua Amerika ditempati oleh Sungai Madeira. Sungai ini memiliki panjang aliran sekitar 3.380 km dan salah satu cabang terbesar dari sungai Amazon. Sungai ini juga memasok 15% aliran sungai Amazon.

Sungai Madeira amazonwaters.org

Sungai Madeira terbentuk dari gabungan Sungai Mamore dan Sungai Beni. Alirannya melewati tiga negara, yaitu Brazil, Bolivia, dan Peru. Sungai ini juga menjadi jalur transportasi perkapalan dan menjadi urat nadi distribusi barang serta penduduk sekitar. Beberapa bendungan juga dibangun di aliran sungai ini untuk mencukupi kebutuhan listrik warga.

5. Sungai Tocantins – Araguaia

Sungai ini berada di Brazil dan melalui banyak daerah administratif, seperti Para Maranhao, Goias dan Tocantins. Panjang aliran sungai mencapai 3.650 yang terdiri dari dua sungai, yaitu Sungai Tocantins dan Sungai Araguia. Dengan panjang tersebut menempatkannya sebagai sungai ke-5 terpanjang di Benua Amerika.

Sungai Tocantins amazonwaters.org

Kedua sungai tersebut bukan anak Sungai Amazon, karena meski sama-sama bermuara ke Samudera Atlantik keduanya mempunyai sistem sungai yang berbeda. Nama Tocantins berasal dari bahasa Suku Tupi yang berarti paruh burung Toucan, sedangkan Araguaia artinya adalah sungai burung Makau.

4. Sungai Mackenzie – Slave – Peace

Sungai Mackenzie adalah sungai terpanjang di Kanada yang mengalir melewati kawasan hutan boreal di Kanada Utara. Sungai sepanjang 4.241 km ini memiliki Daerah Aliran Sungai (DAS) terbesar kedua di Amerika Utara dibawah Sungai Mississippi – Missouri – Jefferson.

sungai mackenzie spectacularnwt.com

Orang-orang Suku Athabasca menamakan sungai ini sebagai Salavey yang berarti sungai besar. Sedangkan dalam bahasa Inuit sungai ini dikenal dengan nama Kuukpak dengan arti yang sama. Akan tetapi penamaan Sungai Mackenzie kemudian diberikan oleh para pendatang Perancis dan Inggris saat membangun benteng dan pusat perdagangan kulit serta bulu binatang pada abad ke 17 dan 18 di Kanada.

Aliran sungai ini bermuara di Laut Arktik. Sumber airnya berasal dari Danau Thutade di bagian timur kawasan British Columbia. Perkembangan masyarakat di sekitar sungai ini belum terlalu banyak, sebab akses transportasi ke kawasan ini cukup sulit dan jumlah p[enduduk yang minim.

3. Sungai Rio de la Plata – Parana – Rio Grande

Aliran sungai ini melalui tiga negara di Amerika Selatan, yaitu Brazil, Argentina dan Paraguay. Sungai Rio de la Plata memiliki daerah hulu di Sungai Uruguay dan Panama.

Sungai Rio de la Plata wikimedia.org

Bagi masyarakat Brazil, Argentina dan Paraguay keberadaan sungai ini sangat penting untuk mencukupi kebutuhan sumber air. Selain itu, potensi perikanan juga sangat besar dilakukan di perairannya.

Sebenarnya panjang Sungai de la Plata hanya sekitar 220 km, namun sungai ini merupakan hulu dari Sungai Parana yang mempunyai panjang aliran sekitar 4.700 km. Maka dari itu sungai ini dianggap sebagai sungai terbesar ke-8 di dunia dan terbesar ketiga di Benua Amerika jika dgabungkan dengan Sungai Rio Grande.

2. Sungai Mississippi – Missouri – Jefferson

Selain menempati urutan ke-2 sebagai sungai terpanjang di Benua Amerika, sungai ini merupakan sungai terpanja di Amerika Serikat. Dalam skala dunia, sungai ini menjadi sungai terpanjang ke-4. Daerah aliran sungai Sungai . Sungai Mississippi – Missouri – Jefferson meliputi 2 provinsi di Canada dan 31 negara bagian di Amerika Sertikat.

sungai mississippi Pixabay

Aliran Sungai Mississipi berawal atau berhulu dari Danau Itasca yang berada di Minnesota Utara. Namun Sungai Jefferson juga bisa dianggap sebagai hulu sungai Mississipi. Aliran sungai ini tebagi menjadi beberapa sungai lain, seperti Sungai Minnesota, Sungai St. Croix, Sungai Wisconsin, Sungai Illinois, Sungai Missouri, Sungai Ohio, Sungai Arkansas.

Sungai Sungai Mississippi – Missouri – Jefferson berperan penting dalam mendukung perekonomian Amerika Serikat karena hampir melewati seluruh negara bagian. Sungai sepanjang 6.275 ini dimanfaatkan untuk jalur transportasi barang, sumber pengariran, serta lokasi pariwisata.

1. Sungai Amazon

Sungai Amazon adalah sungai terpanjang di Benua Amerika dan berada di Amerika Selatan. Sungai ini juga berada dibawah Sungai Nil yang menjadi sungai terpanjang di Dunia. Panjang aliran Sungai Amazon sekitar 6.400 km dan berhulu di Sungai Apurimac, Pegunungan Andes.

sungai amazon Pixabay

Sungai ini berada di kawasan hutan Amazon dan mengalir di beberapa negara, seperti Brazil, Peru, Ekuador, Kolombia, dan Bolivia. Pola aliran sungai Amazon berkelok-kelok dan membentuk meander oleh dasar sungai yang tidak rata sehingga terjadi perbedaan kecepatan aliran pada bagian tertentu.

Kawasan Amazon adalah habitat bagi berbagai flora dan fauna yang sangat kaya akan keanekaragaman hayati. Salah satu hewan yang identik dengan kawasan ini adalah ikan piranha, yaitu ikan karnivora kecil yang dikenal sangat buas. Selain itu ada pula ikan arapaima yang menyandang status ikan air tawar terbesar di dunia.

Volume air yang sanggup dialirkan oleh Sungai Amazon adalah 184.000 m³ per detik menuju Samudera Atlantik terhitung dari Nevado Mismis. Jumlah tersebut menjadikan Sungai Amazon sebagai sungai dengan volume tertinggi dan terluas berdasarkan lebarnya. Selain menjadi habitat flora fauna, kawasan hutan Amazon juga dihuni berbagai suku yang belum terindetifikasi.